memory on board Manfaat Mouse Gaming dengan Memory on Board yang Harus Kamu Ketahui DAXA 010 180x180

memory on board Manfaat Mouse Gaming dengan Memory on Board yang Harus Kamu Ketahui with the mouse 3109003 640 300x201

Gamer, sebelum kamu membeli mouse gaming pastikan apakah mouse kamu menggunakan memory on board atau tidak. Hal ini penting karena sebagian dari gamer belum mengetahui manfaat mouse dengan memory di dalamnya.

Akibatnya, banyak yang asal beli dan saat mencoba menyimpan pengaturan perangkat lunaknya, mouse tersebut tidak dilengkapi dengan fasilitas ini.

memory on board Manfaat Mouse Gaming dengan Memory on Board yang Harus Kamu Ketahui Slider 1920x800 TX9 300x125

Disimpan di Dalam Atau di Luar?

Mouse gaming yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang mendukung fitur Macro memungkinkan untuk diatur fungsi tombol, sensitivitas DPI, dan berbagai fitur lain, termasuk pencahayaan LED-nya.

Dari sistem penyimpanan konfigurasi fitur macro-nya, mouse gaming dibedakan menjadi dua macam, yaitu mouse macro yang dilengkapi dengan memory on board dan mouse yang tidak dilengkapi.

Untuk mouse yang tidak dilengkapi dengan memory on board, penyimpanan pengaturan dilakukan di dalam komputer pengguna. Jadi, semua konfigurasi dengan profil yang tersedia akan tersimpan di dokumen komputer. Saat akan menggunakannya, pengguna mouse teresebut harus mencari settingan yang ada dan mengaplikasikannya kembali ke mouse.

Mouse Rexus yang mengadopsi sistem eksternal memory seperti ini adalah semua tipe Xierra (X8, X12, X13) dan seri Warfaction (mouse VR3 plus, VR3Max, dan VR5). Karena tidak menggunakan memory on board, maka harga mouse ini lebih murah dibandingkan dengan mouse yang sudah dilengkapi memory on board.

mouse gaming memory on board Manfaat Mouse Gaming dengan Memory on Board yang Harus Kamu Ketahui macro 300x209

Manfaat Memory on Board

Itu berbeda dengan mouse yang dilengkapi dengan memory on board. Penyimpanan pengaturan akan dilakukan di dalam sejenis RAM (random access memory) yang ada di dalam mouse. Saat akan menggunakannnya, pengguna tinggal menggunakannya langsung.

Manfaat mouse gaming dengan menggunakan memory on board tentu sudah jelas, yaitu:

  1. Dapat digunakan untuk menyimpan pengaturan dalam bentuk skrip dan tersimpan di pilihan profile yang ada.
  2. Saat mematikan komputer, pengguna tidak perlu menyeting ulang pengaturan yang sudah pernah dibuatnya, Tinggal diaplikasikan.
  3. Jika pengguna berpindah komputer, maka mouse bisa langsung disinkronisasikan tanpa perlu mengatur settingan macro.

Mouse Rexus yang sudah menggunakan memory ini adalah semua seri Titanix, seperti TX5, TX10, dan beberapa mouse premium Rexus yang akan segera rilis.

memory on board Manfaat Mouse Gaming dengan Memory on Board yang Harus Kamu Ketahui macro2 300x161

Untuk Menyimpan Settingan Macro

Fungsi utama memory on board terkait dengan fitur macro. Fitur macro adalah fasilitas pada gaming mouse macro yang memungkinkan pengguna mengatur aksi tertentu pada tombol mouse atau mengganti fungsi tombol sesuai dengan kebutuhan pengguna mouse.

Dengan fitur macro, mouse dapat diatur untuk aksi berulang atau dikenal sebagai “Turbo”. Misalnya, jika biasanya kamu ingin menembak obyek dengan meng-klik tombol berkali-kali, dengan tombol macro, kamu hanya perlu memencet sekali saja untuk memberondong musuh secara lebih cepat. Sebagai contoh, dalam permainan Point Blank, kamu bisa menggunakan klik kiri – delay – tombol Q – delay – tombol Q.

Pada dasarnya, mouse macro memberikan “perintah” kepada komputer agar dapat melakukan gerakan seperti yang kehendaki oleh pengguna. Untuk memberi perintah tersebut, mouse macro dilengkapi dengan software yang bisa di-download dalam CD driver yang disertakan di kemasan pembelian atau diunduh di website. Untuk mouse macro Rexus, kamu bisa unduh di web www.rexus.id/dukungan/perangkat=lunak .

Nah, sudah jelas ya. Jadi, kamu harus tahu macam mouse sebelum membelinya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet kamu. Be a smart gamer!

 

 

4 replies
  1. Zeinichi Kurogawa
    Zeinichi Kurogawa says:

    Cuman mau tanya, kok di TX5 ane macro-nya ga mau berhenti ?
    Iyasih ane atur ke “repeat until key Pressed”, tapi kenapa saat gw mencet tombol Laen, macro-nya tetep jalan ?
    Sampe ane kepaksa ganti fungsi tombol jadi yg Laen supaya macro-nya berhenti…

    Balas
    • rexusid says:

      Cara yang biasa dipakai adalah dengan mereset ulang software nya, cabut colokan usb nya dan masukkan kembali. Jika belum bisa juga, unistall software nya.

      Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *