capture card Solusi Capture Card Rexus HD100 No Signal Atau Tak Terdeksi Banner HD100 1920x1080 600x338

Gamer, untuk menyeting capture card seperti Rexus HD100 bukanlah hal yang gampang, tapi juga tak sesulit yang kita kira. Beberapa permasalahan yang mungkin alami bukan karena produk rusak atau perangkat yang kita koneksikan dengan Rexus HD100 tak berfungsi, tetapi lebih karena proses penyambungan kita kurang tepat.

Seperti kita ketahui, ada beberapa komponen yang harus kita sambungkan secara bersamaan saat kita hendak streaming dengan menggunakan capture card. Permasalahan yang paling sering dialami di awal adalah perangkat tidak terdeteksi di komputer yang ditandai dengan notifikasi “No Signal”.

Untuk mengatasi permasalahan itu, ada beberapa langkah yang bisa dicoba, sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat sumber dalam keadaan hidup

Perangkat sumber yang dimaksud adalah ponsel, konsol, kamera, atau dari computer. Sedapat mungkin koneksikan capture card dengan kabel langsung ke perangkat tersebut, tanpa melalui hub atau sambungan lain. Jika menggunakan converter, pastikan converter berfungsi dengan baik karena dapat berefek ke kualitas gambar.

Rexus HDMI RCC 31 capture card Solusi Capture Card Rexus HD100 No Signal Atau Tak Terdeksi Thumbnail Features RexusHDMI RCC31 01 300x147

  1. Pastikan perangkat terkoneksi sesuai dengan fungsi colokan

Rexus HD100 adalah capture card yang mempunyai port HDMI input dan port HDMI output. Colokkan kabel HDMI sesuai dengan fungsinya. Ada empat lubang colokan atau port yang tersedia di dalam capture card Rexus HD100.

  • HDMI Input: Lubang colokan untuk konektor dari perangkat sumber (HP, kamera, PC, konsol).
  • HDMI Output: Lubang colokan untuk konektor HDMI ke PC.
  • USB 3.0 Type C: Lubang colokan untuk konektor Type C untuk ke PC/Mac/laptop.
  • 5mm Output: Lubang colokan jack 3.5mm untuk output audio.
  1. Pastikan fitur HDCP pada perangkat sumber tidak aktif

High-bandwidth Digital Content Protection (HDCP) adalah sistem proteksi copy digital yang sudah umum digunakan dalam perangkat yang menggunakan platform koneksi DisplayPort, DVI atau HDMI connections. Fungsi HDCP adalah untuk menangkal perekaman ilegal. Dalam proses menangkap sinyal gambar, HDCP akan menghalangi capture card merekam dari perangkat sumber sehingga harus dinonaktifkan dulu atau menggunakan perangkat sumber yang tidak dilengkapi dengan HDCP.

  1. Copot-pasang kabel HDMI

Kabel yang tidak terkoneksi dengan benar pada perangkat sumber dan port capture card jadi sumber masalah yang menyebabkan koneksi antara keduanya terhalang. Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mencopot dan memasangkannya kembali.

  1. Gunakan kabel HDMI berkualitas

Seringkali masalah tidak ada sinyal dan kualitas gambar yang tidak bagus saat streaming disebabkan oleh kabel HDMI yang kurang berkualitas. Seperti kita tahu, kabel HDMI memiliki beragam tingkat kualitas dengan kecepatan transfer data yang berbeda. Untuk capture card Rexus HD100, pastikan kamu menggunakan kabel HDMI bawaan atau kabel HDMI Rexus.

Sebagai referensi, sinyal video 4K60 HDR, dengan resolusi 1440p 144Hz dan 1080p 240Hz membutuhkan kabel HDMI premium berkecepatan tinggi dengan kemampuan transfer bandwith hingga 18Gbps. Selain itu, untuk mendapatkan hasil maksimal, dibutuhkan pula kabel HDMI 2.0. Menggunakan kabel HDMI berkualitas rendah dapat menyebabkan layar blank, gambar patah-patah, atau terjadinya distorsi pada gambar.

capture card Solusi Capture Card Rexus HD100 No Signal Atau Tak Terdeksi Thumbnail Features RexusHDMI 02 300x147

  1. Sesuaikan resolusinya

Jika capture card menangkap sinyal atau resolusi yang tak sesuai dengan spesifikasinya, maka alat itu secara otomatis tidak akan menampilkan gambar pada layer. Capture card HD100 sesuai untuk resolusi video input 4K dalam FPS 30Hz untuk menghasilkan video Full HD 1080 dalam FPS 60Hz.

capture card Solusi Capture Card Rexus HD100 No Signal Atau Tak Terdeksi Thumbnail Features RexusHDMIEthernet 01 300x147

  1. Sesuaikan panjang kabel HDMI

Kabel HDMI dijual dalam beberapa ukuran. Untuk resolusi 1080p60, dianjurkan untuk menggunakan kabel HDMI dengan panjang maksimal 8 meter, untuk meminimalkan penurunan kualitas gambar dan suara yang dihasilkan.

Semakin panjang kabel HDMI, semakin turun kualitas gambarnya. Karenanya, jika sinyal tak terdeteksi atau gambar berkedip, coba gunakan kabel HDMI yang lebih pendek atau kurangi resolusi video dalam frame rate.

  1. Reset capture card

Setelah semua langkah di atas dilakukan, lakukan reset pada capture card Rexus HD100 kamu, dengan cara:

  1. Copot Rexus HD100 dari PC ataupun perangakat sumber.
  2. Tunggu beberapa waktu dan kemudian sambungkan kembali.
  3. Jika sudah tersambung namun terjadi freeze atau lag dalam dalam gambar, maka itu tandanya kamu harus mengupdate firmware Rexus HD100 dengan cara ini.

Selamat mencoba dan jadi streamer keren!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *