Gamer, bermain game di ponsel dan PC sih sudah biasa. Tapi, bagaimana jika kamu memungkinkan untuk bermain game di televisi kamu? Bisa terbayangkan bukan, jika kamu memiliki televisi lebih dari 50 inch, pasti bakal mantap kali ya.

Sebenarnya, hal itu sangat mungkin karena saat ini banyak televisi pintar (smart TV) yang sudah dilengkapi OS (Android) sehingga kamu bisa langsung bermain di dalam aplikasi yang ada di TV. Jadi, bukan hanya sebagai layar, smart TV langsung bisa digunakan untuk bermain.

Jika hal tersebut masih terlalu canggih, kamu tetap bisa menggunakan televisi sebagai layar untuk memperbesar tampilan game kamu kok. Cara ini sudah banyak kita lakukan, bukan? Kita tinggal mengoneksikan perangkat gaming dengan konektor tertentu sehingga tampilan bisa tayang di layar televisi.

Lebih dari itu, masih banyak cara ataupun metode lain yang bisa digunakan untuk memanfaatkan televisi sebagai media gaming. Apa saja metode tersebut? Yuk. simak ulasannya.

bermain video game di televisi game Ragam Metode Main Game di TV. Nomor 3 Paling Asyik bermain video game 600x400

1. Koneksikan dengan gawai, memakai HDMI

Kita mulai dengan metode yang paling sederhana, yaitu dengan mengonesikan televisi ke perangkat lain dengan kabel HDMI.  Kabel ini harganya cukup terjangkau sehingga bisa menjadi alternatif bagi yang tidak memiliki Android Smart TV maupun Google Chromecast.

Namun, perlu diingat jika cara ini hanya bisa digunakan untuk TV yang sudah memiliki port HDMI.  Selain itu, perangkat atau ponsel harus mendukung teknologi MHL ya.

2. Menggunakan Miracast

Metode main game di TV juga bisa dilakukan dengan mengoneksikan televisi ke teknologi konektivitas yang disebut Miracast. Syaratnya, televisi kamu adalah smart TV atau internet TV yang sudah memiliki teknologi pendukung seperti WiFi Direct.

Smartphone atau tablet yang sudah mendukung cara ini adalah perangkat Android di atas 4.4, sehingga bisa digunakan pada sebagian besar smartphone terbaru. Cukup mengaktifkan fitur Miracast di smartphone, kemudian secara otomatis smartphone akan mencari perangkat pendukungnya.

Masukkan kode PIN yang muncul di TV dan secara otomatis, maka tampilan smartphone sudah bisa muncul pada layar TV. Apapun aplikasi yang dijalankan di smartphone, maka akan langsung ditampilkan di TV secara real time.

Gamepad Wireless Rexus GX100 game Ragam Metode Main Game di TV. Nomor 3 Paling Asyik GX100 01 Artwork 1030x579

Foto: Gamepad Wireless Rexus GX100

3. Menggunakan Gamepad dan Smart TV Android

Sesuai namanya, alat ini memiliki sistem operasi Android seperti yang digunakan pada smartphone atau tablet. OS tersebut sudah tertanam di dalam televisi sehingga pengguna bisa melakukan beragam aktivitas komputerisasi layaknya ponsel langsung di televisi tersebut, termasuk bermain game.

Hal tersebut membuat alat ini mampu mengunduh berbagai aplikasi seperti game dan memainkannya secara langsung seperti di smartphone biasa. Hanya saja untuk menggunakan smart TV ini dibutuhkan gamepad yang berfungsi untuk mengontrol karakter yang ada dalam game tersebut.

Salah satu gamepad yang kompatibel adalah Rexus GX100. Gamepad nirkabel ini dilengkapi dengan tombol eccentric 360, dual vibrator, teknologi RF non-latency, tombol Turbo, dan banyak fitur lain yang mendukung permainan. Kini, gamepad ini juga hadir dalam pilihan warna putih yang keren.

4. Menggunakan Aplikasi Google Home

Cara ini bisa dilakukan dengan  memenfaatkan jaringan WiFi. Cukup pastikan perangkat Android yang dimiliki dan TV sudah terkoneksi dalam satu jaringan WiFi yang sama.

Buka aplikasi Google Home lalu masuk menggunakan akun Google yang dimiliki. Pilih menu Mirror Device lalu tunggu hingga nama TV muncul di perangkat Android tersebut. Selanjutnya, pilih Cast Screen or Audio. Setelahnya, TV secara otomatis akan tersambung ke perangkat Android tersebut.

Buka aplikasi game yang ada di perangkat Android seperti biasa. Layar TV akan berperan untuk menampilkan visual permainan game sedangkan smartphone tetap digunakan sebagai kontroler.

main game dengan menggunakan gamepad game Ragam Metode Main Game di TV. Nomor 3 Paling Asyik gamepad 600x378

5. Menggunakan Chromecast

Chromecast adalah alat khusus untuk menyambungkan smartphone Android ke TV yang dikembangkan langsung oleh Google untuk memutar konten berupa audio ataupun video.

Kamu cukup menghubungkan Chromecast dengan TV menggunakan kabel HDMI. Pastikan TV dan smartphone sudah terhubung dengan WiFi yang sama kemudian buka aplikasi Google Home di smartphone.

Masuk dengan akun Google dan pastikan telah terkoneksi dengan Chromecast. Tekan opsi Local Device untuk mencari TV yang telah terhubung dengan Chromecast tadi kemudian pilih Device Setting. Jika TV sudah terkoneksi dengan akun Google, maka smartphone sudah bisa terhubung dan digunakan untuk menampilkan berbagai game.

6. Layanan Cloud Gaming

Cloud gaming adalah layanan yang memungkinkan pelanggannya mengoleksi game, menyimpannya di Cloud, dan memainkannya langsung di berbagai perangkat, termasuk TV. Agar bisa memainkannya, kamu tentu membutuhhkan koneksi internet.

Agar bisa memainkan game di TV dengan layanan Cloud gaming ini, kamu harus berlangganan di provider telekomunikasi yang menyediakan layanan ini dan mendapatkan perangkat khusus yang biasanya diberikan oleh perusahaan penyedia cloud gaming. Alat tersebut biasa disebut sebagai Set Top Box (STB).

Kamu tidak perlu hard disk untuk menyimpan game tersebut. Hanya perlu membayar biaya bulanan saja, maka puluhan hingga ratusan game terbaru bisa dimainkan tanpa ada biaya tambahan. Salah satu penyedia layanan cloud gaming di Indonesia adalah GameQoo dari IndiHome.

Beberapa metode main game dengan memanfaatkan televisi di atas tentunya harus kalian sesuaikan dengan bujet dan kemampuan televisi yang kalian miliki sekarang. Jika TV kamu mendukung, tidak ada salahnya kamu menikmati sensasi main game yang visualisasinya lebih realistis dan detil.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *