Gamer, headset gaming premium Rexus HX20 dan HX25 tampil menarik dengan mikrofon tongkat yang bisa dicopot (detachable). Dengan sistem tersebut, jelas bahwa dua headset ini memang dikhususkan untuk dua fungsi, yaitu fungsi untuk mendengarkan musik dan fungsi untuk bermain game.

Tentu, dengan melepas mikrofon yang dilengkapi dengan jack atau colokan berdiameter 2.5mm, maka baik headset gaming  Rexus HX20 maupun HX25 khusus dipakai untuk mendengarkan musik atau menikmati film.

Sebaliknya, jika mikrofon terpasang, maka digunakan untuk bermain game, streaming, video call, atau aktivitas lain yang membutuhkan komunikasi.

headset gaming rexus thundervox hx25

Jack Mikrofon 2.5mm yang Unik

Baik headset Rexus Thundervox HX20 maupun HX25 hadir dengan mikrofon tongkat fleksibe yang bisa dicopot dengan mengandalkan jack 2,5mm sebagai konektornya.

Penggunaan jack 2.5mm ini memang sedikit membuat penasaran karena jack ini sudah jarang digunakan dalam berbagai perangkat elektronik yang lebih lazim mengandalkan jack berukuran 3.5mm.

Ternyata Rexus mempunyai alasan penggunaan jack 2.5mm di buat mikrofon headset HX20 dan 25. Pertama, jack ini mempunyai panjang colokan yang lebih pendek daripada jack 3.5mm, yaitu sepanjang 11mm. Jack 3,5mm panjang colokannya 14 – 17mm.

Dengan colokan yang pendek, maka port atau lubang yang dibutuhkan tidak memakan ruang yang besar karena memang mikrofon ini menempel pada dome speaker headset.

Kedua, karena kecil, biasanya beberapa jack 2.5mm dilengkapi dengan ring tambahan sehingga bisa menancap lebih kuat ke dalam lubang agar tidak mudah lepas.

Ketiga, jack 2.5mm memang dari dahulu sudah sering digunakan pada perangkat mikrofon portabel. Salah satunya bisa kita lihat dari voice recorder yang konektornya didominasi jack berukuran mini ini.

Rexus thundervox stream

Bukan Masalah, Hanya Belum Tahu

Jack 2.5mm pada headset Rexus HX20 dan H25 dibuat lebih stabil dan tak mudah goyang pada lubang yang diameternya kecil. Tapi, justru ternyata sistem ini kerap menimbulkan kendala pada pengguna.

Buat pengguna awam yang belum tahu, mereka mengeluhkan mikrofon headsetnya tidak menyala walaupun lampu indikator mikrofonnya sudah menyala.

Jangan kuatir, Hal ini bukan berarti headset Rexus HX20 dan HX25 cacat produksi, tetapi itu hanya karena pengguna kurang dalam mencolokkan colokan jack 2.5mm-nya.

Saat mencolokkannya ke port atau lubang jack, tekan hingga benar-benar masuk dan berbunyi hingga 2 kali klik. Sekali lagi, sistem pengunci ganda ini berfungsi untuk menjaga agar mikrofon tidak mudah lepas, goyah, ataupun bengkok.

Jadi jangan langsung was-was ya kalau mikrofon headset Rexus HX20 dan HX25 kalian belum berfungsi. Tinggal colok terus mainkan!

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *