Gamer, pernahkah mengalami perangkat Bluetooth tak terdeteksi? Itu hal yang wajar karena saat ini semakin banyak produk yang menggunakan koneksi nirkabel berbasis teknologi Bluetooth. Alasannya utamanya adalah faktor kepraktisan. Dengan koneksi si Gigi Biru, pengguna gawai bisa menghubungkan perangkatnya tanpa bantuan kabel sehingga lebih ringkas, praktis, dan lebih leluasa bergerak.

Rexus pun mempercayakan koneksi pada beberapa produk headset-nya pada teknologi ini, seperti headset X1, M1, FX1, S3 Pro, dan beberapa produk lainnya. Kehadiran headset dengan konektor Bluetooth tersebut mendapat sambutan hangat dari para gamer, terutama mereka yang memainkan mobile gaming.

Sayangnya, beberapa pengguna headset Bluetooth mengalami kesulitan untuk menghubungkan (pairing) antara kedua perangkat melalui media Bluetooth. Biasanya, perangkat gadget akan secara otomatis akan mencari (searching) perangkat ber-Bluetooth terdekat yang aktif dan bisa tersambung. Namun, ada beberapa kasus yang hal itu tak terjadi.

Nah, sebelum emosi dan kemudian buru-buru membuang perangkat Bluetooth yang tak bisa dikenali oleh gadget, sebaiknya simak dulu 15 solusi berikut ini.

  1. Kamu harus memastikan kedua perangkat yang ingin disambungkan mempunyai baterai yang cukup. Bluetooth tidak menerima baterai yang lemah, dia hanya menerima yang kuat.
    Baterai Bluetooth Aman
  2. Nyalakan discoverable mode pada perangkat. Jadi nanti secara otomatis perangkat tersebut akan mencari perangkat berkoneksi Bluetooth yang ada di sekitarnya.
    Nyalakan Fitur Bluetooth Di Gadget Atau Ponsel Kalian
  3. Jika Bluetooth masih bandel tidak mau terdeteksi, reset perangkat. Cara yang paling mudah adalah dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali perangkatnya. Kalau untuk ponsel, kalian cukup mereset-nya, dengan mengaktifkan airplane mode, kemudian matikan lagi.
    Tekan Tombol Mode M Di Headphone Hingga Bunyi Bluetooth Mode On Atau Muncul Notifikasi LED Berkedip
  4. Masih gak mau terdeteksi? Matikan perangkat Bluetooth lain yang ada di sekitar untuk mempermudah pencarian dan penyambungan perangkat. Seperti saat kamu mencari pasangan yang cantik atau cakep, kamu harus mengeleminasi kompetitormu. Hehehe… Bercanda.
    Refresh Pencarian Bluetooth
  5. MASIH GAK BISA TERKONEKSI??? Jika ponsel kamu mendapat konfirmasi adanya perangkat Bluetooth tapi tetap tidak mau menerima (receiving) atau mengirim (sending) data atau lagu dari/ke perangkat tersebut, hapus nama perangkat tersebut. Cara ini berfungsi untuk menyegarkan sistem. Dalam sistem iOS, kamu bisa melakukan cara ini dengan meng-klik nama perangkat dan “Forget This Device”. Di pengaturan Android, klik nama perangkat dan kemudian “Unpair”. Setelah itu kamu cari lagi perangkatnya. Ibaratnya seperti kamu mencoba untuk lupain mantan, tapi eh… elu malah mau balik.

Baca juga: Bluetooth 5.0? Apasih Itu Dan Perbedaannya?

LANJUT KE HALAMAN KEDUA

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Coba 15 Solusi Ini […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *