windows 10 Solusi Aplikasi Perangkat Gaming Tidak Bisa Dibuka di Windows 10 hx20 3 600x600

Gamer, ada beberapa perangkat gaming yang dilengkapi dengan aplikasi atau perangkat lunak, seperti mouse macro Arsa, headset gaming Rexus HX20, hingga gamepad Rexus GX1 ataupun GX2. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mendukung fitur macro, surround, ataupun sebagai driver agar perangkat dapat dikenali oleh komputer.

Sayangnya, aplikasi ataupun perangkat lunak tersebut banyak yang tidak bisa dikenali atau bahkan tidak dikenali oleh komputer berplatform OS Microsoft Windows 10. Padahal, versi terbaru Windows ini banyak digunakan oleh para pengguna PC. Beberapa pengguna perangkat gaming Rexus yang menggunakan perangkat lunak juga mengalami kendala setelah meng-upgrade Windows komputernya ke Windows 10 ini.

windows 10 Solusi Aplikasi Perangkat Gaming Tidak Bisa Dibuka di Windows 10 windows10 600x386

Kendala Aplikasi di Windows 10

Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya dalam artikel berbeda, Windows 10 memang sedikit unik karena tidak mudah menyinkronkan dengan beragam driver dan aplikasi tambahan. Berikut beberapa kendala yang sering ditemukan saat kita ingin mengoneksikan driver perangkat gaming dengan Windows 10:

  1. Tidak bisa install, download, dan update aplikasi Windows 10

Masalah muncul saat kita tidak bisa download dan update aplikasi dari Microsoft Store di Windows 10. Penyebabnya karena cache yang rusak, atau ada registry entry yang korup.

  1. Aplikasi tidak bisa Run as administrator

Dalam keadaan normal, setiap aplikasi di Windows 10 bisa kita jalankan dengan akses administrator. Caranya dengan klik kanan lalu pilih Run as administrator. Tapi jika terjadi masalah maka aplikasi tidak bisa dibuka saat kita jalankan dengan akses administrator.

  1. Aplikasi tidak bisa dibuka setelah update Windows

Aplikasi di Windows 10 juga terkadang tidak bisa dibuka setelah kita melakukan update. Hal ini bisa terjadi karena masalah kompatibilitas atau karena ada bug.

  1. Aplikasi tidak bisa dibuka dari taskbar

Masalah ini muncul ketika kita ingin membuka aplikasi dari shortcut yang ada di taskbar. Saat diklik aplikasi tidak mau terbuka. Masalah ini biasanya sering muncul pada mereka yang menggunakan setup dua monitor.

  1. Aplikasi tidak muncul sama sekali setelah dibuka

Masalah ini bisa disebabkan karena kompatibilitas atau karena file aplikasi yang korup atau rusak. Saat diklik dua kali aplikasi tidak mau launch dan tidak merespon sama sekali. Atau, terkadang saat kita cek via task manager prosesnya berjalan di sana, hanya saja aplikasinya tidak terbuka. Bisa juga diiringi dengan munculnya pesan This app can’t run on your PC atau This app can’t open.

  1. Aplikasi Windows 10 stopped working

Aplikasi sudah bisa dibuka dan sudah kita pakai selama beberapa saat, namun di tengah jalan aplikasi tiba-tiba berhenti. Di bagian bar atas akan muncul keterangan not responding atau has stopped working.

windows 10 Solusi Aplikasi Perangkat Gaming Tidak Bisa Dibuka di Windows 10 background arsa 1 600x338

Solusinya

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi aplikasi perangkat gaming yang tidak bisa dibuka di Windows 10.

  1. Ganti ownership dari drive C

Aplikasi yang tidak bisa dibuka di Windows 10 bisa disebabkan karena masalah ownership. Untuk mengatasinya kita harus mencoba untuk menggantinya.

