Foto: Legionare MX3.1

Switch atau tombol  merupakan salah satu penentu kualitas sebuah keyboard, terutama keyboard mekanikal atau mechanical keyboard. Tak hanya itu, kenyamanan bermain game dengan menggunakan keyboard juga ditentukan oleh warna switch yang ada di dalam keyboard tersebut.

Ada banyak macam tipe dan jenis switch keyboard yang ada di pasaran. Tipe tersebut dibedakan berdasarkan warna switch. Ada yang berwarna biru atau biasa disebut blue switch, merah, coklat, hitam, hijau, putih, coklat, dan warna lainnya. Masing-masing warna mempunyai karakteristik tersendiri.

Meski beda merek, produsen punya patokan sama untuk tiap tipe. Sebagai contoh, switch biru merek Outemu ataupun Gateron tetap punya karakteristik yang sama, meski beda merek dan produsen. Itu untuk memudahkan konsumen dalam memilih tipe switch sesuai selera.

Pergeseran Selera

Ada tiga tipe switch keyboard mekanikal yang “ngetren” dan banyak disuka oleh para gamer. Switch tersebut adalah red switch, brown switch, dan blue switch. Di antara ketiganya, switch biru memang lebih dulu menjadi primadona para gamer.

Namun, terjadi pergeseran selera gamer saat ini. Dulu, banyak gamer yang suka keyboard dengan blue switch atau switch berwarna biru yang “clicky”. Diyakini, dengan menggunakan keyboard dengan switch berwarna biru, suara “klik” yang ditimbulkan saat mengetik akan terasa lebih mantap dan menambah seru permainan.

Sekarang, seiring dengan makin banyaknya gamer yang melakukan live streaming, suara clicky yang timbul dari switch biru justru dianggap mengganggu. Suara ketikan akan terdengar berisik saat live sehingga mengganggu suara dari gamer itu sendiri. Karenanya, saat ini, banyak yang mulai beralih ke switch berwarna coklat ataupun merah.

Switch Coklat dan Merah   

Secara mekanikal, switch coklat ataupun merah tidak berbeda jauh dari jenis switch biru. Keduanya sama-sama “tactile” atau membal secara linear sehingga tetap terasa hentakan baliknya saat ditekan. Bedanya adalah berat tekanan (actuation force) dan suaranya.

Tekanan jari yang diperlukan untuk switch coklat dan merah adalah sekitar 45 – 50gram. Lebih ringan dibandingkan dengan actuation power saat menekan switch biru yang ada di kisaran 60 gram atau lebih.

Dari segi suara yang ditimbulkan, switch coklat dan merah adalah tipe switch dengan suara yang tenang. Bahkan,  switch merah merek Kaihl dan Content diklaim sangat tenang suaranya.

rexus legionare mx5.1

Foto: Legionare MX5.1

 Pilihan Switch Keyboard Rexus

Oleh sebab itu, Rexus memberikan pilihan tipe switch pada keyboard terbarunya, yaitu Rexus Legionare MX3.1 dan Legionare MX5.1. Kedua jenis keyboard tersebut menggunakan switch merek Content yang dinilai kualitasnya mirip dengan Kaihl.

Ada dua pilihan yang ditawarkan pada pengguna, yaitu switch biru dan switch coklat. Gampang, buat kalian yang suka suara klik-nya nyaring, kalian tinggal pilih keyboard dengan switch berwarna biru dan sebaliknya.

Content adalah salah satu jenis switch yang punya kelebihan dapat diganti secara mudah (hot removable). Itu karena pin atau kaki komponen switch-nya tertanam dalam soket PCB, tidak perlu disolder. Pengguna dapat mengganti sendiri switch dengan switch cadangan yang disertakan dalam paket pembelian.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat menggantinya dengan switch tipe lain untuk keyboard yang sama.  Syaratnya, ukuran dan bentuk switch harus sama ya… Gampang!

Jadi, kamu suka switch warna apa?

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *