video game menambah teman gamepad Solusi Gamepad Tidak Terdekteksi di Komputer             video game menambah teman 180x180

video game menambah teman gamepad Solusi Gamepad Tidak Terdekteksi di Komputer             video game menambah teman 600x391

Gamer, sering kali kita menemukan kendala gamepad tidak terdeteksi di komputer. Jika hal itu juga kamu alami, jangan buru-buru “lembiru”, lempar ganti baru. Belum tentu produk yang baru saja kamu beli itu bermasalah, rusak, ataupun gagal produk. Bisa jadi karena kamu belum tepat sagat mengoneksikannya atau penggunaan kabel yang tidak pas.

Dari beberapa kasus yang ditemukan oleh bagian layanan servis Rexus, ditemukan fakta bahwa pengguna gamepad terkendala menghubungkan gamepad ke komputer karena masih awam dengan penggunaannya. Kedua, kendala yang terjadi juga ada beberapa yang disebabkan oleh kerusakan pada kabel penghubung antara gamepad dengan komputer.

gamepad Solusi Gamepad Tidak Terdekteksi di Komputer             Rexus GX1 Gamepadholder 04 300x300

Gamepad Rexus

Rexus memiliki tiga tipe gamepad yang bisa dikoneksikan dengan komputer, ponsel dengan Android seri 8 (Oreo) ke bawah, Xbox, dan Playstation 3. Dari ketiga tipe gamepad tersebut, GX1 dan GX2 mempunyai koneksi kabel, sedangkan GX100 punya koneksi nirkabel dengan berbasis frekuensi radio 2,4 GHz.

Untuk mengoneksikan dengan komputer, tentu saja gamepad tersebut disesuaikan dengan jenis konektor yang ada. Bagaimana caranya?

Gamepad Kabel

  • Pastikan kabel panjang (extension cable) tersambung dengan kabel pendek pada gamepad GX1 atau GX2. Koneksikan dengan port USB komputer
  • Instal perangkat lunak atau software-nya yang tersedia di sini
  • Tes pergerakan tombol dan joypad sebelum masuk ke permainan.

Gamepad Nirkabel

  • Pastikan baterai gamepad terisi dengan pengisian selama 4 jam untuk pertama kali,
  • Colokkan receiver ke port USB.
  • Nyalakan tombol gamepad hingga lampu LED berkedip siap untuk dikoneksikan.

gamepad Solusi Gamepad Tidak Terdekteksi di Komputer             game 300x200

Unknown Device?

Meski sudah dikoneksikan dengan benar, terkadang ada kendala perangkat tidak dikenali oleh komputer, dengan muncul notifikasi “unknown device”. Dalam kondisi seperti ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan menurut informasi yang disarikan oleh utekno.com.

  1. Pasang dulu gamepad kamu dan kemudian masuk ke Device Manager.
  2. Klik kanan pada nama apapun yang digunakan oleh Windows untuk controller yang kamu pasang (misal : Gamepad) dan klik “Uninstall”
  3. Lepas gamepad kamu dari komputer.
  4. Baru kemudian kamu unduh dan install software GX yang ada di rexus.id/dukungan/perangkat-lunak
  5. Pasang kembali gamepad dan kembali ke Device Manager
  6. Klik kanan pada nama perangkat yang dikenali oleh Windows (ada komputer yang menunjukkan perangkat ini terlihat pada “Other Devices” dan memiliki lambang peringatan berwarna kuning), tapi kali ini klik pada “Update Driver Software”.
  7. Klik “Browse Computer for Driver Software”.
  8. Klik “Let me pick from a list of device drivers on my computer”.
  9. Pilih “Microsoft Common Controller” dan kemudian pilih nama gamepad kamu. Jalankan instalasi driver untuk perangkat tersebut.

Catatan, langkah-langkah ini tergantung pada versi Windows. Ada beberapa versi Win yang punya tampilan lain. Jika masih bingung, jangan sungkan untuk mencari informasi di berbagai media atau menghubungi call center Rexus.

Cara di atas tentu berlaku untuk koneksi dengan komputer. Saat dikoneksikan dengan ponsel, ada cara tersendiri yang bisa dilakukan. Salah satunya, kamu harus punya emulator atau semacam software yang menjadikan gamepad sebagai controller di ponsel.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *