Gamer, saat ini banyak terdapat pilihan switch keyboard yang tersedia di pasaran, mulai dari tipe yang berisik hingga yang santuy. Tipe switch tersebut dibedakan berdasarkan karakteristik dalam warna yang berbeda. Ada switch berwarna biru, coklat, merah, hitam, bahkan ada yang berwarna pink. Kalian bisa memilihnya berdasarkan gaya dan tipe permainan yang kamu mainkan.

Setelah beberapa tahun para gamer suka menggunakan tipe blue switch yang mempunyai karakter clicky dan tactile, saat ini para gamer mulai melirik ke switch berwarna brown dan red yang lebih punya karakter yang lebih ringan dan suaranya lebih lembut.

Outemu Red Switch
Outemu menjadi salah satu merek switch keyboard yang banyak digunakan oleh produsen keyboard. Awalnya, pabrikan asal China ini diidentikkan sebagai peniru merek Cherry. Namun, seiring perjalanan waktu, justru merek ini mulai mempunyai pangsa pasar tersendiri.

Menurut beberapa forum gamer, switch Outemu mempunyai sensasi yang mirip dengan merek Cherry MX. Setiap warna yang digunakan untuk menandai masing-masing tipe pun sama persis.

Seperti pada Outemu switch merah, tipe ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan Cherry MX switch merah, dengan berat tekanan yang sedikit lebih berat. Yuk, kita bandingin teknis antara Cherry MX red switch dengan Outemu red switch, seperti berikut:

Cherry MX Red Switch
– Jarak poin aktuasi stem: 1,5mm,
– Tekanan aktuasi: 37gram
– Tekanan aktuasi hingga dasar: 54gram

Outemu Red Switch
– Jarak poin aktuasi stem: 2,1mm,
– Tekanan aktuasi: 45 – 47gram
– Tekanan aktuasi hingga dasar: 57-61gram

Dari perbandingan teknis tersebut, dapat diketahui bahwa switch merah Outemu mempunyai tekanan yang sedikit lebih berat daripada punya Cherry MX.

Dibandingkan warna switch yang lain, switch merah dinilai bersuara paling lembut. Bahkan lebih lembut dan ringan dibandingkan switch coklat yang saat ini dikenal sebagai salah satu switch dengan tekanan ringan.

Outemu switch coklat mempunyai tekanan aktuasi sekitar 55gram, lebih berat sekitar 10 gram dibanding Outemu switch merah. Meski demikian, suara klik keduanya sama-sama lembut, tetap dengan sensasi membal (tactile)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =