kartu grafis komputer gaming kartu grafis Pedoman Memilih Kartu Grafis Saat Merakit Komputer Gaming gamers 02

Gamer, kartu grafis atau disebut juga VGA card adalah salah satu komponen penting yang harus kamu miliki saat merakit komputer gaming. Karena perannya sangat vital, maka kamu harus benar-benar memperhatikan kualitas saat memilihnya.

Seperti kita ketahui bersama, VGA card atau kartu grafis merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk memproses grafik atau tampilan. Selanjutnya, grafis yang sudah diproses tersebut dikirimkan ke ke monitor untuk ditayangkan.

Semakin bagus kualitas dari kartu grafis yang digunakan oleh suatu perangkat komputer, maka kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh komputer tersebut akan semakin bagus. Kualitas gambar dari kartu grafis ini tentu saja juga tergantung pada kualitas monitor.

Saat ini, terdapat begitu banyak merek kartu grafis, mulai dari yang murah hingga mahal. Secara logis, kartu grafis yang mahal tentu menawarkan teknologi dan spesifikasi yang lebih baru. Namun, belum tentu kartu grafis yang lebih murah mempunyai kualitas di bawah.

Bingung? Jangan kuatir, banyak kok referensi dan review kemampuan kartu grafis untuk komputer gaming. Tapi, sebagai pedoman awal, kamu bisa menyimak beberapa hal ini saat hendak membeli kartu grafis.

kartu grafis kartu grafis Pedoman Memilih Kartu Grafis Saat Merakit Komputer Gaming kartu grafis3

  1. Perhatikan spesifikasi Graphic Processing Unit (GPU) komputer.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali GPU yang dipakai dalam komputer. GPU merupakan sirkuit yang berfungsi untuk melakukan proses render gambar yang akan ditampilkan melalui layar monitor.

Fokuskan perhatikan pada informasi terkait GPU Speed. Jika sudah melihat spesifikasi GPU speed, pilih kartu grafis dengan GPU Clock Speed yang tinggi agar kualitas grafis di perangkat komputer kalian meningkat dengan tajam.

GPU Clock Speed ini menunjukkan batasan kemampuan dari kartu grafis tersebut untuk melakukan perhitungan matematis. Semakin tinggi GPU Clock Speed, maka perhitungan matematis tadi semakin cepat sehingga proses render juga akan berjalan lebih cepat.

  1. Perhatikan jumlah core dalam kartu grafis.

Dalam memilih kartu grafis, kamu juga harus memperhatikan jumlah core GPU pada kartu grafis yang kalian beli. Semakin banyak jumlah core yang dimiliki oleh suatu GPU, maka semakin banyak fungsi yang bisa dilakukan dalam satu waktu.

  1. Pilih kartu grafis yang tak gampang panas.

Saat melakukan fungsinya, kartu grafis akan menimbulkan panas. Proses yang menimbulkan panas tersebut ditunjukkan oleh nilai TDP (Thermal Design Power).

Semakin besar nilai TDP, maka berarti semakin besar panas yang dihasilkan oleh kartu grafis. Karenanya, pilih kartu grafis dengan nilai TDP sekecil mungkin.

spesifikasi kartu grafis kartu grafis Pedoman Memilih Kartu Grafis Saat Merakit Komputer Gaming kartu grafis2

  1. Perhatikan memori kartu grafis.

Perhatikan pula memori yang dimiliki oleh kartu grafis pilihan kalian. Terdapat beberapa tipe memori kartu grafis yaitu GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5 dan GDDR5X. Semakin tinggi angka pada tulisan GDDR, maka semakin baik pula kemampuan dari kartu grafis.

Sebagai contoh, kemampuan dari GDDR5X dua kali lebih cepat daripada kemampuan GDDR5 dan GDDR5 tiga kali lebih cepat daripada GDDR3.

Selain itu, perlu diperhatikan juga soal bandwith memori kartu grafis. Bandwith pada memori kartu grafis merupakan jumlah data yang bisa diakses oleh GPU dalam satu waktu. Semakin tinggi bandwith, semakin banyak frame yang dihasilkan dalam satu detik sehingga maka semakin baik pula kualitas dari gambar yang dihasilkan.

tampilan kartu grafis kartu grafis Pedoman Memilih Kartu Grafis Saat Merakit Komputer Gaming gta 600x338

  1. Sesuaikan dengan bujet

Ini tak kalah penting. Seperti yang disebut di atas, tak semua kartu grafis berharga lebih murah mempunyai kualitas rendah. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan gaming kalian.

Saat ini, kisaran harga komponen kartu grafis yang pantas untuk sebuah komputer gaming adalah 2 – 7 jutaan. Kartu grafis dengan kisaran harga tersebut sudah bisa digunakan untuk mengolah sinyal gambar dengan baik kok.

Jika memang bujetmu pas-pasan, kami sarankan untuk menggunakan kartu grafis dengan kisaran harga 2-3 jutaan namun baru. Untuk komponen ini, sebaiknya menggunakan komponen yang baru.

Nah, sudah tahu ya pedoman memilih kartu grafis yang tepat untuk komputer gaming kamu? Kartu grafis berfungsi untuk menghadirkan pengalaman visual terbaik saat bermain game.

Itu perlu dilengkapi dengan pengalaman audio yang baik pula. Kamu bisa menggunakan perangkat headset gaming dari Rexus untuk mendapatkan pengalaman bermain game terbaik.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *