Gamers, beberapa waktu lalu, kami pernah mereview keyboard gaming Rexus Fortress K9 TKL. Keyboard minimalis Ten Key Less ini menarik perhatian kami karena bentuknya minimalis dan modern. Nah, sekarang kami kembali tertarik untuk mencoba seri K9 dari Rexus.

Seri K9 sepertinya menjadi signature tersendiri buat Rexus. Setelah seri K9 pernah menjadi idola sekitar 2 tahun lalu, kemudian muncullah saudaranya ini, yaitu K9RGB. Saat kami cek di Youtube, Rexus K9RGB juga langsung booming.

Makin penasaran donk me-review produk ini. Setelah beberapa waktu, baru kali ini kami berkesempatan untuk mereviewnya. Alasannya sih sederhana banget, mumpung Rexus Fortress K9RGB sedang  diskon lumayan gede. Bisa dicek di shop.rexus.id.

Bentuk Kotak Minimalis

Saat memegang kotak ketik berukuran 44 x 136 x 40mm ini, kami merasa bentuknya tak begitu berbeda dengan produk K9 lain.

Seri K9 memang mengusung bentuk sederhana. Tidak ada pernak-pernik atau bentuk “sok” futuristik yang malah terkesan berlebihan.

Dibanding seri Rexus MX, tentu saja bobot keyboard ini tak terlalu berat, hanya sekitar 860g. Meski tak begitu berat, saat menapak di meja, keyboard ini terasa mantap. Bobot yang ringan itu beralasan karena keyboard ini tidak dilengkapi dengan materi metal sedikitpun.

Hampir 80 – 90% materialnya terbuat dari plastik. Namun, jangan kuatir, materi plastik yang digunakan pada keyboard ini juga bukan plastik sembarangan. Sesuai standar bahan pembuat komponen elektronik, plastik yang banyak digunakan adalah plastik jenis Acrylonitrile butadiene styrene (ABS).

Dari segi material, keyboard ini memang tak begitu istimewa. Tapi, begitu mencolokkan tombol USB-nya ke  komputer yang menyalakan lampu LED di dalamnya, tampak bahwa keyboard ini memang mau menonjolkan LED RGB yang dibenamkannya.

 

LED RGB Hingga 16 Juta Spektrum Warna

Battlefire K9 RGB

Apakah maksud LED RGB? Itu adalah singkatan dari Red, Green, dan Blue. Artinya, dalam satu lampu LED RGB, terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru.

Lampu LED RGB dapat membentuk ribuan hingga jutaan warna. Bahkan, diklaim bahwa lampu LED RGB dapat membentuk 16 juta spektrum warna! Kemampuan ini sering disebut dengan istilah videotron atau megatron.

Dengan kemampuan warna sebanyak itu, maka spektrumnya bisa dilihat dari berbagai sudut. Dengan 9 mode spektrum mode, warna yang dihasilkan dari deretan switch Fortress K9RGB akan lebih menarik.

 

Fitur Audio Mode Maksimalkan RGB

K9RGB

Sadar dilengkapi oleh deretan LED RGB, keyboard ini tak mau menyia-nyiakan kekuatannya itu. Karenanya, keyboard ini juga mengusung audio mode.

Audio mode yang dimaksud bukan berarti keyboard tersebut bisa mengeluarkan suara, tapi keyboard K9RGB mempunyai sensor audio yang bisa mendeteksi suara atau music yang sedang dimainkan di komputer sehingga pancaran LED RGB keyboard akan mengikuti ritme ketukan atau beat musik tersebut.

Saat kamu menyetel musik dengan beat cepat, seperti EDM, maka pendaran LED akan menyala cepat. Sebaliknya, jika yang diputar adalah musik dengan tempo yang lambat, maka pendaran cahaya akan jadi smooth dan menenangkan. Keren!

Kami pun mencoba dengan memainkan lagu mellow Desember, milik Efek Rumah Kaca. Efeknya, cahaya LED keyboard ini pun akan mengikuti alunan lagu yang melodik. Pas banget untuk menemani bekerja, apalagi saat hujan turun di luar.

 

Fitur Lengkap untuk Sebuah Keyboard “Kere Hore”

K9RGBTak hanya soal  LED RGB dan fitur Audio Mode, keyboard yang saat promo ini hanya dibanderol Rp255.000 ini, juga termasuk salah satu keyboard yang “murah hati”. Banyak fitur-fitur lain yang dibenamkan  di dalamnya.

Fitur tersebut antara lain adalah 19 tombol anti-ghosting yang dapat ditekan bersamaan dan tidak menimbulkan efek “sticky-keys”, fitur ultra polling-rate hingga 1000Hz yang dapat menyetorkan sinyal ketukan tombol secara sangat cepat ke komputer, dan daya tahan tombol hingga 6 juta kali ketukan.

Soal tombol, meski bukan real mechanic, tombol Rexus Fortress K9RGB mengadopsi tingkat ketukan berkekuatan 45 gram. Tingkat kekuatan kekuatan itu setara dengan yang diperlukan untuk mengetuk Cherry MX blue switch atau brown switch. Jadi, meski bukan Cherry MX blue switch atau brown switch, kalian bisa menemukan sensasi ketukan yang mirip saat bermain dengan keyboard mekanikal murni.

Dengan semua fitur yang dibenamkan di dalamnya, kami berkesimpulan bahwa adalah pantas dan selayaknya keyboard Rexus Fortress K9RGB  menjadi salah satu idola merek Rexus.

7 replies
  1. lala
    lala says:

    halo.. sya mau tanya apakah kita bisa me-lock profile rgb yang sudah dipilih (contoh saya pilih profile no.5)..
    karena jika pc di restart/ dimatikan profile rgb pasti langsung mereset ke profile no.1..

    terima kasih.

    Reply
  2. Rexus Officer says:

    Untuk melepasnya, memang dibutuhkan usaha sedikit nih. Tidak ada alat pencabut yg diberikan seperti pada keyboard mekanikal.

    Reply

Trackbacks & Pingbacks

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *