Mouse gaming rexus mouse Sensor Mouse Pixart, Komponen Utama Mouse Gaming Paling Terkenal Saat Ini MG 2656 180x180

Mouse gaming rexus mouse Sensor Mouse Pixart, Komponen Utama Mouse Gaming Paling Terkenal Saat Ini MG 2656 300x200

Gamer, dalam sebuah mouse gaming, sensor menjadi komponen utama yang berguna untuk mengatur gerakan kursor. Salah satu merek sensor yang terkenal saat ini adalah sensor mouse Pixart. Sensor besutan negeri Taiwan ini mulai berkembang dan menguasai dunia sensor optik, terutama untuk industri mouse gaming yang sangat bertumpu pada kualitas sensor.

Kualitas Mouse Tergantung Sensor

Peranan sensor pada mouse gaming tak terbantahkan lagi. Tanpa sensor, mouse tidak bisa membaca permukaan sehingga tidak menghasilkan gerakan pada kursor di layar komputer. Sensor layaknya mata yang bertujuan untuk melihat.

Cara kerja sensor mouse sederhana, yaitu dengan memancarkan cahaya ke bawah untuk menerangi bidang datar dan dalam waktu bersamaan dipantulkan ke sensor. Sensor itu kemudian akan membaca titik-titik yang terkena cahaya LED untuk kemudian diteruskan ke chipset dalam bentuk DPI.

Sebagai penerima pantulan titik cahaya, kualitas dan sensitivitas sensor sebuah mouse sangat berpengaruh. Apalagi, untuk sebuah gaming mouse yang bekerja dalam durasi tinggi, gerakan yang sangat cepat, dan pemetaan titik yang sangat banyak.

mouse Sensor Mouse Pixart, Komponen Utama Mouse Gaming Paling Terkenal Saat Ini mouse3 300x216

Sensor Cahaya

Prinsip kerja sensor mouse menggunakan optoelectronic sensor, yaitu sensor gerakan dengan memanfaatkan cahaya yang kemudian diterima oleh sebuah kamera video beresolusi rendah. Sensor mouse optik generasi awal hanya dapat memetakan pantulan cahaya yang dikenakan pada bidang datar. Seiring perkebangan jaman, sensor mouse optik makin bisa membaca pantulan cahaya dari bermacam permukaan bidang.

Tak hanya permukaan yang kasar, sensor mouse optik modern pun makin bisa membaca pantulan cahaya pada bidang yang kotor, bahkan saat digunakan secara cepat dan dalam gerakan yang tak beraturan.

Inilah yang kemudian menginspirasi para produsen gaming mouse untuk menciptakan mouse yang sensitif, handal, dan dapat memetakan berbagai permukaan untuk menghasilkan gerakan kursor yang cepat dan stabil.

mouse Sensor Mouse Pixart, Komponen Utama Mouse Gaming Paling Terkenal Saat Ini sensor1 300x191

Pixart, Merek Sensor Paling Menonjol 

Dalam dunia sensor mouse, merek satu ini tak bisa dianggap remeh lagi. Bahkan, saat, ini Pixart menjadi salah satu merek produk sensor yang paling banyak digunakan produsen mouse-mouse berkualitas tinggi, termasuk Rexus.

Sensor Pixart merupakan salah satu produk dari PixArt Imaging Inc, sebuah perusahaan sensor CMOS yang berdiri sehak Juli 1998 di Hsin-chu, Taiwan. Seiring waktu, kemampuan chipset Pixart makin diperhitungkan, termasuk karena harga produksinya yang relatif terjangkau.

Terjangkau bukan berarti tak berkualitas. Buktinya, beberapa produsen gaming mouse kenamaan membenamkan sensor ini di gaming mouse-nya. Seri Elite Razer yang melegenda sejak 2014 memilih menggunakan sensor Pixart seri PMW-3366 untuk komponen pengindranya. Begitu pula Pixart seri PMW3389 yang banyak dilekatkan di beberapa gaming mouse kelas atas yang digunakan oleh tipe mouse Rexus yang akan segera dirilis.

mouse Sensor Mouse Pixart, Komponen Utama Mouse Gaming Paling Terkenal Saat Ini rx108 03 300x212

Pembunuh Raksasa Avago

Keberadaan Pixart memang sudah jadi ancaman besar buat raksasa dunia sensor Avago. Merek chipset sensor ini memang sudah mendunia.  Avago Technologies adalah perusahaan hardware dan semikonduktor yang berasal dari Singapura yang sudah berdiri sejak 57 tahun yang lampau. Sejak 2016, Avago mengakuisisi perusahaan semikonduktor Amerika, Broadcom, dan berubah nama menjadi Broadcom Limited yang berkantor pusat di San Jose, California, AS.

Benar! Asia mulai mengekspansi dunia. Itu terbukti sejak sekitar setahun yang lalu, Pixart mengakuisisi produsen sensor dan semi konduktor Avago sehingga saat ini kita tidak lagi menemukan mouse yang menggunakan sensor Avago melainkan Pixart Avago, dengan dengan seri sesuai bawaan Pixart, PMW.

Sensor Pixart sudah dipakai oleh mouse Rexus. Tercatat, seri yang menggunakan sensor ini adalah mouse tipe RX107, RX109, RX110, S5 Aviator, RX108, dan beberapa tipe mouse office, seperti Rexus Q10 dan Q20. Kebanyakan dari tipe itu adalah mouse wireless karena diyakini bahwa sensor Pixart efisien dalam asupan daya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *