Gamer, switch bermerek Omron selalu identik dengan mouse gaming berkualitas. Tak heran, hampir semua mouse kelas atas memang menggunakan switch tombol merek ini. Seperti kita ketahui, ada banyak merek switch mouse yang ada di pasaran, seperti Kinzu, Kana, Himake, Panasonic, Huano, Zippy, Qiaoh, dan TTF. Di antara itu semua, Omron jadi merek yang paling menonjol.

Faktor kenyamanan dan daya tahan menjadi unggulan switch merek ini. Dengan tingkat tekanan aktuasi yang sama, daya tahan hingga 20 juta klik, dan kemampuan mengantisipasi lag rendah yang menyebabkan seringnya dobel klik, mouse Omron memberikan mekanikal paten di dalamnya.

Satu Merek, Dua Asal

Merek switch asal Jepang ini memang merupakan salah satu tombol favorit para produsen mouse, seperti Rexus, Logitech, hingga Razer. Ada beberapa tipe mouse Rexus yang menggunakan tombol ini, seperti Daxa Pro Wireless, Daxa Air, ataupun Arsa.

Switch mouse gaming Omron sebenarnya hanyalah salah satu produk dari ribuan produk berbasis brand besar Omron. Omron adalah sebuah produsen peralatan semikonduktor, sensor, peralatan kesehatan, dan komponen elektronika lainnya. Sebelum bernama Omron, korporasi ini menggunakan nama Tateishi, sesuai nama pendirinya, Kazuma Tateishi.

Sejak 1933, perusahaan Tateishi memang sudah bergerak di bidang komponen elektronika Markas besarnya berada di Kyoto, Jepang hingga sekarang. Seiring brand yang makin terkenal, Omron melebarkan sayapnya dengan membangun pabriknya di Beijing, Tiongkok, sejak Mei 1994.

Karena berada dari dua pabrik besar yang berbeda, produk Omron bisa dikenali asalnya dari nomor seri yang tertera dalam produk. Hal ini juga dapat kita ketahui pada seri tombol atau switch mouse gaming Omron.

Menurut sumberdari  forum diskusi geekhack.org, asal produksi tombol ini dapat diketahui dari huruf seri yang tertera di atas tombol. Untuk tombol yang bertulisan seri D2F diklaim merupakan produk dari Jepang, sedangkan seri D2FC berasal dari China atau Tiongkok.

Mengetahui Kualitas Mouse Omron

Seperti sudah disebut di atas, kualitas Omron dibandingkan dengan produk switch serupa ada pada daya tahan dan kenyamanannya saat digunakan. Dua hal itu ditentukan oleh kualitas bahan pegas, teknologi mekanikalnya, dan kualitas produksinya yang menggunakan standar yang tinggi.

Untuk mempermudah mengenali kualitasnya, yuk kita pahami beberapa hal yang membuat Omron lebih unggul dibanding merek switch lain.

Material pegas

Pegas adalah komponen paling krusial dari sebuah switch. Dilansir dari geekhack.com, material pegas Omron dibagi menjadi dua material, yaitu campuran emas dan campuran perak. Disebut campuran tentu, tidak bisa dipahami benar-benar menggunakan logam emas dalam pegasnya, tetapi mengandung komponen emas atau perak.

Penggunaan campuran emas tentu lebih bagus karena mempunyai daya tahan yang lebih tinggi terhadap karat dibandingkan dengan yang menggunakan perak. Untuk mengetahui switch Omron mouse gaming kamu terbuat dari apa, bisa dilihat dari serinya di bodi swich: D2FC  menandakan materinya campuran perak, sedangkan D2FC -01 menandakan pegas terbuat dari campuran emas.

Kekuatan Pegas

Pegas yang dimaksud dalam sebuah switch mouse gaming bukanlah pegas ulir seperti yang biasa kita temui, melainkan pegas mekanikal yang berupa lempengan logam yang bergerak secara mekanis.

Dalam penggunaan yang lama, pegas tersebut akan mengalami keausan dan lembek sehingga jarak antara stem dengan elemen di bawahnya jadi makin pendek. Hal itu menyebabkan sering terjadinya klik ganda atau serinng disebut double click pada tombol mouse gaming.

Masalah ini tentu akan mengganggu permainan. Tapi, jangan kuatir. Dengan teknologi OF, switch Omron diklaim mempunyai kekuatan pegas yang maksimal dan mempunyai tingkat aktuasi yang sama antara semua pegas.

Lifespan atau durabilitas

Durabilitas suatu tombol atau switch ditentukan dari akumulasi klik atau tekanan yang dilakukan. Omron mempunyai beberapa tipe switch berdasarkan jumlah klik-nya, mulai dari 1 juta hingga 20 juta klik. Mouse gaming Daxa Pro Wireless, Daxa Air, dan Arsa menggunakan Omron dengan durabilitas 20 juta klik.

Bagaimana cara mengetahuinya? Dengan melihat warna tombola tau penutup switch-nya.

Hitam: 1 juta klik
Merah atau kuning: 3 juta klik
Abu-abu: 10 juta klik
Putih: 20 juta klik

Nah, dari beberapa fakta tersebut, kamu pasti bakal makin tahu bahwa komponen utama dalam mekanikal mouse gaming tidak bisa dilepaskan dari kualitas switch yang digunakannya. Mouse gaming Daxa Pro Wireless, Daxa Air, dan Arsa pakai Omron loh… Apalagi yang mau kamu cari?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *