mikrofon condenser thronmax m5 mikrofon condenser Mikrofon Condenser Ini Jelas Worth dan Wajib Dimiliki Sekarang thronmax m5 2 2 600x400

Foto: mikrofon condenser thronmax m5

Gamer, agar bisa dapat duit sambil main game sebagai game streamer, kamu butuh perangkat mikrofon condenser yang membuat suaramu jadi makin detil saat live. Ngga hanya itu, mikrofon condenser juga sangat mendukung kamu yang punya hobi karaoke secara online dengan aplikasi seperti Smule. Atau, kamu yang berprofesi sebagai pembicara di beragam webinar, suara kamu saat presentasi bakal terdengar lebih jelas dengan menambahkan jenis mikrofon ini ke laptop ataupun komputer.

Wah, banyak banget fungsi mikrofon condenser ya? Betul, mikrofon ini memang mempunyai teknologi yang lebih mutakhir daripada mikrofon standar yang biasa buat kondangan atau ngamen di jalan. Buat kamu yang masih asing dengan jenis mikrofon ini, dapat dijelaskan bahwa mikrofon itu dikenal sebagai mikrofon condenser atau capasitor microphone.

mikrofon condenser thronmax m5 mikrofon condenser Mikrofon Condenser Ini Jelas Worth dan Wajib Dimiliki Sekarang thronmax m5 3 600x400

Beda Bentuk

Sebelum masuk ke bagian teknologinya, perbedaan antara mikrofon biasa dengan mikrofon condenser bisa dilihat dari bentuknya. Biasanya, bentuk mikrofon condenser menyerupai kubah dengan penampang mikrofon yang terbuka terhadap segala arah. Bentuk ini berfungsi untuk menangkap suara dari berbagai arah, sesuai dengan fungsi mikrofon condenser yang dapat menangkap beberapa titik sumber suara sekaligus. Berbeda dengan mikrofon biasa atau yang sering disebut sebagai dynamic microphone, yang mempunyai bentuk yang panjang dan bagian ujungnya lebih mengarah ke satu arah.

Secara fungsional, mikrofon condenser berfungsi khusus untuk mengolah sinyal suara vokal dan hanya bisa digunakan di dalam ruangan atau studio. Sebagai mikrofon yang bertujuan untuk menangkap suara vokal, maka mikrofon condenser memiliki kemampuan untuk menangkap suara dengan power yang lemah sekalipun.

Itu berbeda dengan mikrofon standar yang hanya dapat digunakan untuk menangkap suara yang mempunyai power kuat. Jadi, saat menggunakan mikrofon standar, suara yang kita keluarkan agar bisa ditangkap oleh mikrofon relatif lebih kuat. Selain itu, mikrofon standar bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Teknologi yang Berbeda

Setelah melihat perbedaan secara bentuk dan fungsinya, maka saatnya melihat perbedaan teknologi mikrofon ini. Dengan tujuan mengolah suara yang relatif lebih lemah dari sumber suara yang lain, maka mikrofon condenser membutuhkan perangkat yang sensitif agar dapat menangkap sinyal atau frekuensi yang lemah. Karenanya, mikrofon ini menggunakan sistem penangkap getaran suara dengan menggunakana teknologi membran tipis. Untuk lebih jelasnya, perhatikan skema di bawah ini.

Mikrofon Condenser

mikrofon condenser Mikrofon Condenser Ini Jelas Worth dan Wajib Dimiliki Sekarang mic condenser

Dalam mikrofon condenser, terdapat membran atau diafragma. Membran tersebut akan bergetar saat ada suara, sekecil apapun suara itu, yang mengenainya. Jika membran tersebut bergetar, maka akan mengaktifkan sinyal listrik untuk kemudian diolah menjadi suara di pre-amplifier.

Untuk mengaktifkan mic condenser, dibutuhkan daya sekitar 48V dan itu didapatkan daripre amplifier dengan mengontrol volume di phantom power yang ada di mixer atau pre-amplifier.

Mikrofon condenser dapat menangkap suara secara detil dan utuh, termasuk suara dengan poweryang kecil sekalipun. Karenanya, mikrofon ini banyak digunakan sebagai mikrofon di studio rekaman, terutama saat merekam suara vokal dari penyanyi.

Mikrofon Dinamik

mikroron dynamic mikrofon condenser Mikrofon Condenser Ini Jelas Worth dan Wajib Dimiliki Sekarang mic dynamic

Jikamikrofon condenser menggunakan membran sebagai media untuk menangkap getaran suara, maka dalam mikrofon standar terdapat kumparan dari logam yang berfungsi untuk menangkap suara. Karena menggunakan kumparan logam, maka sensitivitasnya tidak sesensitif membran.

Meski tidak sesensitif mikrofon condenser, mikrofon standar dapat berfungsi untuk menangkap suara dengan power besar, seperti gitar atau drum. Untuk mendapatkan suara yang maksimal, mikrofon standar harus diletakkan ujung dengan menghadap sumber suara.

mikrofon condenser thronmax m5 mikrofon condenser Mikrofon Condenser Ini Jelas Worth dan Wajib Dimiliki Sekarang thronmax m5 4 2 600x400

Mikrofon Condenser Thronmax by Rexus

Karena kemampuannya dalam menangkap suara secara jernih dan utuh, maka mikrofon condenser makin banyak digunakan oleh para vlogger atau streamer saat beraksi secara live atau recorded di kanal media sosial. Jadi, teknologi yang semula digunakan untuk rekaman studio, kini makin banyak digunakan di studio atau kamar rekam para vlogger.

Buat kamu yang Salah satu produk mikrofon condenser yang berkualitas dan terjangkau adalah seri Thronmax dari Rexus, salah satunya adalah Thronmax Drill Zone XLR M5.

Seri mikrofon condenser ini mempunyai kelebihan bentuk mikrofon yang kecil dan kompak sehingga enak dilihat dan nyaman digunakan. Mikrofon ini dapat menangkap suara dengan sangat dan menghasilkan suara dengan karakteristik yang warm. Kualitas tersebut diperoleh dengan menggunakan membran  berdiameter 25 milimeter yang berkualitas tinggi. Karenanya, mikrofon condenser ini sangat cocok untuk mengolah suara dan permainan gitar akustik yang membutuhkan tingkat kedetilan tinggi.

Mikrofon ini dilengkapi dengan konektor XLR.  Agar bisa terhubung dengan  komputer atau laptop, dibutuhkan kabel dangan jack konverter yang sesuai. Mikrofon ini tidak memerlukan tambahan perangkat power gain lain untuk mengaktifkannya.

Dalam kemasan Thronmax M5, kamu juga akan mendapatkan mounting atau holder mikrofon. Sedangkan untuk tongkatnya atau stand-nya kamu bisa membelinya secara terpisah. Dengan kombinasi antara mikrofon condenser itu, kamu akan lebih nyaman saat nge-vlog atau streaming. Siapa tahu, kamu bisa jadi salah satu dari Youtuber kondang dengan jutaan pengikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *