earphone rexus earphone Ketahui Perawatan Khusus Earphone Gaming dengan Detachable Microphone WL ME3 01 600x400

Gamer, beberapa earphone gaming dilengkapi dengan detachable microphone atau mikrofon tempel, seperti earphone Rexus ME3 ataupun ME5. Meski memiliki fungsi lebih yaitu untuk membantu agar suara yang ditangkap lebih fokus, namun earphone jenis ini rentan rusak pada bagian mikrofonnya, apalagi jika perawatan dan penggunaannya sembarangan.

Penanganan earphone gaming dengan detachable microphone sebenarnya tidak jauh beda dari earphone kebanyakan. Kamu hanya perlu memberi perhatian pada mikrofon tongkat yang ditambahkan pada earphone ini.

Mikrofon tongkat pada earphone ini memang memang merupakan perangkat mikrofon tambahan yang bisa digunakan ataupun tidak. Jika tidak digunakan, fungsi mikrofon dapat menggunakan mikrofon yang terintegrasi pada kabel earphone.

Meski bisa tidak digunakan, tetapi sekali lagi, dengan menggunakan detachable mic membuat komunikasi dan bermain game jadi lebih nyaman Karenanya, mau tidak mau kita harus merawatnya dengan baik agar tak mudah rusak.

mikrofon tempel  earphone Ketahui Perawatan Khusus Earphone Gaming dengan Detachable Microphone WL ME3 02 600x409

Foto: Earphone Rexus ME3

Kerusakan Detachable Microphone Paling Sering: Putus Kabel

Kerusakan yang kerap terjadi earphone gaming yang dilengkapi detachable mic adalah mikrofon tidak berfungsi sama sekali, terjadi dengung (noise), ataupun suara yang tertangkap jadi tak jelas.

Biasanya hal itu terjadi karena kabel fleksibel dalam mikrofon tersebut putus. Hal lain yang kerap menjadi kendala adalah port atau colokan mikrofon yang sudah aus atau kendor.

Detachable microphone biasa menggunakan colokan jack 2.5mm. Karena berukuran kecil, colokan tersebut juga relatif mudah bengkok jika cara pencolokannya tidak tepat. Hal itu juga akan berpengaruh pada fungsinya.

Earphone ini Butuh Perlakuan Khusus

Dari beberapa kendala yang sering terjadi pada earphone gaming dengan mikrofon tempel  itu, ada beberapa perlakuan maupun perawatan yang mesti kita perhatikan agar mikrofon earphone kita awet.

1. Jangan terlalu sering menekuk mikrofon

Mikrofon tempel memiliki tongkat fleksibel yang di dalamnya terdapat kabel mikrofon. Kabel di dalamnya itulah yang rentan putus. Karena menggunakan serat yang tipis, kebiasaan menekuk dan meluruskan mikrofon tongkat dapat mengurangi daya tahan kabel fleksibel di dalamnya.

2. Jangan suka cabut colok mikrofon

Hindari kebiasaan melepas dan memasang kembali mikrofon. Colokan atau port jack 2.5mm yang biasa dipakainya berukuran kecil sehingga lebih mudah aus. Port yang ada pada dome speaker earphone juga akan mudah longgar jika terlalu sering dicabut-colok.

3. Pasang mikrofon tempel secara tepat

Khusus untuk mikrofon yang bisa dicopot, pastikan kamu memasangkannya dan masuk di earphone secara sempurna. Tujuan agar jack masuk dan terkunci di port sehingga tidak mudah patah.

Pemasangan yang tidak tepat juga membuat suara mikrofon tertangkap sempurna dan terhindar dari suara dengung (noise).

earphone gaming rexus earphone Ketahui Perawatan Khusus Earphone Gaming dengan Detachable Microphone WL ME4 04 600x329

Foto: Earphone Rexus ME4

4. Simpan earphone secara tepat

Biasakan menyimpan earphone dengan cara menggulungnya dalam ukuran besar. Hindarkan untuk menggulung bagian mikrofonnya. Tujuannya agar kabel tidak terlalu

5. Bersihkan secara teratur

Mikrofon tempel pada earphone gaming akan langsung berhadapan dengan mulut. Kemungkinan besar mikrofon tersebut terkena cairan ludah saat kamu bicara yang berpotensi merusak mikrofon.

Karenanya, hendaknya secara teratur kamu membersihkan mikrofon tongkat tersebut. Caranya adalah dengan mengelapnya dengan lap bersih.

Cara-cara tersebut menjadikan detachable microphone di earphone gaming kesayangan kamu tetap awet dan bisa digunakan secara optimal.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.