League of Legend WIld Rift wild rift Kesamaan dan Perbedaan LOL Wild Rift dan Mobile Legends. Mana Lebih GG? LOL 600x340

Foto: League of Legend WIld Rift/Riot Games

Gamer, akhir Oktober 2020 ini, blantika game MOBA bakal diramaikan dengan kehadiran League of Legends Wild Rift. Game ini bakal diprediksi akan menjadi pesaing berat buat petahana game MOBA, Mobile Legends Bang Bang.

Riot Games menghadirkan game Multiplayer Online Battle Arena ( MOBA) ponsel  League of Legends: Wild Rift yang diadaptasi dari League of Legends versi PC. Dalam versi Beta, game ini terbukti mendapat respon positif dari para gamer.

Mobile Legend Adventure Gameplay wild rift Kesamaan dan Perbedaan LOL Wild Rift dan Mobile Legends. Mana Lebih GG? Mobile Legend Adventure Gameplay 600x338

Foto: Mobile Legend Bang Bang/Moonton

Hampir Sama dengan Mobile Legeds Bang Bang

Sekilas, game ini memiliki sejumlah persamaan dengan game MOBA populer Mobile Legends: Bang Bang. Dilansir dari kompas.com, persamaaan tersebut antara lain adalah untuk ukuran skala pemain, Wild Rift dan Mobile Legends mengadu 2 tim yang masing-masing berisi 5 pemain dalam sebuah arena.

Kedua, tersedia beragam skill dan perlengkapan (item) untuk meningkatkan kemampuan bertarung para hero-nya.  Ketiga, jumlah peran (role) dari karakter hero yang digunakan untuk bermain sama sama 5, yang terdiri dari Fighter, Assassin, Tank, Mage, Support, dan Marksman. Kelima role ini memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu tim memenangkan pertandingan.

lol wild rift wild rift Kesamaan dan Perbedaan LOL Wild Rift dan Mobile Legends. Mana Lebih GG? LOL2 600x335

Perbedaan League of Legends Wild Rift

Ada kesamaan, tentu saja ada perbedaan antara game besutan Riot dengan Moonton ini. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada beberapa poin berikut:

  • Jumlah hero

Mobile Legends memiliki jumlah hero sebanyak 99 hero, sementara Wild Rift memiliki 40 Champions – sebutan untuk hero mereka. Jumlah Champions di Wild Rift kemungkinan akan bertambah.

  • Nama dan skill karater

Tentu saja kedua game ini mempunyai nama dan skil yang berbeda. Hal ini akan memberi personalisasi tersendiri bagi para pemainnya.

  • Nama “map” berbeda

Game League of Legend Wild Rift menggunakan nama “Wild Rift” sebagai arenanya, sementara di Mobile Legends bernama “Land of Dawn”.

  • Beda cara belanja item

Pemain Mobile Legends bisa membeli item kapanpun dan di manapun saat bermain, asalkan memiliki jumlah gold yang cukup. Sementara di Wild Rift, pemain harus kembali ke markas (base) terlebih dahulu untuk membeli item.

  • Beda sistem battle spell

Pemain Wild Rift bisa menggunakan dua battle spell, berbeda dengan Mobile Legends yang membatasi pemain hanya dapat memakai satu battle spell. Adanya dua battle spell ini memungkinkan peperangan antar dua tim lebih intens dan kompleks dibanding hanya menggunakan satu battle spell.

  • Ada alat tambahan di Wild Rift

Di Wild Rift, ada alat tambahan berupa tongkat kecil yang disebut Ward. Ward bisa diletakkan di seluruh penjuru map untuk mengintai pergerakan musuh. Mobile Legends  tidak dilengkapi alat ini.

  • Beda monster

Di Wild Rift, ada beragam monster yang jika dikalahkan bakal memberikan kekuatan tambahan (buff), baik itu bagi individu maupun tim. Misalnya pemian mengalahkan monster Rift Scuttlers, maka pemain tersebut akan mendapatkan kemampuan memantau gerak-gerik musuh di sungai yang dimiliki Rift.

  • Beda sistem permainan

Dalam WIld Rift, terdapat role Jungler di mana secara gameplay, Jungle Minion diprioritaskan bagi mereka. Hal ini sangat berbeda dengan MLBB di mana pada umumnya, hero carry hampir selalu jadi prioritas untuk Jungle Minion.

  • Beda sistem lane

Dari segi laning, Wild Rift terdapat indikator yang menandai suatu lane cocok untuk solo atau duet, sedangkan MLBB lebih fleksibel dan menyesuaikan meta.

headset bluetooth wild rift Kesamaan dan Perbedaan LOL Wild Rift dan Mobile Legends. Mana Lebih GG? banner mobile 1 600x250

Foto: Headset dual connection Rexus S7 Pro

Mana yang Lebih GG?

League of Legends Wild Rift sebenarnya merupakan versi mobile dari game League of Legends versi PC yang sempat populer dua tahun lalu. Artinya, game ini sudah mempunyai basis penggemar yang akan dengan mudah bermigrasi ke sistem permainan game ponsel meski harus beradaptasi.

Itu berbeda dengan MLBB yang sudah dari awal berplatform mobile game. Pemain yang terbiasa bermain game di ponsel tentu sudah fasih memainkan game ini.

Sebagai alternatif game MOBA, Wild Rift dapat dipilih. Sebagai sama-sama game MOBA, game ini tidak terlalu berat untuk dimainkan di beragam tipe ponsel karena grafisnya tidak serumit pada game FPS.

Jadi, mana yang lebih GG? Dua-duanya sama-sama GG buat dimainkan. Tinggal kamu meng-upgrade sensasi dari game ponsel kamu dengan menggunakan headset ataupun earphone berkualitas dari Rexus.

Ada headset yang punya dual koneksi kabel dan Bluetooth, seperti Vonix X1, M1, BT5, S3 Pro, dan S7 Pro. Tipe-tipe headset tersebut nyaman banget dipakai buat main game MOBA di ponsel, seperti League of Legends Wild Rift maupun Mobile Legends Bang Bang.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.