Caranya: Buka Windows Explorer > Pilih direktori This PC > Klik kanan pada drive C > Pilih properties > Masuk ke tab Security > Klik Advanced pada bagian bawah > Cari opsi Owner lalu klik Change > Masuk ke menu User or Group Window lalu klik Advanced > Klik tombol Find Now, pilih Administrator lalu klik OK > Ceklis pada opsi Replace owner on subcontainer and objects > Klik OK

  1. Update aplikasi yang tidak bisa dibuka

Aplikasi yang sudah lama juga bisa menyebabkannya tidak bisa dibuka. Bisa jadi karena sudah tidak kompatibel lagi dengan versi Windows 10 yang dipakai. Satu-satunya cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan update ke versi terbaru. Kalau yang tidak bisa dibuka itu adalah aplikasi bawaan dari Microsoft Store maka coba dulu update aplikasinya.

  1. Instal ulang aplikasi

Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 10 yang selanjutnya adalah instal ulang aplikasi, maksudnya kita hapus dulu aplikasi yang lama lalu install lagi versi terbarunya. Untuk memastikan tidak ada file yang tertinggal, maka kita bisa menggunakan aplikasi uninstaller, seperti CCleaner atau Revo Uninstaller.

Aplikasi tersebut bisa membantu kita membersihkan file-file sisa yang masih tertinggal dari aplikasi yang dihapus. Setelah uninstall dan memastikan file-file sisa sudah dibersihkan restart dulu komputernya, setelah itu coba install lagi aplikasi dengan versi yang terbaru.

  1. UpdateWindows 10

Windows 10 adalah OS seri terakhir yang diproduksi oleh Microsoft, OS ini tidak akan naik serinya tapi akan selalu ditingkatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Itulah mengapa Windows 10 selalu mendapatkan update secara rutin setiap minggu dan setiap bulan.

Update Windows 10 secara berkala merupakan hal yang cukup penting untuk menjaga sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya tetap berjalan dengan lancar, mendapatkan fitur-fitur terbaru, dan untuk menutup celah keamanan serta bug yang mungkin menyebabkan masalah di komputer kita.

Cara update Windows 10 sangat mudah, ketik “update” pada search bar lalu pilih Check for updates. Setelah masuk ke menu Windows Update klik tombol Chek for updates, tunggu hingga proses download dan install selesai. Setelah itu restart komputer.

  1. Reset cache Microsoft Store

Untuk mengatasi aplikasi bawaan Windows 10 dari Microsoft Store yang tidak bisa dibuka, kita bisa coba untuk mereset cache Microsoft Store. Hal ini bertujuan untuk menghapus file cache yang rusak atau korup dan mengembalikan settingan Micorosoft Store ke default.

Caranya: Masuk ke menu Apps & Features dengan mengetik apps (tanpa tanda kutip) di kolom search bar, lalu klik pilihan Apps & Features > Tarik ke bawah, cari aplikasi bernama Microsoft Store > klik satu kali > lalu pilih Advanced options > Cari menu Reset, lalu klik satu kali. Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu restart komputer. Coba lagi jalankan Microsoft Store, login ulang dengan akun Microsoft yang lama.

  1. Pastikan Application Identity service berjalan

Aplikasi di Windows 10 tidak bisa dibuka bisa juga disebabkan karena Application Identity service berhenti. Untuk itu maka kita perlu memastikan apakah service ini dalah keadaan Running.

Caranya masuk ke Windows services dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik: services.msc > tekan enter. Setelah masuk ke jendela Windows services, cari services yang bernama Application Identity > lalu klik 2 kali. Setelah itu restart komputernya, dan coba lagi jalankan aplikasi yang tadi tidak bisa dibuka.

Cara tersebut tentunya bisa kamu coba saat menemukan kendala aplikasi dan software perangkat gaming Rexus kamu tidak bisa dijalankan di Windows 10.  Selamat mencoba!

Tips dan trik ini disarikan dari sumber ini.  

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *