Gamers, dunia keyboard gaming mechanical memang sulit untuk dipahami benar-benar. Lihat saja switch keyboard, ada banyak macam jenis dari beda-beda industry, dan harus mengenali fitur-fiturnya tombol macro dan anti-ghosting.  Banyak banget deh!

Sebelumnya, kita sudah pernah membahas switch keyboard di artikel sebelum-sebelumnya, sekarang kita akan membahas ukuran-ukuran keyboard dan kegunaannya masing-masing. Penting untuk diketahui kalau keyboard bisa datang dalam bentuk apapun, dan yang dibahas disini hanyalah ukuran yang paling sering ditemukan.

100% atau Full Size Keyboard

Full Size Keyboard adalah ukuran keyboard yang umum. Inilah keyboard yang paling sering digunakan di kantor. Keyboard mechanical ukuran penuh atau 100% mempunyai numpad, tombol fungsi (F1, F2, dan seterusnya), tombol navigasi (tombol panah, Page Up, dan seterusnya) dan tombol Fn.

keyboard mechanical Mengenali Ukuran-Ukuran Keyboard Mechanical MX10 03

 

80% atau Tenkeyless (TKL) Keyboard

Ukuran umum kedua adalah keyboard TKL (Ten-Key-Less) atau 80%. Keyboard mechanical ini tidak cocok dengan kamu yang menggunakan numpad karena tombol numpad tidak ada disini. Tapi, keyboard gaming ini memberikan pergerakan mouse yang lebih leluasa, dan lebih portabel karena ukurannya yang lebih kecil.

Keyboard seperti ini biasanya tidak datang dengan tombol multimedia, tapi ada kok kalau kamu ingin mencarinya.

Keyboard Gaming Rexus MX8 RGB keyboard mechanical Mengenali Ukuran-Ukuran Keyboard Mechanical Legionare MX8 01 1030x1030

75% Keyboard

Kalau keyboard mechanical 80% dan 75% terlihat sangat mirip karena sama-sama hanya meninggalkan tombol numpadnya. Yang membedakan mereka berdua adalah tombol di keyboard gaming ukuran 75% dimana tombol-tombolnya saling berdekatan. Jadi keyboardnya lebih padat, tapi fungsinya sama dengan TKL.

65% Keyboard

Keyboard mechanical 65% merupakan keyboard yang cukup langkah, tapi sekarang lumayan cukup populer. Di keyboard gaming ini, tidak ada tombol fungsi dan beberapa tombol navigasi. Tapi tenang, masih ada tombol panah kok. Menggunakan keyboard gaming ukuran 65% tentu akan memberikan pergerakan mouse yang lebih leluasa dan lebih gampang dibawa kemana-mana, tapi tidak cocok untuk digunakan untuk pekerjaan.

60% Keyboard

Keyboard mechanical 60% merupakan ukuran ang paling kecil dibandingkan dengan saudara-saudaranya sekarang. Keyboard gaming ini meninggalkan semua tombol fungsi, tombol navigasi termasuk tombol panah, dan tentunya tombol numpad, membuatnya sangat mudah untuk dibawa kemana-mana dan memberikan pergerakan mouse yang lebih leluasa.

Ukuran keyboard gaming datang dalam banyak macam dan bentuknya juga berupa-rupa. Cuman kamu lah yang bisa menentukan ukuran keyboard mechanical apa yang terbaik untuk kamu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *