switch keyboard switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal optical switch

Gamer, salah satu merek switch keyboard mekanikal yang sudah terkenal adalah Outemu. Merek switch mekanikal ini banyak digunakan oleh keyboard gaming mekanikal berkualitas namun terjangkau.

Ya, switch Outemu memang identik dengan keyboard gaming mekanikal yang mengutamakan fungsi dan kualitas. Kamu bisa menemukannya di keyboard gaming Rexus Legionare MX10 dan DAXA M71 Classic.

switch keyboard switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal switch content 300x169

Outemu “Kloningan” Cherry MX

Mendengar kata “Outemu” para pengguna keyboard gaming langsung mengonotasikannya dengan switch “kloningan” Cherry MX. Anggapan itu tidak salah karena memang switch ini merupakan tiruan super dari switch Cherry MX yang sudah menjadi legenda dalam dunia switch keyboard mekanikal.

Ya,  Cherry MX memang merupakan salah satu legenda switch mechanical keyboard. Switch keyboard yang diproduksi oleh ZF Electronics GmbH (Cherry Corporation), perusahaan Jerman-Amerika, telah mendominasi banyak produsen keyboard kelas atas seantero dunia.

Begitu terkenalnya Cherry MX switch di dunia keyboard mekanik, sampai-sampai perusahaan pembuat switch lainnya menyamakan karakter dan pola switch-nya dengan Cherry. Salah satunya adalah Outemu.

Tapi, disebut mengkloning juga tidak begitu tepat karena saat paten Cherry MX kadaluwarsa dan tidak diperpanjang lagi, banyak merek switch peniru switch ini. Dengan meniru, produsen switch Outemu memasukkan “DNA” Cherry MX ke dalam produk Outemu.

Hasilnya, kamu bisa menemukan switch berkualitas dengan harga yang terjangkau, dengan kualitas yang sama persis dengan Cherry MX.

switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal outemu 600x192

Apa Perbedaan Cherry MX dan Outemu?

Disebut mirip, tentu tetap ada perbedaan di antara switch Outemu dengan Cherry MX.  Perbedaan yang sering disebutkan dalam beberapa forum keyboard adalah switch ini sedikit goyang dibandingkan dengan Cherry MX.

Jika kamu tekan ujung stem tombolnya, akan terasa ada goyangan ke kiri atau ke kanan. Itu kemungkinan ada celah antar stem dengan selongsong yang sengaja dibuat agak renggang. Celah tersebut tidak ditolerir oleh Cherry MX.

Perbedaan lain yang sering disebut adalah soal daya tahan klik atau click lifespan. Cherry MX berani mengklaim daya tahannya hingga 100 juta klik dan itu tidak banyak ditemukan pada switch lain.

outemu blue switch switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal 1447397269 888x430

Switch Outemu Biru

Outemu blue switch akan diklaim sebagai salah satu jenis switch yang paling mirip dengan Cherry MX, baik dari segi bentuk maupun karakteristik.

Dari karakteristiknya yang “clicky” Outemu biru sangat mirip dengan karakter Cherry MX blue switch. Hanya sedikit berbeda pada sentuhan awalnya saja karena pada Cherry MX, awal ketukan terasa sangat halus.

switch outemu switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal Outemu Brown Mechanical Switch 500x430

Switch Outemu Coklat

Menurut review yang dilakukan oleh input.club, Outemu brown switch merupakan salah satu jenis switch yang tidak mengeluarkan bunyi yang terlalu “clicky” meski tetap mempunyai sensasi klik yang mantap.

Ini diperoleh karena Outemu brown switch mempunyai kedalaman tekanan dan jarak lepas yang sama, yaitu sekitar 2mm. Efeknya, tekanan dan lepasannya jadi lebih lembut.

Klik pada Outemu brown switch akan diperoleh setelah tekanan jari sedalam 2mm. Karakteristik ini hampir sama dengan karakteristik switch produksi Cherry ataupun Kaihua.

switch outemu red  switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal outemu red

Switch Outemu Merah

Switch Outemu merah adalah pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki sentuhan lebih ringan dan membutuhkan gerakan cepat. Tombolnya ringan dan mudah ditekan.

Switch Outemu merah bertipe linier; kurangnya suara dan gerakan membuatnya lebih mudah untuk mengetik dengan cepat di keyboard. Dalam hal kecepatan dan akurasi, switch ini punya level yang sama dengan Cherry MX Red. Switch ini memiliki gaya operasi 50 cN, sehingga tidak membutuhkan banyak tekanan untuk menekan tombol.

outemu black switch  switch outemu Makin Kenal Ciri dan Ketangguhan Switch Outemu di Keyboard Mekanikal outemu black 600x392

Switch Outemu Hitam

Switch Outemu hitam bersifat linier. Switch ini tidak mengeluarkan terlalu banyak suara saat mengetik yang ideal untuk lingkungan mengetik yang tenang.

Sakelar hitam juga memiliki daya pengoperasian 65 cN, yang berarti kamu harus menekan sedikit lebih keras agar penekanan tombol terbaca oleh komputer.

Ini akan menjadi peralihan yang sempurna untuk kantor. Jenis sakelar linier, jadi tidak akan ada suara berisik dari penggunaan komputer.

Salah mengetik juga dapat dihindari karena tombol tersebut membutuhkan banyak tenaga; gaya ini akan sulit diterapkan pada kunci terpisah dari yang ingin kamu tekan.

Dengan pilihan warna switch Outemu tersebut, kamu bisa menentukan switch mana yang cocok buat tipe bermain dan kebutuhan mengetik kamu.  Dengan mengetahui keunggulan switch Outemu, kamu bisa makin yakin untuk menggunakan produk switch ini, untuk mendapatkan sensasi bermain yang sama dengan menggunakan switch berkelas dengan harga yang terjangkau.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.