combo Paket Gaming Combo Rexus Warfaction VR5 Bukan Paket Ala Kadarnya VR5 artwork 01 180x180

combo Paket Gaming Combo Rexus Warfaction VR5 Bukan Paket Ala Kadarnya VR5 artwork 01 600x338

Gamer, jika mendengar istilah paket gaming combo, yang langsung muncul tentulah kesan ekonomis dan ala kadarnya? Meski komplit, tetapi terasa bahwa itu hanyalah sebuah marketing gimmick yang dibuat berdasarkan prinsip marketing. Betul tidak? Paket combo ayam goreng akan merepresentasikan paket efisien dan ekonomis yang berisi ayam, nasi,  dan minuman yang sebenarnya jika dibeli per satuan (a la carte) jatuhnya juga akan sama saja harganya.

Bagaimana dengan paket gaming combo yang ditawarkan oleh beberapa merek peralatan gaming? Awalnya, kita pasti berpikir paket combo gaming setups juga sebelas dua belas dengan paket ayam goreng. Semua hanyalah permainan marketing biasa. Tidak lebih.

Tetapi, asumsi itu bakal berubah saat kita memperoleh paket gaming combo terbaru dari Rexus yang dinamai Rexus Warfaction VR5. Dari serinya, kita langsung tahu bahwa produk ini termasuk dalam lini produk combo Warfaction.

Saat ini, di pasaran sudah berkeliaran seri VR1, VR2, VR3 Plus, VR3 Max, dan yang satu ini, VR 5. Angka di dalamnya menunjukkan keluaran seri ini. Angka 1 berarti seri pertama dari tipe VR dan seterusnya. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi dan lengkap fitur yang dibenamkan di dalamnya. Itu  bisa bakal kita lihat saat membuka boks Rexus Warfaction VR5 ini.

Mouse Gaming And Keyboard Gaming Rexus Warfaction VR5 Putih combo Paket Gaming Combo Rexus Warfaction VR5 Bukan Paket Ala Kadarnya VR5 01 1080x430

Kesan Pertama… Beda Produk Combo Lain!

Menebusnya dengan harga yang lumayan – apalagi dalam kondisi saat ini, yaitu sekitar 500 ribu, kita tentu berharap banyak donk dengan paket kombinasi ini. Setidaknya, pembeli pasti berharap akan mendapatkan produk mouse paten dengan kelengkapan fitur macro yang bisa digunakan untuk mengatur fungsi tombolnya dan keyboard mekanikal yang mempunyai teknologi paten pula.

Saat hendak membeli paket ini, kalian harus tahu pilihan warna produk dan tipe switch apa saja yang ditawarkan ya. Jadi gini… Untuk produk ini, Rexus memberikan empat varian yang terdiri dari dua warna keyboard dan dua tipe switch (tomboll). Ada keyboard berwarna hitam dengan tipe switch biru, hitam dengan tipe switch coklat, keyboard berwarna abu-abu dengan tipe switch biru, dan abu-abu dengan tipe switch coklat. Pas, empat varian. Apa bedanya? Nanti kita ulang satu-satu.

Saatnya membuka kemasan produk! Dan… tadda! Emejing. Tidak seperti produk combo lain yang lebih murah hati mengobral produk, tampaknya VR5 ini lebih ringkas memangkas bujet produksi dengan hanya memberi produk mousepad ukuran standar dalam tiap paket pembelian. Tapi, tak mengapa. Tak jadi soal karena fokus perhatian kita langsung jatuh pada dua pemain inti produk ini, yaitu keyboard dan mouse yang memang keren saat pertama kali melihatnya. Tampilannya memang sama-sama kotak, tapi dari selayang pandang, tampak material keduanya berbeda dengan produk combo lainnya.

combo Paket Gaming Combo Rexus Warfaction VR5 Bukan Paket Ala Kadarnya VR5 artwork 02 600x338

Keyboard Paten Nan Keren

Pertama, kita akan melihat secara menyeluruh keyboard mekanikal-nya. Dalam sejarah penjualan Rexus, baru kali ini Rexus merelakan produk keyboard mekanikalnya dalam paket bundling. Saat melihat produknya, buat kalian pemakai setia Rexus pasti akan langsung teringat dengan tampilan produk keyboard mekanikal Rexus Legionare MX2 yang sudah menjadi legenda.

Perhatian kita akan langsung jatuh pada sebongkah papan ketik berukuran 450 x 140 x 40mm yang mengutamakan segi tampilan yang kokoh dengan ritme fungsionalitas yang kental. Bleger papannya kotak begitu saja, tetapi dengan sentuhan aluminium alloy pada cover-nya yang diperkaya dengan kontur metal yang kuat akan membuat aroma maskulin menyeruak kuat.

  • Doubleshot Injection Keycaps

Deretan gigi eh tombol sebanyak 104 buah tertata rapi mengikuti baris demi baris papan ketik. Tombol tersebut terdiri dari keycaps di atas dan switch di bawahnya. Untuk keycaps – sekali lagi, Rexus tidak main-main – dengan membonuskan teknologi double shot injection.

Apa itu? Teknologi molding yang mengombinasikan dua lapisan plastik sehingga huruf di atas keycaps tidak akan luntur. Gimana mau luntur wong sebenarnya hurufnya dilubangi sesuai bentuk huruf dan lapisan bawahnya berfungsi sebagai dasar.

  • Switch Gampang Diganti Sendiri

Mencopot keycaps-nya, kita akan menemukan komponen inti pembentuk keyboard, yaitu switch. Lebih enak disebut switch daripada saklar walaupun sebenarnya keduanya sama artinya. Switch keyboard Rexus VR5 menyandarkan kualitasnya pada merek Outemu yang sudah melegenda. Switch ini pernah mengangkat merek Rexus sebagai salah satu jajaran merek peralatan gaming berkualitas saat dibenamkan pada Rexus Legionare MX6 dan MX7 yang melegenda.

Outemu adalah salah satu merek switch asal Tiongkok yang sukses mengkloning teknologi “dewa” switch Cherry MX. Banyak referensi yang mengatakan kedua switch ini mempunyai kesamaan, baik dari bentuknya, karakteristiknya, sensasinya, hingga durabilitasnya. Seperti Cherry, Outemu juga berani mengklaim bahwa switch-nya rata-rata punyak kekuatan hingga 50 juta klik. Itulah kenapa banyak produsen keyboard yang lebih memilih untuk menggunakan switch merek ini untuk memenuhi kebutuhan para gamer.

Tipe switch Outemu juga dibedakan menjadi beberapa warna – lagi-lagi, sama dengan Cherry MX. Dalam keyboard VR5, terdapat dua tipe switch yang ditawarkan, yaitu biru dan coklat. Keduanya bisa diganti sendiri alias hot replaceable switch. Tinggal cabut terus colok yang baru.

Seperti kita kenal, blue switch atau switch biru mempunyai karakteristik tactile atau membal dan clicky atau menimbulkan suara klik yang keras, dengan tenaga yang dibutuhkan untuk menekannya sebesar kisaran 45-50 gram. Buat kalian yang suka bermain dengan berisik agar semakin bersemangat, switch biru cocok buat kalian.

Buat kalian yang tidak terlalu suka dengan bunyi switch yang berisik, switch coklat jadi pilihan tepat. Switch ini tetap mempunyai karakter membal, tetapi mempunyai gaya aktuasi yang lebih ringan (sekitar 40 gram), dengan jarak aktuasi antara stem dengan dasar switch yang lebih pendek sehingga terasa lebih empuk dan tidak lebih senyap.

  • 26 Tombol Anti-ghosting

Dari 104 buah tombol yang ada, 26 tombol keyboard ini merupakan anti-ghosting. Artinya, jika dipencet bersamaan, maka tombol tertap akan jalan dan tidak mengalami frezee.

  • LED dengan 9 Mode Warna

Ngga nyala, ngga keren. Setiap keyboard gaming tentu dilengkapi dengan LED yang membuat permainan makin bersemangat dan penampilan makin menyengat. Rexus Warfaction VR5 ini dilengkapi dengan LED yang dapat diatur dalam 9 mode warna, dengan pengaturan yang sangat mudah. Yuk, kita coba pencet-pencet buat ganti tampilan.

– Mode 1: Breathing – menyala pelan, seperti bernafas.

– Mode 2:  menyala dari atas ke bawah

– Mode 3: menyala dari bawah ke atas

– Mode 4: menyala dari tengah ke pinggir

– Mode 5:  menyala dari pinggir ke tengah

– Mode 6:  menyala per baris secara terpisah

– Mode 7: menyala per baris selama 2 detik saat kamu klik tombol apa saja

– Mode 8: menyala seperti gelombang

– Mode 9: menyala terus semuanya. Buat kamu yang ngga hafal tombol, mode ini sangat membantu.

