Gamer, tahukah kamu perbedaan antara headphones, headset, dan earphones? Bagi yang sudah tahu, tentu kalian bisa dengan mudah mengetahui karakteristiknya dan kemudian membelinya sesuai dengan kebutuhan multimediamu. Sayangnya, tidak sedikit yang belum mengetahuinya sehingga tak jarang mereka kecewa setelah membeli perangkat pengeras suara ini.

Masing-masing jenis pengeras suara ini mempunyai karakter tersendiri sehingga tidak bisa disama ratakan, meski semuanya sama-sama memproduksi sinyal suara dari gadget atau perangkat pemutar musik. Agar tak asal beli, yuk kita kenali masing-masing, termasuk karakteristik dan kesesuaian dengan penggunaannya.

Headset

Kita mulai dari perangkat yang disebut headset. Bentuknya mirip dengan headphones. Sebagai gamer, istilah “headset” sering kita dengar karena hampir semua permainan gim online menggunakan perangkat ini.  Secara mudah, headset diartikan sebagai perangkat headphones yang ditambahi dengan komponen mikrofon.

Fungsi: Penambahan komponen mikrofon pada sebuah headphones akan membuat perangkat pengeras suara ini berubah menjadi perangkat multimedia yang dapat menerima panggilan telepon atau digunakan untuk berkomunikasi dua arah dengan sesama pemain gim.

Karakteristik: Karakteristik headset cenderung mengutamakan soal kedetilan suara untuk memfasilitasi kebutuhan komunikasi lewat suara. Headset juga biasa dilengkapi teknologi surround untuk menghasilkan efek sinematis dan realistis saat digunakan untuk bermain gim, seperti Rexus HX2, Rexus HX5, ataupun Rexus HX10.

Cocok untuk: Headset sangat ideal untuk komunikasi voice over IP dengan layanan seperti Skype, berinteraksi dengan sistem telepon, bermain game online dengan komunikasi suara, dan banyak lagi.


Headphones

Headphones sebenarnya merupakan cikal bakal dari berbagai perangkat pengeras suara personal yang ditempelkan pada telinga. Dalam artian yang paling sederhana, headphones adalah dua speaker stereo yang digunakan untuk mendengarkan musik. Bentuk headphones biasanya berupa kubah yang menutup seluruh permukaan telinga.

Fungsi: Saat mendengarkan musik melalui speaker konvensional, musik akan didengarkan secara bersama-sama. Sedangkan dengan menggunakan headphones, musik dapat diakses secara pribadi. Itu dilakukan dengan mengganti kotak speaker menjadi dua buah dome speaker yang melingkupi telinga.

Karakteristik: Pada dasarnya, karakteristik headphones adalah stereo, yaitu memproduksi suara dari dua kanal kanan dan kiri. Agar dapat menggelontorkan suara secara optimal, headphones mempunyai driver yang dapat bergetar dengan rentang frekuensi standar dari 20  – 20.000Hz. Beberapa headphones bahkan dapat “membaca” sinyal rendah hingga sekitar 15 – 16Hz.

Cocok untuk: Fungsi utama headphones adalah untuk mendengarkan musik. Karenanya, banyak headphones yang sudah dilengkapi dengan teknologi noise cancelling atau noise reduction. Tujuannya adalah agar suara musik yang didengar dapat secara fokus diakses oleh telinga pendengar.

Macam: Berdasarkan bentuk dan ukuran earpad, ada headphone on hear yang posisinya menjepit daun telinga dan headphones over ear yang melingkupi telinga secara keseluruhan. Berdasarkan bentuk dome, ada close back headphones yang menutup telinga secara utuh dan open back headphones yang terbuka bagian belakangnya sehingga suara yang dihasilkan bisa terdengar keluar.

 

Earphones
Segi kepraktisan mendasari kehadiran earphones. Setelah berhasil menghadirkan sensasi speaker stereo yang praktis dalam sebuah headphones, teknologi menghadirkan headphones yang makin praktis dalam bentuk earphones. Jika headphones menggunakan bando untuk melekatkan dome speaker-nya di telinga, maka earphones menggunakan sepasang spatula yang akan menempel sendiri dalam rongga telinga.

Fungsi: Kegunaan earphones adalah untuk mendengarkan musik secara intensif sambil beraktivitas di luar ruangan. Bentuknya yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana membuatnya sangat cocok dikoneksikan dengan ponsel ataupun perangkat pemutar musik portable.

Karakteristik: Dimasukkan ke dalam saluran telinga, earphone memberikan koneksi yang lebih langsung ke sumber suara. Suara yang dihasilkan adalah dengan menggetarkan sedikit udara di dalam kanal pendengaran pendengar.

Macam: Secara garis besar, ada dua macam earphones berdasarkan bentuknya, yaitu earphones yang menggunakan earbud dan in earphones. In earphones menggunakan sejenis silikon untuk masuk lebih dalam lagi ke lubang telinga sehingga suara yang dihasilkan lebih fokus dibandingkan dengan earbud.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *