mouse Mouse Wireless Tidak Mau Tersambung Lagi ke PC? Ini Solusinya with the mouse 3109003 640 300x201

Gamer, mouse wireless atau mouse nirkabel yang tidak bisa tersambung atau konek lagi ke PC merupakan salah satu kendala yang kerap dialami oleh para pengguna perangkat nirkabel ini. Jikalau sekali dua kali mungkin tak mengapa, tapi jika hal ini terjadi berkali-kali, tentu saja akan sangat mengganggu bagi penggunanya.

Sebenarnya, kebanyakan mouse wirelesss memang mempunyai sistem auto power saving untuk menghemat penggunaan baterai yang digunakan. Dengan sistem tersebut, mouse wireless akan mati secara otomatis jika PC atau laptop tidak digunakan atau dalam keadaan idle dalam beberapa waktu dan akan menyala pula secara otomatis saat PC kembali digunakan.

Sayangnya, tidak semua sistem itu bisa berjalan mulus. Ada beberapa kasus mouse wireless tidak mau tersambung kembali dengan komputer. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa sebab.

Pertama, bisa jadi memang konektor yang berupa USB receiver mouse yang menempel di PC tak lagi berfungsi secara baik. Kedua, ada gangguan dengan USB port komputer sehingga tidak bisa mengirim sinyal secara otomatis ke perangkat yang tersambung. Ketiga, bisa jadi baterai mouse lemah sehingga tidak bisa aktif kembali secara otomatis, dan lain sebagainya.

mouse Mouse Wireless Tidak Mau Tersambung Lagi ke PC? Ini Solusinya rx108 02 300x212

Siasati dengan Cara Ini

Dengan kondisi mouse wireless seperti itu, terkadang kita ingin segera “lembiru” – lempar ganti baru. Tapi, dalam kondisi saat ini, sebaiknya urungkan dulu niat itu, bung. Lebih baik uang disimpan dulu untuk kebutuhan yang lebih mendesak.

Terus, apakah ada solusinya? Ada. Beberapa cara ini bisa digunakan untuk menyiasati mouse wireless yang tidak mau tersambung kembali secara otomatis.

mouse Mouse Wireless Tidak Mau Tersambung Lagi ke PC? Ini Solusinya lithium

  • Pastikan kondisi baterai mouse

Seperti disinggung di atas, mouse nirkabel menggunakan baterai sebagai sumber daya. Baterai tersebut sangat mempengaruhi kualitas koneksi, sistem sinkronisasi ulang, dan kemampuan sensor mouse. Karenanya pastikan baterai dalam keadaan baik, baik untuk baterai lithium rechargeable seperti pada mouse Rexus RX108 maupun baterai AA seperti pada mouse Rexus RX107 dan RX109.

  • Pindah USB Port

Cara yang paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencabut dongle USB receiver, membiarkannya selama sekitar 10 detik, dan memindahnya ke terminal USB atau USB port lain di PC ataupun laptop. Cara sederhana ini diyakini cukup efektif untuk mensinkronisasi ulang antara computer dengan perangkat yang dihubungkan dengannya.

  • Reinstal dan update driver mouse

Cara lain adalah dengan menginstal ulang driver mouse yang ada di dalam sistem computer. Caranya adalah dengan Klik Windows + X > Device Manager > Klik kanan Mice and Other pointing devices > Uninstall. Setelah driver ter-unistal, masukkan kembali dongle receiver-nya agar secara otomatis sistem computer mengenalinya.

Kamu juga dapat melakukan langkah update driver software dengan cara: Klik Windows + X > Device Manager > Klik kanan Mice and Other pointing devices > Update Driver Software > Browse my computer for driver software > Let me pick from a list of device drivers on my computer > hilangkan centang pada Show compatible hardware > Next > Restart computer.

Baca juga: Keyboard Gaming Tidak Terdeteksi di PC atau Laptop. Cara Ini Bisa Dicoba

  • Matikan Mode Mati Otomatis

Sistem on-off secara otomatis pada mouse atau perangkat nirkabel memang bertujuan untuk menghemat daya saat tidak digunakan. Sayangnya, kadang fitur tersebut justru “makan tuan” dan membuat ribet saat mouse tidak mau terkoneksi secara otomatis.

Cara menyiasatinya adalah dengan mematikan mode on-off secara otomatis tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

mouse Mouse Wireless Tidak Mau Tersambung Lagi ke PC? Ini Solusinya win 600x434

Klik Windows + X > Device Manager > Human Interface Device > HID Compliant Mouse Properties > hilangkan centang pada kotak Allow the computer to turn off this device to save power

Jangan lupa untuk mengecek apakah computer juga mengaktifkan sistem hemat tenaga pada daftar Universal Serial Bus controllers. Jika iya, non-aktifkan fitur tersebut agar mouse dimatikan secara manual saja.

Jika kamu sudah memilih untuk menggunakan sistem pengaturan daya secara manual untuk mouse wireless kamu, jangan lupa untuk mematikan mouse ini secara manual dengan mematikan saklar di bawahnya atau mencabut dongle USB receiver yang tercolok di PC ataupun laptop.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *