Gamer, diam di rumah selama pandemic Covid-19 membuat kita harus pintar jaga berat badan. Kalau tidak, kondisi ini justru memungkinkan mengalami pertambahan berat badan yang mengakibatkan obesitas dan penyakit lainnya.

Banyak gamer yang meluangkan waktu saat karantina di rumah untuk bermain game selama berjam-jam, dengan duduk atau tiduran. Pola hidup sedentary seperti itu berpotensi menimbulkan kegemukan karena minimnya aktivitas fisik yang menurunkan metabolisme tubuh.

Agar tak terjadi pada kamu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan selama di rumah saat wabah virus Corona seperti saat ini.

  1. Hindari begadang

Begadang sering menjadi sumber masalah kesehatan bagi para gamer. Saking asyik main game karena periode belajar di rumah, kita sering begadang sehingga waktu tidur kita jadi sangat minim, atau tidak tidur sama sekali. Padahal, begadang akan memicu hormon ghrelin yang akan memicu nafsu makan yang besar sehingga kamu akan cenderung makan. Selain itu, begadang juga akan memengaruhi pola metabolisme dan sistem kardiovaskuler.

  1. Ubah menu makan.

Ganti menu makanan sehari-hari dengan versi yang lebih rendah kalori, misalnya mengganti nasi putih dengan umbi-umbian, seperti talas atau ubi yang rendah kandungan glikemiks namun kaya serat.

  1. Jangan lewatkan sarapan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of the American Dietetic Association menemukan fakta bahwa kebiasaan sarapan akan membantu menurunkan berat badan.

  1. Kurangi porsi makan.

Kebutuhan kalori rata-rata untuk laki-laki dengan standar berat badan 70 kilogram adalah sekitar 2500 -3500Kal. Itu dalam kondisi beraktivitas normal ya. Dengan kondisi aktivitas minim seperti saat ini, kurangi asupan kalori menjadi sekitar 2000 Kal dengan mengurangi porsi makan.

snack ringan

  1. Hindari minum soda.

Minuman bersoda memiliki kandungan kalori yang lebih banyak dari kebanyakan air minum lainnya. Soda juga akan menghambat penyerapan Vitamin A, kalsium, dan magnesium – nutrisi yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center, San Antonio, AS, bahkan soda diet pun berperan meningkatkan pertambahan berat badan hingga 41%!

  1. Tetap berolahraga.

Meski di rumah saja,, tetaplah menyempatkan waktu berolahraga. Olahraga di rumah yang dianjurkan adalah metode functional training, yaitu dengan melakukan gerakan fisik seperti gerakan sehari-hari. Kamu juga bisa menggunakan berat badan sendiri untuk latihan beban, seperti dengan cara push up, pull up, atau plank.

  1. Cek berat badan secara rutin.

Waktu terbaik untuk menimbang berat badan kamu adalah seminggu sekali, Tujuannya agar  bisa melihat progres yang telah kamu lakukan selama seminggu ke belakang.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *