gaming chair pink kursi gaming Memilih Kursi Gaming dari Kualitas Roda Caster. Perhatikan Hal Ini! RGC 101 pink 600x600

Foto: Kursi Gaming Rexus RGC101 Pink Edition

Gamer, kualitas kursi gaming ditentukan dari beragam komponen penyusunnya. Selain gas lift, busa, kulit pembungkus, dan mekanikalnya, komponen yang tak kalah penting adalah roda atau caster.

Terdapat lima buah roda pada kursi gaming. Kelima roda tersebut berfungsi untuk menyangga beban, memberi keseimbangan, dan mendukung mobilitas kursi gaming.

Kursi gaming haruslah mudah digerakkan agar lebih mudah disesuaikan dengan posisi penggunanya. Tidak diam. Karenanya, roda berfungsi untuk memudahkan kursi digeser ke berbagai sudut.

Kursi Gaming Rexus RGC103 RGB kursi gaming Memilih Kursi Gaming dari Kualitas Roda Caster. Perhatikan Hal Ini! WebLayout RGC 01 600x338

Foto: Kursi Gaming Rexus RGC103 RGB

Perbedaan Istilah Caster dan Wheel pada Roda Kursi Gaming

Pergerakan kursi gaming yang bagus haruslah luwes ke semua arah sehingga roda penyokongnya dibuat dapat berotasi 360 derajat. Itu bisa terjadi karena roda tersebut berporos pada as diam yang terpasang pada cabang penyangga kursi.

Dari sistem seperti itulah muncul perbedaan antara istilah caster dengan wheel. Caster digunakan untuk menyebut roda yang bisa berputar 360 derajat, sedangkan wheel mengacu pada roda yang hanya bisa bergerak dua arah, yaitu ke depan dan ke belakang.

roda caster kursi gaming kursi gaming Memilih Kursi Gaming dari Kualitas Roda Caster. Perhatikan Hal Ini! WebLayout RGC 09 600x396

Memilih Kualitas Kursi Gaming dari Kualitas Roda

Seperti disebut di atas, roda menjadi salah satu komponen vital yang menentukan kualitas sebuah kursi gaming. Roda kursi gaming akan menentukan keawetan dan kenyamanan. Untuk mengetahui kualitas roda kursi gaming, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Material

Ini adalah unsur penentu keawetan dan kekuatan roda kursi gaming. Banyak orang mengira bahwa roda kursi gaming terbuat dari plastik karena memang sekilas seperti itu.

Tidak salah. Kebanyakan roda kursi gaming memang terbuat dari bahan semacam plastik agar ringan. Tapi, plastik material kursi gaming bukanlah sembarang plastik karena harus mendukung berat total kursi gaming sekitar 40an kilogram ditambah beban maksimal pengguna sekitar 150 kilogram.

Dengan beban seberat itu, jenis plastik biasa tak ada yang bisa menahannya. Oleh karena itu, bahan plastic yang digunakan adalah sejenis nylon.

Tentu saja bukan serat nilon yang biasa digunakan sebagai pembungkus kabel atau bahan pembuat tas ya. Nilon yang digunakan adalah jenis nilon masif yang telah melalui proses sedimikian rupa sehingga mempunyai kekuatan yang besar.

Nilon termasuk dalam kategori bahan “Poliamida”. Poliamida dapat berupa bahan alami seperti sutra, dan juga bahan sintetis (buatan manusia) seperti nilon. Nilon diproduksi dengan memproses senyawa amino, asam karboksilat, dan serat sintentis.

Material yang dihasilkan memberikan sifat mekanis yang sangat baik, ringan namun sangat kuat. Roda Nilon sangat kuat dan memberikan kapasitas beban tinggi. Roda tersebut juga tahan terhadap gesekan atau keausan dan benturan.

Terdapat dua grade nilon yang paling umum digunakan sebagai bahan roda, yaitu Nylon 6 dan Nylon 66. Grade ini merupakan grade yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa nilon lainnya.

Nylon 6 dan Nylon 66 memiliki suhu leleh masing-masing 220?C dan 265?C. Karena titik leleh nilon tersebut tinggi, caster dapat beroperasi secara baik hingga suhu 80?C. Roda nilon juga dapat digunakan dalam suhu rendah -30?C.

Ukuran

Ukuran yang dimaksud adalah diameter roda. Ada beragam ukuran roda atau caster kursi gaming.

Ukuran yang biasa digunakan oleh kursi gaming adalah diameter 5, 6, dan 7 sentimeter. Ukuran tersebut tentu adalah patokan umum karena biasanya berukuran lebih dari itu, seperti misalnya 5,5cm, 6,3cm, atau 7,5cm.

Semakin besar ukuran caster atau rodanya, tentu penampilan kursi gaming akan lebih gagah dan elegan. Perputaran roda kursi gaming berdiameter besar juga relatif lebih smooth.

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa konsekuensi menggunakan kursi gaming dengan diameter besar tentu akan menambah ketinggian tempat duduk secara keseluruhan. Itu bakal kurang nyaman bagi pengguna dengan tinggi badan yang kurang tinggi.

Kursi gaming Rexus RGC 103, DT1, dan Raceline RC2 menggunakan roda caster dengan diameter 7,5cm. Buat kamu yang ingin kursi gaming dengan diameter roda yang lebih pendek, kamu bisa memilih kursi gaming Rexus seri RGC 101.

Karenanya, sesuaikan diameter roda dengan tinggi badan kamu ya. Atau, kamu bisa membeli roda dengan diameter tertentu secara terpisah untuk dipasang di kursi gaming kesayangan kamu agar posisi duduk kamu lebih nyaman.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *