aplikasi Kenali Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Pemantau Corona Buatan Anak Negeri pedulilindungi 180x171

Kenali Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Pemantau Corona Buatan Anak Negeri

aplikasi Kenali Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Pemantau Corona Buatan Anak Negeri pedulilindungi

Foto: pindainews.com

Gamer, wabah Corona membuat para programmer berlomba-lomba membuat aplikasi untuk membantu kita mencegah penyebaran virus ini, salah satunya aplikasi Peduli Lindungi buatan anak negeri. Aplikasi yang diinisiasi oleh pemerintah ini bertujuan untuk melacak penyebaran virus corona dengan melacak orang yang terindikasi terpapar virus ini.

Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store bagi pengguna Android. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

aplikasi Kenali Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Pemantau Corona Buatan Anak Negeri hp 300x200

Langkah Unduh

Pertama, unduh aplikasi sebesar 6,69MB ini ke hape kamu. Setelah mengunduh aplikasi “Peduli Lindungi”, kamu akan diarahkan untuk menjadi partisipan. Selanjutnya, untuk menjadi partisipan, kamu harus mengisi nama lengkap dan mendaftarkan nomor ponselmu.

Setelah itu, menjaga keamanan, kamu akan mendapatkan kode OTP melalui SMS. Kemudian, “Peduli Lindungi” akan meminta persetujuan untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi virus corona. Jangan kuatir, aplikasi ini aman dan menjamin kerahasiaan identitas kamu.

Terakhir, ”Peduli Lindungi” meminta izin untuk mengakses bluetooth, dan pengaturan akun pun telah selesai. Karena menggunakan bluetooth, disarankan untuk mengaktifkan mode power sharing. Pastikan “Peduli Lindungi” aktif saat Anda berada di tempat umum.

mouse bluetooth untuk hp aplikasi Kenali Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Pemantau Corona Buatan Anak Negeri mouse bluetooth ke hp 600x338

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Ini?

Jadi, aplikasi Peduli Lindungi menggunakan bluetooth kamu untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di Peduli Lindungi. Jadi rentang jangkauannya hanya orang-orang yang ada dekat kamu aja.

Peduli Lindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Hal ini akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. Kemudian, kamu akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita Covid-19 positif, PDP dan ODP.

aplikasi Kenali Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Pemantau Corona Buatan Anak Negeri krl 600x450

Gimana Kalau Ternyata Kena

Kalau kamu apesnya pernah berhubungan atau kontak dengan orang yang terkena virus Corona, jangan langsung panik ya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengisolasi diri. Ga usah ke mana-mana. Bisa saja kamu tidak mengalami gejala Covid-19 tapi kalau ada virus dalam dirimu, virus itu bisa menular ke orang lain.

Ceritakan hal ini pada orang tua kamu untuk menentukan langkah selanjutnya. Dan jika kamu juga merasakan gejala yang mengarah ke Covid-19, segera hubungi hotline Covid-19 di nomor 110 ekstension 9. Ceritakan kronologi sampai kamu terpapar.

Ingat, kalau kamu sayang dengan orang-orang di sekitar kamu, ngga usah ke mana-mana dulu deh saat ini. Itu pilihan paling aman. So, #dirumahaja Gaess!

 

 

 

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] ini kita pasti akrab dengan istilah hand sanitizer, desinfektan, dan antiseptik sejak mewabahnya Covid-19. Ketiga produk tersebut memang mempunyai fungsi utama untuk membasmi atau membunuh kuman dan […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *