keyboard Ini Teknologi yang Buat Tombol Keyboard Tak Mungkin Luntur keycaps1 180x180

Keyboard Gaming Rexus Legionare MX5.1 Space Close Up Look keyboard Ini Teknologi yang Buat Tombol Keyboard Tak Mungkin Luntur Legionare MX5

Gamer, tombol keyboard atau keycaps adalah tombol yang paling sering terkena gesekan jari sehingga rentan luntur tulisannya. Lunturnya tulisan pada tombol juga makin dipercepat jika pengguna sering menggunakan keyboard sambil makan gorengan atau camilan lain yang berminyak. Jika sudah luntur, selain susah untuk mengenai hurufnya kembali, tampilan keyboard juga tak elok lagi.

Tapi, hal seperti itu takkan terjadi bagi para pengguna keyboard yang sudah menggunakan tombol dengan keycaps berteknologi doubleshot injection atau injeksi molding ganda, seperti yang ada pada keyboard Rexus MX5.1, MX3.1, MX8 ataupun MX10.

 

Keyboard Gaming Rexus Legionare MX10 Poster keyboard Ini Teknologi yang Buat Tombol Keyboard Tak Mungkin Luntur MX10 07 600x338

Apakah Itu Teknologi Doubleshot Injection?

Teknik double shot injection atau injeksi molding ganda merupakan teknologi terkini mencetak huruf pada keycap keyboard. Sebenarnya, kurang tepat disebut “mencetak” karena sebenarnya teknik ini menggabungkan dua lapisan (layer) keycap dan menggabungkannya menjadi satu.

Lapisan bagian atas yang berwarna hitam akan dilubangi sesuai dengan bentuk hurufnya kemudian disatukan dengan teknik molding dengan lapisan bawahnya yang berwarna putih susu. Saat terkena cahaya LED dari switch di bawahnya, maka akan muncul tulisan huruf itu.

keyboard Ini Teknologi yang Buat Tombol Keyboard Tak Mungkin Luntur keycaps1 300x138

Teknologi Cetak Tombol Dari Masa ke Masa

Selain teknologi Double Shot Injection, sebenarnya ada beberapa teknik mencetak huruf atau angka pada keycap keyboard, mulai dari yang biaya produksinya paling murah. Berikut ini beberapa teknik atau teknologi yang diaplikasikan dalam keycap tombol keyboard, yaitu:

  1. Teknik Cetak Cat (Pad Print)

Teknik paling “primitif” dalam mencetak huruf di keyboard adalah dengan teknologi Pad Printing. Dalam teknologi ini, huruf atau angka dicetak dengan cara dicat dengan cat khusus. Setelah dicat, keycap pun disemprot dengan cat pelapis (coating).

Ada dua teknik pengecatan, yaitu pengecatan biasa dan pengecatan terbalik. Dalam teknik pengecatan biasa, yang dicat adalah huruf atau angka, sedangkan pada pengecatan terbalik, yang dicat adalah seluruh tubuh keycap dengan menyisakan font huruf yang tak terkena cat. Pengecatan terbalik ini bertujuan memeroleh efek berpendar saat keycap terkena cahaya dari bawah.

Biaya produksi teknik ini sangat murah. Sayangnya, keycaps ini sangat mudah luntur dan hilang hurufnya. Meskipun menggunakan cat berkualitas baik, gesekan dan tekanan dari jari yang terjadi selama berulang-ulang akan membuat lapisan tergerus sehingga huruf tak terbaca lagi.

  1. Teknik Cetak Laser (Laser Print)

Di atas teknologi cetak dengan cat, terdapat teknologi cetak laser. Cara kerja dari teknik ini adalah dengan menggunakan bantuan laser untuk membuat pola huruf pada permukaan keycap sehingga terjadi coakan huruf (embossing). Setelah coakan huruf sudah selesai semua, barulah coakan itu dicat sehingga munculah huruf yang diinginkan.

Dari segi daya tahan, huruf hasil cetak laser ini lebih awet dibandingkan daripada dengan menggunakan teknik cat.  Teknik embossing dengan menggunakan laser ini memang membentuk coakan pola huruf pada keycap plastik selamanya, tapi cat yang digunakan untuk mengisi emboss itulah yang akan cepat hilang. Akibatnya, meski pola huruf masih ada, tetap saja tak terbaca lagi hurufnya.

  1. Teknik Sublimasi Perwarnaan (Dye Sublimation)

Teknik sublimasi pewarna diyakini akan membuat huruf lebih awet dan terbaca lebih lama, dibandingkan dengan teknik cetak cat ataupun cetak laser. Teknologi sublimasi pewarna ini sebenarnya hampir sama dengan teknik cetak cat. Bedanya, dalam teknik ini pewarna untuk huruf disatukan dengan bahan plastik pembuat keycap, layaknya metode molding.

Karena menjadi satu bahan dengan plastik pembentuk keycap, huruf yang dicetak dengan teknologi dye sublimation ini memang akan jauh lebih awet karena jadi satu kesatuan dengan keycap. Namun, meski menjadi satu dengan plastik keycap, untuk penggunaan jangka panjang, terutama untuk gaming keyboard yang penggunaannya menggunakan tekanan jari yang keras, lapisan atas keycap akan menipis sehingga tulisan hurufnya lama-kelamaan akan pudar dan tak mudah terbaca, terutama saat berada di tempat yang cahayanya kurang.

Dengan perkembangan teknik cetak tombol keyboard ini, tampak bahwa teknik doubleshot injection adalah teknik terkini dan hingga kini diklaim paling baik. Rexus menggunakan teknik ini pada keyboard-nya, terutama keyboard mekanikal, karena ingin memberikan produk yang terbaik untuk para gamer.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *