Gamers, semua yang lancar tentu menyenangkan, bukan? Ujian sekolah lancar. Bergaul dengan teman lancar. Pacaran lancar. Asyik, bukan?

Tak cuma itu semua yang harus lancar. Buat para gamer, peralatan game pun harus berjalan lancar dan berfungsi normal. Itu syarat wajib agar bermain game tetap menyenangkan.

Salah satu peralatan game yang harus dijaga kelancarannya adalah tombol keyboard mekanikal.

Karena menggunakan sistem mekanikal, tombol keyboard tetap harus dijaga sistem pergerakannya, terutama bagian switch-nya.

Dalam switch keyboard mekanik, terdapat beberapa komponen yang bergerak bersama dan saling terkait, seperti pegas, housing, pelatuk, dan pin-nya.

Debu, karat, atau kotoran lain dapat menyebabkan tombol keyboard jadi tak berfungsi normal dan lancar.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Membersihkan keyboard secara berkala.

Tentu, langkah ini wajib dilakukan. Kalian tak bisa menggunakan terus keyboard gaming kalian. Secara berkala, bersihkan keyboard. Cara lengkapnya bisa dibaca di sini.

  1. Lumasi switch keyboard mekanikal secara teratur.

Pelumasan itu berguna agar gesekan antara komponen dalam keyboard mekanikal kamu berjalan mulus. Tapi, hati-hati. Hindari menggunakan cairan yang bersifat korosif yang justru akan merusak komponen switch.

Untuk melumasinya, kalian bisa menggunakan  silicon grease (pasta silikon). Banyak merek silicon grease yang dijual. Kamu bisa juga mencarinya di toko online.

 

Bagaimana caranya?

  1. Copot keycaps keyboard.
  2. Tekan tombol agar turun di dalam housing switch.
  3. Oleskan sedikit silicon grease. Jika tidak memungkinkan menggunakan jari, gunakan sebatang lidi atau korek api.
  4. Tekan-tekan agar pasta masuk ke dalam housing.
  5. Diamkan sebentar sebelum keycap dipasang lagi.

    3. Semprot menggunakan contact cleaner.

Semprotkan contact cleaner ke papan PCB keyboard mekanik. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran serta memperlancar transimisi listrik mikro dari switch ke papan PCB keyboard. Tunggu hingga cairan mengering sebelum keyboard digunakan kembali.

 

  1. Tutup keyboard setelah digunakan.

Jika tidak lagi digunakan, biasakan untuk menutup keyboard dengan menggunakan kain halus. Tujuannya adalah untuk mencegah debu masuk melalui celah-celah tombol. Buat kalian yang mempunyai tas gaming, kalian bisa menyimpan keyboard ke dalam tas setelah selesai digunakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *