Gamer, beberapa waktu lalu, Tencent membuat keputusan melarang pemain PUBG Mobile menggunakan emulator pihak ketiga sehingga game mobile ini tidak bisa dimainkan dengan menggunakan gamepad, keyboard, atau alat bantu lainnya. Tencent pun melarang penggunaan software emulator yang mendukung peralatan tersebut, seperti Octopus dan lain sebagainya.

Jika tetap ada yang nekad menggunakannya, maka pengguna tersebut akan terkena banned ID-nya. Tak tanggung-tanggung, ID yang di-banned tersebut tidak akan bisa kembali diakses selama 10 tahun! Seram kan?

Mengantipasi Cheating
Dari Twitter resmi PUBG Mobile @pubgmobile, diinformasikan bahwa tujuan Tencent melakukan ban untuk software emulator pihak ketiga adalah untuk memerangi cheating atau kecurangan. Pihak PUBG Mobile pun berdalih bahwa larangan itu juga bertujuan untuk mengurangi hacking.

Memang, adalah hak Tencent sebagai pemilik PUBG Mobile untuk menerapkan berbagai kebijakan yang terkait dengan produknya. Tetapi, perlu diketahui, bahwa meski di satu sisi Tencent blokir Octopus, tapi di sisi lain, perusahaan asal China tetap menyediakan aplikasi resmi yang memungkinkan PUBG Mobile dimainkan di PC, yaitu dengan Tencent Gaming Buddy.

Key Mapper, Solusi Main PUBGM Pakai Gamepad
Buat kalian yang tetap masih ngotot ingin memainkan PUBG Mobile dengan kontroler seperti gamepad Rexus GX1 ataupun Rexus GX2, tetap ada jalan keluar yang bisa dicoba. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Key Mapper yang ada di Tencent Gamming Buddy.

Bagaimana caranya? Yuk, kita pelajari.

1. Buka Menu Key Mapping

Pertama – tama, kamu harus tahu di mana sih tempat untuk mengatur key mapping ini. Kamu bisa membuka menu key mapping dengan mengklik ikon keyboard yang ada pada bagian kanan emulator Tencent Gaming Buddy.

2. Pilihan Controller (Gamepad)

Muncul dua tab: Tab Keyboard dan Mouse & Tab Gamepad. Pilih Tab Gamepad untuk mengatur settingan key mapping controller (gamepad).

Pada Tab Gamepad pastikan kalau controller (gamepad) sudah terkoneksi (connected).

Jika kamu sudah memasang controller (gamepad) dan masih tidak terkoneksi (not connected), mungkin kamu perlu menginstall driver untuk controller-mu itu. Klik (guide) di samping tulisan tidak terkoneksi (not connected), untuk menginstall sebuah aplikasi penemu driver untuk gamepad-mu. Tekan Install pada jendela yang baru muncul.

Catatan: Ketika kamu menggunakan controller yang tidak memiliki instalan driver atau controller lainnya yang tidak terdeteksi, kamu mungkin harus mengikuti langkah tambahan untuk mengaturnya sehingga dapat digunakan.

3. Membuat Key Mapping

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengaktifkan “Secondary Keys” yaitu Direction dan Camera. Kedua Secondary Keys tersebut sangat penting untuk mengaktifkan pergerakan dan kamera dari karaktermu.

2 Key Mapping Besar akan muncul setelah kamu mengaktifkan keys tersebut, setiap key mapping melambangkan Direction (Joystick Kiri) dan Camera (Joystick Kanan) yang dapat kamu bedakan key mapping-nya dengan mudah.

4. Mengubah Key Mapping

Untuk mengganti key mapping setelah kamu salah memberikannya, double klik (klik dua kali) key mapping sampai tombol yang lama hilang dan key mapping berkedip lalu tekan tombol lainnya yang kamu suka pada controller-mu.

5. Memposisikan Key Mapping

Untuk mengatur posisinya kamu harus masuk ke dalam permainan terlebih dahulu agar lebih mudah ketika ingin mencoba key mapping maupun memposisikan key mapping tersebut.

Agar lebih mudah kami rekomendasikan untuk masuk ke “Training Mode”, karena di training mode kamu dapat keluar dengan mudah dan mengaturnya sepuas yang kamu mau.

Geser key mapping tersebut ke bagian – bagian di layarmu untuk memposisikannya, kamu juga dapat melihat referensi posisi dari bagian key mapping keyboard dan mouse. Kamu juga dapat melihat rekomendasi key mapping dari kami pada bagian selanjutnya di bawah ini dan ikuti posisinya.

Rekomendasi Key Mapping

Key mapping tersebut harus berada di tempat di mana UI atau tombol – tombol penting berada di layar. Sebagai contoh, ada “Tombol Menembak” sehingga tombol controller tersebut dapat digunakan untuk menembakkan senjata, prinsip yang sama digunakan juga untuk setiap tombol lainnya.

Menggunakan  gamepad saat ini tidak dapat digunakan sepenuhnya karena beberapa key mapping spesial tidak ada di key mapping gamepad saat ini.

Contohnya seperti key mapping hijau yang ada pada key mapping keyboard dan mouse (yang dapat digunakan untuk membuka pintu, masuk ke mobil, mengambil barang, dll dalam 1 key mapping).

Oleh karena itu kami hanya dapat mengatur key mapping pada semua fungsi penting untuk controller (menembak, reload, ganti senjata, dll) sehingga kamu harus mengkombinasikan  gamepad dengan keyboard dan mouse untuk bermain dengan lancar.

Di bawah ini adalah  daftar fungsi penting  yang dapat dibuatkan key mapping-nya ke dalam tombol gamepad. Kamu dapat mengganti tombol sesuai dengan kebiasaan bermain dengan mengubah key mapping .

Sumber: pubgmobile.gcube.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *