Gamer, memodifikasi keyboard mekanikal yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan para gamer tidak bisa dilepaskan dari modifikasi keycap. Tentu saja, keycap adalah komponen keyboard yang paling dominan sekaligus memang jadi fokus utama penampilan sebuah keyboard.

Tak ayal, banyak pengguna keyboard yang “mengoprek” keyboard kesayangannya dimulai dari bagian ini. Penggantian keycap dengan mood baru adalah hal yang lumrah dilakukan.

Keyboard Rexus Legionare MX5.2 keycap Keycap Pudding Buat Tampilan Keyboard Mekanikal Makin Ciamik 1 600x248

Foto: Keyboard Rexus Legionare MX5.2

Alasan Mengganti Keycap Keyboard

Penggantian keycap ini dilakukan karena berbagai motivasi. Dari penuturan beberapa pengguna keyboard mekanikal yang melakukan modifikasi, setidaknya ada tiga motivasi yang mendorong mereka untuk mengganti keycap keyboard mereka.

Pertama, mendapatkan bahan keycap yang lebih baik. Ada dua bahan plastik pembuat keycap yang biasa digunakan, yaitu ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) and PBT (Polybutylene Terephthalate). PBT diketahui memiliki kualitas yang lebih baik sehingga banyak modifikator mengganti keycap keyboard-nya denga bahan ini.

Kedua, agar keyboard terlihat unik dan serasa menjadi signature pribadi. Setiap orang pasti mempunyai karakter yang berbeda dan ingin memperlihatkannya pada benda yang dia gunakan tiap hari. Buat gamer, kebanyakan ini menunjukkannya dalam peralatan gaming yang dimiliki, termasuk dengan mengganti keycap keyboard-nya.

Ketiga, agar lebih nyaman. Keycap keyboard dibentuk sedimikian rupa agar ergonomis atau sesuai dengan fungi tubuh saat mengetik. Tujuannya adalah supaya pengguna nyaman saat mengetik.

Mengganti keycap keyboard dapat dilakukan agar keyboard sesuai dengan gaya mengetik kita sehingga lebih nyaman. Cara mengetik yang nyaman tentunya akan membuat kita terhindar dari gangguan kesehatan akibat mengetik terlalu lama, seperti CTS (Carpal Tunnel Syndrome).

Keempat, mempunyai keycap yang dapat memaksimalkan pencahayaan LED RGB yang ada dalam plate tiap tombol. Hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan keycap bertipe clear atau sering disebut sebagai tipe pudding.

Keyboard Rexus Legionare MX9P Pudding Version keycap Keycap Pudding Buat Tampilan Keyboard Mekanikal Makin Ciamik 4 600x338

Foto:Keyboard Rexus Legionare MX9P Pudding Version

Apa Itu Keycap Pudding?

Salah satu tipe keycap yang sedang digandrungi para pemodifikator keyboard adalah keycap pudding. Seperti namanya, keycap ini memang lapisan tembus cahaya di sekeliling dindingnya, layaknya puding atau agar-agar.

Jadi yang merujuk pada agar-agar itu adalah kemampuan tembus cahayanya ya. Bukan kenyal seperti agar-agar.

Dengan lapisan tembus cahaya dengan warna susu tersebut, cahaya yang muncul dari LED di dalam switch dapat terpendar keluar. Alhasil, tiap tombol keyboard dapat menunjukkan permainan cahaya yang ciamik.

Penggunaan lapisan tembus cahaya berwarna susu mempunyai tujuan tertentu, yaitu agar cahaya LED yang tembus keluar tidak terlalu terang sehingga justru membuat silau penggunanya. Itulah kenapa dinding keycap tidak dibuat sebening kaca.

Tipe keycap seperti ini sebenarnya bukanlah model keycap yang benar-benar baru. Beberapa merek peralatan gaming kenamaan sudah menggunakan model keycap pudding seperti ini, seperti HyperX ataupun Steel Series.

Tak mau ketinggalan, merek produk gaming lokal, Rexus, juga memperkaya pilihan lini produk keyboard gaming-nya dengan keycap pudding. Itu bisa kalian temukan dalam keyboard Legionare MX9 Pudding Version.

Keyboard Rexus Legionare MX9P  tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Untuk switch Outemu yang digunakannya juga tersedia dalam dua tipe, yaitu Merah (Red switch – linear) dan Biru (Blue switch – clicky).

Keyboard Rexus Legionare MX9P Pudding Version keycap Keycap Pudding Buat Tampilan Keyboard Mekanikal Makin Ciamik WL MX9P 01 600x248

Foto: Keyboard Rexus Legionare MX9P Pudding Black

Keycap Pudding Bikin Keyboard Makin Keren

Penggunaan keycap pudding, seperti pada keyboard Rexus MX9P Pudding Version, semakin mengukuhkan tren keyboard yang mengutamakan penampilan. Seperti kita ketahui sekarang, keyboard tidak lagi menjadi alat ketik yang secara fungsional hanya untuk mengetik huruf.

Lebih dari itu, keyboard menjadi bagian dari salah satu gaya hidup, terutama bagi gamer dan game streamer. Tampilan keyboard diyakini akan mendongkrak penampilan saat sedang live streaming di kanal media sosial.

Tidak lagi berbicara mengenai kompetisi ataupun turnamen game, kehadiran peralatan gaming dengan aksen menarik akan dirasa lebih menjual bagi para “artis” game streamer. Selain menarik perhatian, penggunaan keyboard dengan keycap pudding dapat menjadi bahan atau materi obrolan tersendiri buat mereka.

Jika banyak gamer yang memilih menggunakan keyboard dengan keycap pudding, bagaimana dengan kamu?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.