Gamers, jika kalian perhatikan dengan seksama, hampir sebagian besar produk gaming yang kalian gunakan menggunakan material yang terbuat dari plastik. Mulai dari mouse, tombol keyboard, hingga dome headset yang kalian gunakan.

Plastik memang menjadi material yang paling banyak digunakan untuk industri elektronik. Setidaknya, ada dua alasan mengapa plastik sering digunakan dalam produk elektronik. Pertama, karena plastik merupakan bahan  isolator yang tidak menghantarkan listrik sehingga lebih aman digunakan oleh manusia.

Kedua, material plastik terkenal kuat namun ringan sehingga cocok untuk diaplikasikan dalam peralatan elektronik, khususnya pada tombol keycap keyboard.

Dari jenisnya, ada beberapa macam plastik. Masing-masing mempunyai karakteristik. Khusus untuk tombol keycap keyboard, jenis plastik inilah yang paling sering digunakan.


 Plastik ABS
ABS merupakan singkatan dari Acrylonitrile Butadiene Styrene. Jenis plastik inilah yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuat tombol keycap keyboard, seperti Cherry. Banyak produsen keyboard pula yang menggunakan plastik ABS, termasuk pada tombol keyboard Rexus.

Biaya bahan baku dan produksi ABS relatif terjangkau dan sifatnya yang memungkinkan untuk diproses dengan metode double shot injection molding jadi alasan kenapa produsen keyboard banyak menggunakan jenis material ini.

Karakteristik:

  • Keras dan kuat.
  • Tahan terhadap suhu (panas ataupun dingin).
  • Tahan terhadap cairan kimia.
  • Setelah dilapisi dengan lapisan UV, keycap berbahan ABS akan tampak berkilau.

Foto: howtogeek.com

 Plastik PBT
Jenis plastik PBT (Polybutylene Terephthalate) memang sudah lama dikenal sebagai bahan dasar tombol keyboards, tapi popularitasnya kurang terkenal dibanding ABS. Salah satu alasan kenapa PBT kurang diminati oleh produsen keyboard adalah karena material ini lebih mahal dibanding ABS.

Karakteristik:

  • Jenis plastik ini lebih keras dibanding dengan jenis ABS.
  • Tahan terhadap abrasi cairan kimia.
  • Lebih berat dari ABS dan jenis material plastik lainnya.

Foto: pabrik pemrosesan tombol keyboard (howtogeek.com)

Plastik POM
Plastik jenis POM (Polyoxymethylene) mungkin jarang terdengar. Tetapi, beberapa produsen keyboard dulu menggunakan plastik jenis ini sebagai bahan pembuat tombol. Namun, karena harga bahannya yang mahal, saat ini jarang produsen yang menggunakannya.

Karakteristik:

  • Biaya pembuatannya relatif mahal.
  • Beratnya setara dengan PBT.
  • Plastik ini mempunyai level kekerasan yang paling tinggi dibanding ABS dan PBT.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − five =