Gamers, pernahkah kalian melihat sebuah keyboard tahan air dipertontonkan dengan cara direndam dalam sebuah akuarium yang berisi air penuh? Jika belum, kalian bisa mampir ke Rexus Zone Mangga Dua Mall dan melihat keyboard tahan air seri terbaru Rexus, MX8, di-display dengan cara direndam dalam air dalam keadaan hidup.

Lantas, kemudian ada yang bertanya, “Siapa yang mau bermain gim di dalam air?” Memang, tidak ada gamer yang sambil menyelam main gim. Cara mendisplay keyboard seperti itu sekedar mau menunjukkan bahwa ada produk keyboard yang bisa tetap hidup saat terkena air alias water-resistant.

Tak hanya terhadap air, keyboard Rexus MX 8 juga tahan terhadap debu. Seperti kita ketahui, debu tak kalah “jahat” terhadap keyboard dan alat elektronik lainnya. Karena partikelnya yang sangat kecil, debu bisa masuk ke dalam sambungan komponen elektronik dan menyebabkan arus pendek atau konsleting.

Karenanya, banyak produsen elektronik mengklaim bahwa produknya tahan terhadap air dan debu. Sebagai jaminannya, mereka menggunakan istilah Ingress Protection (IP) atau perlindungan terhadap masuknya partikel kecil, seperti air dan debu.

Jaminan Perlindungan IP

Teknologi anti-air memang bukan barang baru dalam teknologi barang elektro. Untuk memudahkan konsumen mengetahui ketahanan sebuah produk terhadap air, dicantumkanlah label IP.

Itu merupakan kode standar internasional yang dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) bagi kemampuan proteksi sebuah perangkat elektronik.

Biasanya, untuk produk yang tahan terhadap air dan debu, rating IP yang diikuti dengan angka, seperti IP67, IP68, atau IP7. Bagaimana itu dijelaskan? Mudah kok mengenalinya.

  • IP adalah singkatan dari Ingress Protection.
  • Angka di awal adalah level proteksi terhadap partikel luar, seperti debu dan serat mikro. Angka terendah adalah 0 dan angka tertingginya 6. Semakin tinggi angkanya, semakin tahan barang elektronik tersebut terhadap debu dan partikel mikro.
  • Angka kedua adalah level proteksi terhadap air dan tekanan air tawar. Ingat ya, air tawar, bukan air asin/air laut karena berat jenisnya berbeda. Levelnya antara 0 hingga 8. Angka 0 berarti menunjukkan bahwa produk tersebut tidak tahan terhadap air sama sekali, sebaliknya angka 8 menunjukkan bahwa sebuah produk tahan terhadap air hingga kedalaman lebih dari 1 meter.

Lalu, Apa Artinya IP67?

Keyboard Rexus terbaru, yaitu Legionare MX8, mempunyai label IP67. Itu berarti keyboard ini tahan secara sempurna terhadap debu dan partikel mikro lainnya, serta mempunyai ketahanan terendam dalam air tawar hingga 1 meter, selama 30 menit. Jadi, produk dengan level IP67 dikategorikan sebagai water-resistant product, bukan water-proof!

Jadi, dengan level ketahanan seperti itu, bukan berarti kamu bisa menggunakan MX8  diving sambil main gim – toh, belum ada PC yang tahan air juga sih. Tapi, kamu bisa menggunakannya di tempat normal tanpa takut keyboard-nya tersiram air minum, kebocoran air hujan, atau konsleting karena terkena… air liur kalian.  Aman!

Soal debu, jangan kuatir. Dengan level ketahanan sempurna terhadap debu, keyboard ini bisa digunakan dalam kondisi ekstrem berdebu. Hmm… bahkan, kalian bisa main gim di tengah gurun Gobi atau Sahara – kalau mau.

Nah, ulasan ini tentu menjawab pertanyaan judul, yaitu bahwa keyboard tahan air itu adalah sebuah pengembangan teknologi yang makin maju dan bisa dibuktikan secara ilmiah, bukan sekedar pemanis kata marketing.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *