huawei os

Duopoli sistem operasi Android dan IOS sepertinya bakal segera tergoyahkan dengan munculnya OS baru besutan Huawei. Dilasir dari engadget.com, pada konfrensi pers (9/8) di Dongguan, China lalu, Huawei resmi memperkenalkan Harmony OS.

Operating System milik Huawei tersebut nantinya akan diproyeksikan lebih cepat dan aman dari pada Operating System Android. Sistem operasi yang sebenarnya mulai dikembangkan pada awal 2017 ini merupakan OS microkernel yang mirip dengan OS Fuchsia yang pernah jadi eksperimen Google.

huawei os

Foto: Engadget.com

CEO dari Huawei, Richard Yu, menjelaskan bahwa dengan desain microkernel, Harmony OS lebih aman dan cepat. Keamaman Microkernel tersebut terjamin oleh adanya sistem pengapengamanan ganda. Selain itu, Harmony OS juga menawarkan beberapa peningkatan kinerja nantinya. Ke depannya Harmony OS akan menampilkan “Deterministic Latency Engine” yang berfungsi untuk mengatur sumber daya sistem.

Huawei menargetkan tahun depan akan merilis Harmony OS 2.0 dan versi 3.0 pada tahun 2021 mendatang. Selain itu Huawei juga mengklaim bahwa Harmony OS lebih baik kinerjanya 5 kali lipat dibandingkan dengan OS Fuchsia milik Google.

huawei os

Dalam tahap sekarang ini, Harmony OS akan lebih fokus dahulu untuk perangkat Internet of Thing (IoT) atau perangkat cerdas berbasis internet, perangkat tambahan yang dapat dikenakan, perangkat speaker, dan perangkat elektronik pada mobil.  Harmony OS juga akan bekerjasama dengan salah satu merek TV pintar, kaca mata VR, dan tentu saja, ponsel pintar.

Jadi, ke depan, Harmony OS juga bakal menjadi “otak” bagi berbagai game dalam ponsel kalian. Semua hanya masalah waktu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *