Foto: Youtube

Gamers, setelah duduk berjam-jam bermain gim, banyak di antara kita yang terbiasa membunyikan sendi-sendi jari-jari tangan dan leher. “Kretek, kretek…” Rasanya lega.

Sekali, dua kali, akhirnya kita terbiasa dengan aktivitas tersebut. Tapi, benarkah kebiasaan membunyikan sendi itu aman bagi kesehatan sendi?

Menurut dr. Yohana Margarita, seperti dilansir dari meetdoctor.com, sendi terdiri atas tulang yang dikelilingi oleh tulang rawan yang halus, yang dilindungi oleh sebuah kapsul yang dilapisi dengan membran sinovial yang menghasilkan cairan. Cairan ini berisi oksigen, nitrogen, dan gas karbondioksida.

Ketika sendi diregangkan, bunyi gemeretak tersebut merupakan hasil dari kapsul sendi yang diregangkan dengan cepat, yang menyebabkan pembentukan dan pelepasan gelembung gas.

Jika dilakukan secara sering, aktivitas tersebut ternyata berbahaya. Setidaknya ada lima efek negatif yang timbul, yaitu:

  1. Berkurangnya sensor gerak.
    Membunyikan persendian bisa mengakibatkan bagian kaki dan tangan sulit diperintahkan oleh otak. Itu terjadi karena perlemahan syaraf di sekitar sendi.
  2. Merapuhkan tulang rawan.
    Menurut Edmund Edelma, ketua German Rheumatologists Association, membunyikan bagian ruas jari dapat merapuhkan, bahkan menghancurkan tulang-tulang rawan di dalam sendi.
  3. Bergesernya bantalan sendi tulang.
    Membunyikan persendian, terutama pada leher dan tulang belakang, dapat menyebabkan tekanan pada sumsum tulang belakang dan syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang sehingga akan terjadi pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang.
  4. Persendian menjadi aus.
    Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan misalnya 5 menit sekali, maka bisa berpotensi menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan peradangan sendi.
  5. Sobeknya jaringan kantong cairan sinovial.
    Sendi dilapisi kantong yang berisi cairan synovial yang berfungsi meredam gesekan antar tulang. Kebiasaan membunyikan sendi-sendi berpotensi menyebabkan robeknya kantong cairan tersebut sehingga cairan bocor dan terjadi gesekan antar tulang yang sangat menyakitkan.
  6. Berpotensi menyebabkan saraf terjepit.
    Kebiasaan membunyikan sendi tulang leher hendaknya dihindari karena gerakan mendadak dapat menyebabkan saraf di sekitar tulang tersepit sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Baca juga: Cara Sehat A La Gamers

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *