Gamer, semua dari kita tentu sudah bisa memakai earphone atau in earphone yang baru kita beli. Sepertinya sangat mudah ya, kita tinggal memasukkan eartip-nya ke lubang telinga dan langsung terdengar suara musik atau game yang kita mainkan.

Mudah, bukan? Tapi ternyata tidak semudah itu, Ferguso. Untuk memakai earphone secara tepat, kita tetap harus menyesuaikan dengan konstruksi atau bentuk earphone tersebut, apakah earphone punya bentuk standar atau berbeda, seperti dengan adanya penambahan earclaw atau earhook.

Beberapa di antara pengguna earphone masih belum mengetahui penggunaan earphone yang tepat sehingga suara yang diperoleh dari earphone tersebut terdengar belum maksimal.

Nah, buat kamu yang merasa earphone masih terasa kurang pas, baik pemakaiannya ataupun suaranya, tidak ada salahnya mencoba beberapa saran pemakaian earphone berikut ini.

Pemakaian earphone earphone Metode Pasang Earphone yang Benar Agar Suara Makin Mantap Mobile 2 1080x430

Foto: Earphone Rexus

Sesuaikan dengan Bentuk Earphone

Dasar untuk memperoleh kenyamanan saat menggunakan earphone adalah dengan menyesuaikan posisi atau penempatan earphone sesuai bentuknya. Sebagai contoh, saat ini di pasaran, terdapat tiga model earphone Rexus.

Standar

Pertama adalah earphone dengan model konvensional, seperti earphone Rexus S500i, EP2, dan EP3. Model ini membutuhkan cara standar saat memakainya, yaitu tinggal memasukkan eartip atau earbud ke dalam lubang telinga dengan kabel terjuntai langsung.

Earclaw

Kedua adalah model earphone yang dilengkapi earclaw, seperti earphone Rexus ME4 yang cocok buat pemakai wanita, ME5, maupun ME6. Tipe earphone seperti itu sebaiknya diposisikan dahulu earclaw-nya  sebelum eartip nya dimasukkan kedalam lubang telinga.

Earclaw pada earphone Rexus juga disediakan dalam 3 ukuran berbeda, yaitu kecil, sedang, dan besar. Penyediaan tiga macam ukuran tersebut juga dikaitkan dengan kenyamanan pengguna. Penggunaan earclaw ini juga akan membuat posisi earphone tidak berubah sehingga pengguna tidak perlu sering merapikan posisi earphone.

Hearing aid

Ketiga adalah model earphone yang bertipe hearing aid atau mengikuti model alat bantu dengar, seperti yang ditemukan pada earphone Rexus EZ2. Tipe ini memang tidak biasa karena dipakai secara terbailik, dengan kabel melingkar di atas pangkal daun telinga. Karena disangkutkan ditelinga, maka tersedia earhook agar kabel terasa lebih nyaman saat dipakai.

earphone rexus EZ2 earphone Metode Pasang Earphone yang Benar Agar Suara Makin Mantap ez2 600x438

Foto: Earphone rexus EZ2

Sesuaikan Ukuran Eartip/Earbud Earphone

Pilihlah eartip atau earbud dengan ukuran yang tepat atau sesuai dengan diameter lubang telinga kamu. Cobalah berbagai ukuran eartip yang biasanya terbuat dari silikon yang ada di dalam paket penjualan.

Semua earphone Rexus dilengkapi dengan 3 (tiga) ukuran eartip atau earbud, dari ukuran kecil, sedang, dan besar. Kamu bisa mengganti eartip tersebut dengan menariknya secara pelan dan memasukkan lubang eartip yang baru ke selongsong housing earphone.

Selain agar nyaman digunakan, eartip atau earbud juga berfungsi untuk mendapatkan keluaran suara terbaik dari earphone. Eartip harus menutup telinga secara menyeluruh. Eartip yang masuk secara sempurna juga berfungsi untuk mereduksi bising dari luar.

Cobalah untuk menariknya secara perlahan untuk memudahkan ujung eartip masuk dan menutupi telinga kamu. Ketika eartip sudah terpasang dengan benar, perhatikan apakah masih terdengar suara di sekitar atau tidak. Jika masih terdengar dengan jelas berarti eartip yang terpasang belum optmal.

Earphone Rexus ME6 earphone Metode Pasang Earphone yang Benar Agar Suara Makin Mantap ME6 2 1080x630

Foto: Earphone Rexus ME6

Jangan Lupa: Sesuaikan Earphone Kiri dan Kanan 

Jika kamu perhatikan sungguh-sungguh, di earphone ada tulisan R atau L. Itu menunjukkan posisi earphone tersebut untuk telinga kiri ataupun kanan.

Jangan sampai terbailik ya. Posisi kanan dan kiri itu mempunyai desain housing earphone berbeda. Dan itu menentukan kenyamanan saat dipakai.

Lekukan earphone untuk telinga kiri sudah disesuaikan dengan kontur telinga kiri dan sebaliknya. Jika tetap dipaksakan terbalik, maka suara yang diperoleh bakal tak maksimal karena lekukannya membuat suara bocor. Selain itu, memang tidak nyaman sama sekali.

Cara-cara di atas terlihat sangat sederhana. Tetapi, jika cara memakai earphone kita selama ini tidak tepat, maka selama itu pula kita tidak akan mendapatkan hasil suara yang maksimal dari earphone tersebut.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *