Gamers, jika kamu perhatikan baik-baik peralatan gaming Rexus, baik itu mouse, keyboard, dan headset-nya, menggunakan lapisan serat nilon sepanjang kabelnya. Sekilas, hal itu tentu membuat penampilannya makin garang. Tapi, ternyata tak hanya itu tujuan melapisi kabel gaming gear dengan serat nilon. Jadi, sebenarnya apa sih keistimewaan serat nilon?

Nilon adalah kain sintetis yang terbuat dari produk minyak bumi. Karena itu, nilon digolongkan sebagai kain sintetis. Itu berbeda dengan kain non sintetis yang seratnya didapatkan dari hewan atau tumbuhan, seperti wol yang berasal dari bulu domba, linen dan katun dari serat buah kapuk randu, atau sutra yang diperoleh dari serat yang dirajut ulat sutera.

Digunakan di Peralatan Perang
Nilon diciptakan dan dikembangkan pada tahun 1930-an oleh Wallace Carothers, seorang ahli kimia dari Amerika, yang bekerja di perusahaan Dupont Chemical. Perusahaan ini hingga saat ini tetap memproduksi berbagai bahan olahan minyak bumi.

Kekuatan serat nilon langsung diakui sejak diperkenalkan ke publik pada 1938. Banyak peralatan militer yang kemudian mengadopsi serat ini dalam peralatannya, seperti untuk membuat parasut, seragam militer, strap atau tali pada senapan, dan lain sebagainya. Nilon juga akhirnya digunakan sebagai serat pendukung dalam sebuah ban.

Selain kuat, ada beberapa karakteristik serat nilon, yaitu:
– Tidak menyerap air atau kelembapan sehingga melindungi bahan yang dibungkus di dalamnya.
– Mempunyai daya regang dan elastisitas yang bagus.
– Tahan terhadap air dan panas.
– Tidak mudah lecet atau terkoyak
– Tidak berjamur atau rusak karen terkena zat kimia.


Pembungkus Kabel yang Ideal

Dengan karakteristik seperti itu, banyak produk yang dikombinasikan dengan serat nilon. Sebut saja selang air. Banyak selang yang menggunakan jalinan serat nilon di dalamnya. Tali panjat dinding pun menggunakan produk serat nilon untuk mendapatkan durabilitas yang tinggi.

Tak hanya itu, kabel peralatan gaming Rexus pun menggunakan serat nilon untuk membungkus kabelnya. Jadi, di luar inti kabel terbuat dari tembaga, terdapat lapisan karet atau plastik dan kemudian dilapisi lagi dengan serat nilon.

Rexus-titanix-TX2

Cara melapisinya pun dengan cara dirajut sehingga antar rajutan tersebut akan saling mengikat sehingga memunculkan kekuatan yang luar biasa. Dengan dirajut, kabel juga takkan kehilangan fleksibilitasnya.

Jadi, masih beranggapan bahwa serat nilon di kabel produk Rexus hanya untuk menambah gaya penampilan?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *