Gamers, ada kalanya kita kita “jenuh” dengan suara “clicky” yang nyaring saat menggunakan keyboard mekanikal, terutama keyboard mekanikal yang menggunakan switch biru. Mau ganti keyboard tentu butuh anggaran lagi. Mau ganti jenis switch, beberapa switch tidak cocok diplikasikan.

Tenang, jangan buru-buru ganti keyboard. Kamu tetap bisa menggunakan keyboard mekanikal kesayanganmu kok. Kamu tinggal menambahkan karet peredam ketukan atau sering disebut dampener.

Sistem ini sebenarnya sudah sering digunakan pada sistem shock breaker mobil, yaitu dengan menambahkan karet ring O untuk meredam hentakan pegas. Selain meredam hentakan pegas, ring O yang berfungsi sebagai dampener itu juga membuat suspensi jadi lebih makin lembut.

Dampener pada switch keyboard mekanik juga berupa karet ring O yang terbuat dari silikon dan diselipkan pada masing-masing stem switch. O ring yang dipasangkan di bawah keycap akan mereduksi jarak ketukan sekaligus mengurangi hentakan yang dihasilkan.

Murah dan Praktis

Saat ini, beberapa marketplace sudah menawarkan ring dampener dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar 30 – 50 ribu untuk sekitar 110 buah dampener.  Murah, bukan? Cara memasangnya pun sangat mudah.

Untuk memasang dampener, kamu tinggal mencopot semua keycaps keyboard mekanikalmu. Kemudian, masukkan masing-masing dampener ke dalam stem atau selongsong keycap  yang terhubung ke switch satu per satu.

Perhatikan Hal Ini

Meski murah dan praktis, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli ring dampener. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Kualitas bahan

Meski sama-sama terbuat dari silikon, ring dampener mempunyai kualitas berbeda tiap merek. Kamu bisa melihatnya secara langsung dengan memperhatikan kekenyalan dan seberapa kuat ring itu saat ditekan atau ditarik. Ukuran diameter ketebalanya bervariasi, yaitu antara 0,2mm – 2mm. Kami rekomendasikan untuk memilih yang agak tebal agar tak getas.

2. Kekerasan ring

Biasanya, dalam kemasan ring dampener, terdapat tulisan “50A” atau “80A”. Itu menandakan kekerasan material dampener saat ditekan.

Angka 50 atau 80 menunjukkan angka kekerasannya. Semakin tinggi angka yang dimilikinya, semakin keras dan masif karet tersebut.

Huruf “A” menunjukkan pembuat karet tersebut, yaitu Alfred Shore. Kami merekomendasikan kekerasan karet mempunyai kekerasan dengan ukuran 40 – 50. Jangan terlalu lembut atau keras karena justru akan membuat tidak nyaman saat menekan tombol keyboard.

Mudah, bukan?

Baca juga:

Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal

Kiat agar Tombol Keyboard Berfungsi dengan Baik

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *