posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang benar saat gaming dan bekerja sangat penting mengingat jumlah waktu yang dihabiskan gamer dan pekerja kantoran dalam posisi duduk. Maka dari itu, postur ini telah menjadi topik hangat di esports, di industri game, dan bekerja menggunakan computer secara umum. Banyak profesional kesehatan, gamer, dan organisasi berusaha untuk membawa kesadaran akan pentingnya mekanisme tubuh selama gaming atau bekerja berjam-jam.

Mungkin bagian terpenting dari duduk adalah istirahat dari duduk. Terlepas dari seberapa baik kamu mempertahankan postur, duduk juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, memposisikan postur tubuh yang baik saat gaming juga dapat menambah fokus dan pengalaman gaming yang lebih baik.

Setelah membaca ini, kami berharap kamu bisa menemukan postur gaming dan postur kerja terbaik untuk kamu.

Baca juga: Cara Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu

Posisi Duduk Yang Benar

Posisi Duduk Yang Benar Menurut esporthealthcare.com

  1. Tubuh bagian atas

Untuk mengurangi tekanan pada leher dan untuk membantu menjaga otot-otot di bahu & leher kamu santai:

Kepala: jika kamu memiliki kursi gaming, sandarkan kepala ke sandaran kepalanya.

Leher: untuk membantu membatasi nyeri leher dan sakit kepala, jaga agar kepala kamu tetap ke belakang dan dagu kamu dimundurkan sehingga telinga kamu berada pada garis bidang yang sama dengan bahu.

Bahu: hindari mengangkat bahu dan memajukan bahu kamu. Tarik bilah bahu kamu ke bawah dan ke belakang, dan sandarkan punggung kamu di sandaran kursi. Posisi ini dapat mencegah rounded shoulder.

  1. Posisi monitor

Aturan umum, ukuran layar adalah jarak yang harus kamu tempatkan monitor dari wajah kamu. Jarak dari wajah kamu, terlepas dari ukuran layar, harus tidak kurang dari 50 cm.

1/3 – 1/4 bagian atas monitor kamu harus sejajar dengan mata. Karena itu, monitor akan dimiringkan sedikit ke atas, kira-kira sebanyak 20° untuk memenuhi mata kamu.

Mengikuti aturan-aturan ini akan membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan pedoman postur pada nomor 1) tubuh bagian atas dan akan membantu mencegah kecapean pada mata!

Baca juga: Cara Gamer Menjaga Kesehatan Mata

  1. Sandaran tangan

Atur lengan kamu cukup tinggi sehingga siku tertekuk sekitar 90 derajat.

Lengan kamu harus bersandar dengan lembut pada sandaran bertumpu alih-alih disangga. Terlalu banyak tekanan dari lengan pada lengan kamu dapat menyebabkan cubital tunnel syndrome.

Jika lengan kamu tidak diistirahatkan dengan benar, kamu mungkin menggunakan otot di bahu untuk mengangkat tangan. Ini dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai mouse shoulder.

Cari tahu lebih tentang mouse shoulder dengan klik link ini.

  1. Posisi meja

Tinggi meja kamu harus cukup tinggi sehingga anda hanya dapat melihat bagian atas paha Anda.

Ketinggian meja kamu juga harus cukup rendah sehingga lengan sejajar dengan lantai dan meja. Jika meja kamu terlalu tinggi, siku atau pergelangan tangan akan tegang, berpotensi mengarah ke carpal tunnel atau cubital tunnel syndromes.

Dorong kursi kamu ke arah meja sehingga kamu cukup dekat dengan monitor dan tidak perlu bersandar ke depan, mengikuti pedoman 1) tubuh bagian atas dan 2) posisi monitor.

  1. Sandaran punggung

Jika kursi gamer kamu memiliki opsi, sandarkan sandaran kursi 90-120 derajat.

Usahakan punggung bawah ditekan ke sandaran kursi. Duduk jauh dari sandaran dapat menyebabkan posisi membungkuk.

Duduk tegak atau sedikit bersandar dapat mengambil tekanan dari punggung kamu dan akan membantu mengurangi risiko nyeri punggung dan sacroiliac joint dysfunction.

  1. Pinggul dan paha

Duduk dengan memposisikan pinggul di kursi sehingga punggung kamu menempel pada sandaran punggung.

Posisikan kedua paha sejajar dengan meja dan lantai. Duduk bersila atau tidak seimbang dapat menyebabkan kondisi seperti sacroiliac joint dysfunctionsciatica, dan nyeri punggung.

  1. Tinggi kursi, kaki dan telapak kaki

Tinggi kursi harus membuat telapak kaki kamu bersandar rata di lantai tanpa ketegangan tambahan pada kaki. Terlalu tinggi kursinya maka kaki bisa menjuntai dengan bebas. Terlalu rendah maka paha tidak akan bersandar rata di kursi. Kedua masalah dapat menyebabkan sacroiliac joint dysfunctionsciatica dan nyeri punggung

Lutut harus tertetekuk sekitar 90 derajat.

Memang bermain game atau bekerja bisa membuat kamu lupa waktu. Tapi, justru itulah yang dapat mendatangkan beragam macam penyakit. Selalu ingat untuk mengistirahatkan tubuh kamu setiap 1 jam selama 5 menit, minum air dan melakukan peregangan tubuh. Setelah itu, kamu dapat kembali ke posisi duduk terbaik kamu dengan kondisi lebih segar dan lebih baik untuk menjalankan aktivitas kamu, gaming ataupun bekerja.

Baca Juga: 10 Aturan Sehat Ala Gamers

4 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] biasanya terjadi karena duduk kelamaan dan ditambah dengan posisi duduk yang salah. Baca tips posisi duduk terbaik kami untuk mengurangi risiko […]

  2. […] Baca juga: Posisi Duduk Yang Benar Untuk Gamer Dan Pekerja Kantoran […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *