Gamer, saat ini streaming jadi salah satu aktivitas saat bermain game yang harus kalian coba. Selain main game bisa makin interaktif, streaming juga membuka jalan buat kamu agar terkenal dan menghasilkan pendapatan. Buat kalian yang punya bujet kere hore, tentu butuh PC game dengan spesifikasi minimal namun bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Live Streaming sedang marak dipromosikan oleh banyak platform, mulai dari Youtube dan Twitch sebagai platform khusus video dan juga stream, bahkan hingga media sosial seperti Facebook juga mengembangkan platform livestream milik mereka sendiri.

Butuh PC dengan Spesifikasi Khusus

Untuk melakukan game streaming, perangkat dasar yang wajib kamu miliki adalah komputer, tentunya. Dengan komputer, kamu bisa memproses dan menggabungkan video antara video kamu yang sedang bermain dengan video dalam game untuk kemudian disiarkan melalui platform streaming media di atas.

Ditilik dari fungsinya, ada tiga tugas besar yang harus dikerjakan oleh PC, yaitu fungsinya sebagai pemutar game online,  menggabungkan dengan menambah efek visual, dan mengirimkan sinyal data untuk dipublikasi. Semua itu adalah pekerjaan besar yang hanya bisa dilakukan oleh komputer yang cerdas.

Komponen Wajib

Untuk mengombinasikan antara bermain game dengan media interaktif di platform tersebut, ada beberapa komponen komputer yang wajib kamu sediakan. Yuk, kita bahas dari yang paling dasar dulu.

Processor

Untuk main game sekaligus livestreaming, processor menjadi senjata utama untuk melakukan encoding livestreaming. Berbeda dengan Gaming, Livestreaming sangat memberatkan processor sehingga core serta Thread yang banyak sangat diharuskan.

Untuk paket minimal dengan harga yang terjangkau, kami rekomendasikan untuk menggunakan I5 3470. Dengan 4 Core 4 Threads dan ditenagai 3.2 Ghz, processor ini memang masih menjadi legenda sangat pantas untuk memainkan game-game kekinian.

Harga estimasi: 900ribuan

RAM

RAM atau Random Access Memory dengan kapasitas minimal 4GB memungkinkan komputer gaming kamu bisa mengoperasikan juga akses data saat streaming. Kapasitas tersebut sebenarnya sangatlah minim untuk dua aktivitas itu. Karenanya, kami sarankan untuk menggunakan kapasitas minimal 8GB.

Untuk mendapatkan harga terbaik, kami merekomendasi VenomRX Viserion yang sudah memiliki heatsink yang mumpuni dengan bersaing. Agar lebih irit, kalian bisa menggantinya dengan 2 buah RAM 4GB dengan merek yang sama.

Harga estimasi: 1 jutaan

Hard Disk Drive

HDD atau internal storage tempat menyimpan data ini jadi komponen yang akan menampung data game sekaligus aplikasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Kami merekomendasikan untuk menggunakan WDC Blue yang sudah dikenal.

Kapasitas 1TB cukuplah untuk menyimpan game-game terkini serta windows agar PC terasa lebih lega. Bisa lebih besar, tetapi kalian harus keluarkan bujet lebih besar.

Harga estimasi: 750ribuan

VGA Card/GPU

Graphic Processor Unit atau sering dikenal sebagai kartu VGA ini sangatlah penting buat para gamer dan streamer karena berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan gambar/grafis berkualitas.

Geforce GTX 750i dari NVDIA adalah salah satu karti VGA yang bisa kalian gunakan. Dengan harga yang terjangkau, kualitas pemroses gambar ini juga punya nama baik di kalangan PC builder.

Harga estimasi: 1,2 jutaan.

PC Unit

PC unit pada umumnya terakit dari 3 komponen sekakligus, yaitu casing, power supply, dan motherboard. Banyak PC builder yang sudah menjualnya dalam satu paket. Kalian bisa memilikinya dengan menyesuaikannya berdasar bujet yang ada.

Untuk power supply, kami merekomendasikan PSU dengan kapasitas 500watt, sedangkan untuk casing, pilih casing yang dilengkapi dengan pendingin maksimal. Semakin banyak fan atau kipasnya, semakin adem komputer yang kalian pakai. Saat ini ada pula casing yang sudah menggunakan liquid cooler.

Jangan lupakan motherboard. Komponen elektronik terintegrasi itu akan menjalankan komponen elektronik dalam komputer. Cari motherboard yang sudah mendukung slot DDR3 dan punya kapasitas RAM hingga 16GB.

Harga estimasi: 1,8 jutaan

– Casing: 500 ribuan
– PSU: 600ribuan
– Motherboard: 700rbuan

Monitor PC Game

Sebaiknya gunakan dua monitor PC dengan standar 144Hz. Satu layar digunakan untuk bermain game dan satu layar lagi untuk membuka program pendukung seperti OBS, Discord, atau chat.

Untuk sebuah monitor PC gaming dengan diameter 24inchi 144Hz, kamu memang harus merogoh kocek agak dalam. Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan membeli monitor bekas atau yang punya diameter lebih kecil.

Harga estimasi: 2.5 jutaan (kondisi baru, 1 buah)

Spesifikasi di atas merupakan estimasi. Perubahan harga dapat terjadi dalam selisih yang tidak terlalu besar. Dari keterangan di atas, kamu membutuhkan setidaknya sekitar 10,5 juta rupiah untuk mendapatkan PC gaming yang mumpuni buat streaming.

Bujet di atas tentu belum termasuk dengan peralatan gaming, mikrofon, kamera web, ataupun kursi gaming yang pasti harus kalian miliki juga sebelum menjadi game streamer. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang peralatan tersebut di sini.

Nah, mulai sekarang, saatnya menabung untuk mewujudkan impian kamu menjadi game streamer!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *