headset dengan mikrofon tongkat mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya Thumbnail Features VonixRX995 01

Gaming Headset Rexus Vonix F99

Gamer, beberapa dari kalian tentu pernah mengalami permasalahan mikrofon headset tidak berfungsi saat dikoneksikan dengan laptop. Permasalahan ini lebih banyak dialami oleh pengguna headset yang baru saja membeli produk alat pendengar ini.

Sebelum menentukan solusi atas ermasalahan seperti ini, kita harus mengetahui tipe konektor apa yang digunakan oleh headset dan tipe port/terminal apa yang ada pada laptop. Dengan memastikan konektornya, kita bisa tahu bagaimana cara mengoneksikan headset secara tepat.

konektor usb mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya usb otg cable 300x225

Ragam Konektor Headset pada Laptop

Untuk mengoneksikan headset dengan laptop, ada beberapa cara tipe konektor yang bisa digunakan. Secara umum, ada tiga macam koneksi, yaitu USB, port jack 3,5mm, dan sistem nirkabel.

Untuk sistem koneksi USB, ada sistem USB 2.0 dan saat ini juga makin banyak laptop yang menggunakan sistem USB 3.0. Untuk konektor jack 3,5mm, ada laptop yang menggunakan dual jack 3,5mm dan ada pula yang sudah mengaplikasikan single jack 3,5mm.

Sesuaikan konektor headset dengan terminal konektor yang ada pada laptop. Misalnya, jika headset yang baru kamu beli menggunakan sistem dual konektor (biasanya berwarna pink dan hijau), maka kamu harus menambahkan converter/splitter jika ingin dicolokkan pada laptop yang mempunyai sistem single jack 3,5mm.

mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya hx20 1 600x600

Beberapa Solusi Mikrofon Tak Terdeteksi

Jika kita sudah mengoneksikan konektor headset sesuai dengan port yang ada di laptop tetapi mikrofon tidak berfungsi, apakah yang harus dilakukan? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh beberapa pengguna headset.

Buat kalian yang mengalami permasalahan mikrofon pada headset saat dikoneksikan pada laptop, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Splitter audio mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya HX25 07 1 600x600

Foto: Splitter audio

  1. Pastikan konektor headset tersambung secara tepat

Seperti ditulis di atas, pastikan konektor headset tersambung secara tepat. Jika menggunakan splitter/konektor, pastikan berfungsi dengan baik.

Banyak kasus yang terjadi akibat splitter tidak berfungsi dengan baik sehingga mikrofon tidak terdeteksi suaranya.

mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya windows2 600x253

  1. Atur aplikasi agar mengenali fungsi mikrofon perangkat

Biasanya ini terjadi pada headset yang baru dikoneksikan pada laptop sehingga pengaturan aplikasi belum disesuikan. Caranya mudah, kamu tinggal masuk dalam Setting > Privacy > Microphone. Pilih Change dan aktifkan agar laptop mengakses fitur mikrofon yang terkoneksi.

  1. Suara mikrofon terlalu pelan

Jika mikrofon dapat terkoneksi tetapi suara terlalu pelan, maka kamu tinggal menaikkan level mikrofonnya. Caranya adalah dengan:

  • Masuk ke Setting > System > Sound
  • Dalam Input, pastikan kamu mengaktifkan mikrofon pada Choose your input device, kemudian pilih Device Properties.
  • Klik tombol Levels dan sesuaikan level volume Microphone dan tekan OK pada garis Microphone Boost.
  • Lakukan tes sederhana. Jika mikrofon aktif, maka garis level mikrofon akan bergerak.

mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya windows 600x419

  1. Coba pengaturan cepat ini

Setelah mencolokkan konektor headset pada laptop, temukan logo speaker di bagian kanan bawah layar dan klik kanan. Pilih Open Sound Settings dan scroll turun ke Input.

Setelah itu, masuk ke Device Properties. Dalam pilihan itu, kamu bisa langsung mengatur volume mikrofon ataupun mengganti sumber sumber suara.

headset gaming rexus thundervox hx25 mikrofon Mikrofon Headset Tidak Berfungsi di Laptop? Ini Solusinya HX25 04 300x300

Foto: Headset Rexus Thundervox HX25

  1. Permasalahan perangkat

Jika mikrofon headset sudah diatur tetapi mikrofon tetap belum bisa berfungsi, maka kamu bisa mencoba mengoneksikannya di device lain. Misalnya, kamu bisa mencobanya di laptop atau ponsel lain.

Jika ternyata di laptop atau di ponsel lain, mikrofon headset tersebut bisa berfungsi dengan baik, itu berarti perangkat headset tidak bermasalah sehingga kamu tinggal fokus di laptop kamu. Tetapi, jika ternyata di device lain mikrofon headset tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan besar headset kamu mengalami kerusakan.

Untuk pengguna headset dengan mikrofon yang menggunakan mikrofon sistem detachable atau bisa dilepas, seperti headset Rexus HX20 dan HX25, jangan lupa untuk menancapkan mikrofon secara tepat hingga terdengar seperti suara klik 2x.  Jika tidakt tertancap secara tepat, maka mikrofon tidak berfungsi secara baik, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Cara-cara di atas bisa kamu praktikkan jika ada kendala pada mikrofon headset kamu. Pastikan kamu menggunakan headset berkualitas dari produk Rexus yang dilengkapi dengan mikrofon yang sensitif sehingga dapat menangkap suara secara optimal.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.