Gamer, tampaknya keyboard wireless bakal menjadi salah satu idola dalam lini keyboard mekanikal moderen. Selain memang menjadi lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, membenamkan mode nirkabel dalam keyboard membuatnya dapat lebih mudah dikoneksikan dengan beragam gawai lain, seperti tablet, ponsel, atau bahkan perangkat game konsol.

Intinya, keyboard yang wireless akan memudahkan kita untuk bermain game. Kita juga akan lebih mudah melakukan pekerjaan multimedia lain.

Meskipun demikian, sebenarnya keyboard wireless sebenarnya menyisakan permasalahan klasik yang tidak dilepaskan. Apa itu? Masalah baterai. Ya. Konsekuensi menggunakan mode wireless adalah bahwa kita harus menggunakan baterai sebagai sumber tenaga keyboard tersebut. Itu berbeda dengan keyboard kabel yang langsung bisa mencatu dayanya dari komputer atau laptop yang terkoneksi dengan menggunakan kabel.

Menyoal baterai,  banyak pengguna keyboard nirkabel mengeluh produknya boros baterai. Penggunaan daya baterai yang boros pada sebuah keyboard dapat disebabkan oleh tiga faktor utama, yaitu kerusakan komponen baterai, faktor pemakaian, dan yang tak kalah penting, faktor kapasitas baterai.

Keyboard DAXA M84 Ultimate keyboard Kiat Menjaga Baterai Keyboard Wireless Awet dan Tahan Lama M84 04 600x600

Foto: Keyboard DAXA M84 Ultimate

Boros Baterai karena Salah Penggunaan

Keyboard yang boros dapat disebabkan karena menurunnya kemampuan komponen kapasitor yang mengalami kebocoran sehingga tidak bisa menyimpan tegangan DC dari baterai dalam waktu lama. Akibatnya, daya baterai mudah terkuras habis.

Faktor lain yang menjadi penyebab utama keyboard boros baterai adalah  faktor penggunaan. Bisa dikatakan bahwa 70% penyebab borosnya pemakaian baterai disebabkan oleh faktor ini.

Perangkat gaming nirkabel membutuhkan perlakuan yang berbeda pada perangkat gaming berkabel.  Salah satu contoh perlakuan itu adalah dengan membiasakan diri untuk mematikan peranti gaming nirkabel setelah digunakan.

keyboard daxa keyboard Kiat Menjaga Baterai Keyboard Wireless Awet dan Tahan Lama M84 08 600x600

Foto: Keyboard DAXA M84 Ultimate White Series

Kebutuhan akan Keyboard dengan Kapasitas Baterai Besar

Faktor terakhir yang menyebabkan baterai pada keyboard boros adalah soal faktor kapasitas baterai bawaan keyboard. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan baterai dengan kapasitas besar, maka sebuah keyboard akan mempunyai durasi operasional rata-rata lebih lama.

Salah satu keyboard dengan baterai kapasitas besar adalah keyboard DAXA M84 Ultimate. Keyboard ini dilengkapi baterai lithium isi ulang dengan kapasitas 3750mAh, Kapasitas tersebut termasuk besar untuk sebuah keyboard layout mini nirkabel.

Dengan baterai sebesar itu, tentu kamu tidak perlu sering mengisi ulang dayanya. Selain itu, berkat penggunaan Bluetooth versi 5.0 yang sudah mendukung teknologi BLE (Bluetooth Low Energy) – selain pakai dongle receiver untuk mode koneksi RF, konsumsi daya keyboard M84 Ultimate tentu jadi makin lebih irit.

dongle bluetooth keyboard Kiat Menjaga Baterai Keyboard Wireless Awet dan Tahan Lama usb receiver

Solusi Agar Baterai Keyboard Wireless (Makin) Irit

Menggunakan keyboard dengan baterai besar memang jadi salah satu solusi agar baterai tetap irit. Tetapi jika kamu belum ada modal untuk membelinya, beberapa trik ini bisa kamu praktikkan.

  • Biasakan mematikan peralatan setelah digunakan.

Mouse wireless biasanya mempunyai tombol On-Off untuk menghidupkan atau mematikan daya. Jika tidak dimatikan, perangkat tersebut tetap akan aktif, meski kalian sudah mematikan komputer.

  • Cabut receiver atau dongle wireless saat komputer dalam kondisi stand by

Meski tidak aktif, komputer dalam keadaan stand by tetap mempunyai arus ke receiver keyboard. Itu akan memengaruhi koneksi ke mouse atau keyboard sehingga memakan daya baterai.

  • Jauhkan keyboard wireless dari sumber elektromagnet

Keyboard wireless tidak mempunyai tombol On-Off. Agar baterainya tetap awet, sebaiknya jauhkan keyboard wireless dari benda-benda yang terbuat dari metal atau benda lain yang memancarkan gelombang elektromagnet. Terjadinya induksi dapat menyebabkan baterai pada peralatan jadi boros.

  • Tempatkan keyboard pada jarak yang ideal dari receiver atau dongle

Hal ini akan membuat kerja pemancar dan penangkap gelombang radio bekerja lebih ringan sehingga tidak boros energi.

Beberapa cara di atas tentunya bisa kamu praktikkan jika kamu memiliki keyboard wireless. Namun, perlu dicatat bahwa irit tidaknya baterai keyboard wireless juga tergantung dari frekuensi pemakaian ya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.