Mode tersebut tentu jadi bonus dari gugusan LED yang ada di dalam VR5 ini, selain beragam tombol cepat untuk mengatur berbagai fitur yang ada.

combo Paket Gaming Combo Rexus Warfaction VR5 Bukan Paket Ala Kadarnya Warfaction VR5 03 1080x430

Mouse Mantap Nan Akrab

Setelah mengoprek papan ketiknya, kalian tentu penasaran dengan mouse paket ini. Saat mengangkatnya, ada perasaan aneh yang tiba-tiba muncul. Ya, perasaan gamang karena mouse ini terasa lebih ringan dari mouse lainnya.

  • Model O

Sebelum bertanya kenapa kok bisa, langsung kita bisa menemukan jawabannya, yaitu karena mouse ini menggunakan model O. Mouse Model O adalah jenis mouse yang menggunakan penutup atau cover bolong-bolong. Tujuan desain seperti itu tentu adalah untuk mengurangi berat mouse ini. Berat bersih mouse ini sekitar 150 gram. Cukup ideal untuk kalian penyuka mouse ringan.

Buat sebagian gamer, mouse yang ringan akan sangat membantu pergerakan, menambah akurasi, dan meningkatkan akselerasi. Selain itu, model O juga sedang jadi trend mouse gaming saat ini sehingga tentu saja akan mendongkrak penampilan kalian.

  • Software Macro

Sebenarnya, tidak semua gamer memerlukan fitur ini karena lebih mengandalkan intuisi saat bermain daripada bantuan dari perangkat yang digunakannya. Tetapi, tetap saja banyak gamer ataupun profesional yang tetap membutuhkannya untuk membantu mereka mengatu fungsi tombol pada mouse sesuai kebutuhan.

Mouse VR5 sudah dilengkapi dengan perangkat lunak ini dan hasil pengaturannya tersimpan di komputer. Jadi bukan di mouse ya, seperti yang ada pada mouse seri Titanix, seperti TX5, TX10. Meski begitu, tetap saja mouse VR5 tetap bisa membanggakan kok karena sudah menggunakan teknologi 8D dengan 199 IC.

  • DPI Hingga 6400

Saatnya membahas mengenai pergerakan kursor yang dihasilkan dari sensitivitas optic dalam mouse ini, dengan digambarkan dalam Dot per Inch (DPI). Mouse ini mempunyai 6 tingkatan DPI, yaitu dimulai dari level 800 /1600*/2400/3200/4800/6400.  Menurut beberapa referensi, level DPI 800 cukup steady untuk pergerakan mouse dalam game FPS kok. Jadi, ngga perlu kuatir kenapa kok levelnya tidak dimulai dari 400 atau bahkan 100.

Level 800 tersebut tetap terakomodasi dengan gaya operasional mouse yang berada di kisaran 60~80gf. Tidak terlalu berat, namun tetap mantap pengendalian untuk mouse berukuran ideal 128 x 65 x 41mm ini.

  • Kabel dengan Magnetic Ring

Sebagai mouse kabel, tentu peran kabel tidak bisa dianggap sepele. Tetap menggunakan kabel braided nylon sepanjang 1,.8 meter yang kuat namun tetap fleksibel, performa mouse VR5 makin ditingkatkan dengan menambahkan ring magnet.

Sebenarnya yang dimaksudkan dengan magnetic ring adalah teknologi pada kabel dengan menambahkan sejenis arang berbentuk lingkaran yang berfungsi sebagai inductor yang mengurangi gangguan elektrikal atau EMI (electromagnetic interference).

Mouse Gaming Dan Keyboard Gaming Rexus Warfaction VR5 Hitam combo Paket Gaming Combo Rexus Warfaction VR5 Bukan Paket Ala Kadarnya VR5 02 1080x430

So, Apa Kesimpulannya?

Setelah membuka dan mencoba paket combo ini, satu hal yang bisa disimpulkan, yaitu bahwa harga tidak bisa bohong. Dengan harga di kepala lima, tentu kualitas paket combo ini tidak bisa disamakan dengan paket combo lainnya yang berada di kisaran kepala 3 atau 4.

Tapi, seperti saya bilang di awal, paket ini bukanlah paket ala-ala yang hanya mengunggulkan kata ekonomis. Saya lebih menggarisbawahi soal kualitas. Dalam paket combo VR5 ada kualitas yang dibungkus dalam metode marketing bundling untuk menampilkan kesan efisien.

Satu kata, produk ini PANTAS untuk dikoleksi dan dijadi gaming setup andalan. Itu menurut saya. Bagaimana menurut kalian?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *