Suka Main Game, Tapi Tak Jadi Gemuk. Ini Caranya!

Gamers, saat bermain game, otomatis kita akan duduk berlama-lama di kursi. Tak hanya satu atau dua jam, kita bahkan bisa duduk hingga belasan jam.

Tak ayal, tubuh berada dalam posisi duduk dan diam dalam satu posisi untuk waktu yang lama. Kebiasaan inilah yang digolongkan dalam gaya hidup sedentary.

Gaya hidup sedentary adalah gaya hidup atau kebisaan berdiam diri dalam waktu lama, tanpa melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori.

Tak hanya bermain game, gaya hidup sedentary juga dialami oleh para pekerja kantoran yang tiap hari harus bekerja selama 8 – 12 jam dengan duduk di depan komputer.

Bahaya Gaya Hidup Sedentary
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa saat Anda duduk dalam waktu yang lama maka yang terjadi adalah aktivitas otot akan berhenti, proses pembakaran kalori turun menjadi hanya 1 kcal per menit, dan enzim yang membantu membakar lemak berkurang.

Hasilnya, tubuh kamu bakal menumpuk lemak di dalam tubuh. Tak hanya buat orang yang sudah berumur, gaya hidup seperti ini juga bakal dialami oleh kita yang berusia muda.

Bisa dibayangkan, setelah kita makan satu porsi masakan Padang dengan lauk rendang, kemudian kita berdiam diri dengan bermain game, maka kalori hasil pemrosesan nasi Padang tersebut takkan terbakar sempurna dan akhirnya menumpuk.

Tak mau hal itu terjadi pada kamu? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Minum air putih yang banyak.

Meski sedang bermain game, jangan lupa untuk selalu minum air putih. Jangan tunggu saat merasa haus. Air putih terbukti membantu membakar kalori karena berperan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

2. Lakukan gerakan tubuh saat duduk.

Kegiatan duduk dan bekerja di meja kerja sebenarnya bukan tidak membakar kalori sama sekali. Tapi, jumlah kalori yang dibakar relatif kecil, hanya 10 kcal per jam. Kamu bisa memperbesar jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh bila Anda melakukan peregangan ringan setiap satu jam, yang akan membakar 126 kcal per jam.

3. Hindari mengemil.

Hindari kebiasaan mengemil makanan berkalori tinggi seperti gorengan, keripik kentang, atau camilan berlemak. Kebiasaan tersebut bakal akan menambah berat badan kamu.

4. Tetap rutin berolahraga.

Meski digolongkan sebagai e-sport, bukan lantas dengan bermain game kamu kemudian mengesampingkan olahraga. Sempatkan untuk berolahraga seminggu 2 – 3 kali. Selain akan membakar kalori, olahraga akan meningkatkan stamina kamu saat bermain game.

5. Kurangi makanan berlemak.

Karena aktivitas bermain game tidak membutuhkan kalori dalam jumlah besar, sebaiknya kurangi makanan berlemak dan tinggi karbohidrat. Asupan nutrisi kedua jenis makanan tersebut hanya akan menumpuk jadi lemak dalam tubuh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *