Gamer, kebiasaan baru bekerja, belajar, dan main game di rumah membuat tagihan listrik melonjak. Salah satu penggunaan terbesar daya listrik adalah penggunaan komputer ataupun komputer gaming yang pasti lebih sering kalian mainkan saat berada di rumah.

Sebagai perangkat dengan beragam komponen yang terangkai jadi satu, komputer memang haus akan konsumsi daya listrik. Setiap komponen di dalamnya, seperti motherboard, prosesor, kartu VGA, hingga perangkat pendukungnya semua membutuhkan asupan listrik.

Komputer Gaming Makin Boros

Terlebih pada komputer gaming. Dalam tower PC gaming, seringkali dibenamkan beragam perangkat tambahan seperti kipas angin ekstra sebagai pendingin, layar monitor yang lebih besar dan canggih, serta LED RGB.

Semua itu membutuhkan listrik ekstra.  Jadi jangan kaget jika sebuah rangkaian komputer gaming membutuhkan ratusan watt setiap kali beroperasi.

Jika digunakan dalam durasi yang lama, maka kita tinggal mengalikan satuan kilowatt per jam (Kwh) dengan tarifnya. Hasilnya, tiap sebelum tanggal 20 bulan berikut, kita akan melihat tagihan Rupiah yang bikin sesak nafas dan kepala pening.

Cara Hemat Listrik Ala Gamer

Dalam kondisi segala aktivitas lebih terpusat akibat pandemik Covid-19 ini, penggunaan komputer rumah tak herhindarkan lagi. Lonjakan listrik pasti tak bisa ditolak. Tapi, agar komputer yang kita miliki bisa diajak bersahabat dengan tagihan PLN, sebaiknya kita berdamai dengan perilaku haus listriknya.

Bagaimana caranya?

  1. Ketahui jumlah total daya PC kamu

Sebuah komputer desktop biasanya menarik daya  antara 65 – 250W. Untuk komputer gaming, bisa hingga 600W atau lebih, tergantung pada spesifikasinya. Itu belum termasuk layar monitor gaming yang standarnya menarik listrik di atas 40W.

Karenanya, kita harus menyadari dulu besaran konsumsi komputer gaming kita agar sadar penggunaannya dan mengubah pengaturan PC agar lebih hemat. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan situs Outer Vision untuk melihat total daya yang bisa dihasilkan pada seluruh PC kamu.

  1. Ubah pengaturan PC

Prinsip dalam mengatur komputer gaming agar lebih heamt adalah mengesampingkan hal-hal yang tidak perlu pada komputer kamu. Seperti membiarkan komputer nyala sepanjang hari, padahal kamu hanya melakukan aktifitas yang sangat sedikit untuk hal tersebut. Idealnya, matikan perangkat ini atau masuk ke mode sleep jika kamu ingin menyalakan komputer secara instan.

Jika perlu, atur beberapa pengaturan dalam Windows atau sistem operasi lain pada sistem yang akan membuat PC masuk mode sleep atau standby dalam jangka waktu 15 menit atau kurang jika pc tidak melakukan aktifitas apapun.

3. Gunakan perangkat komputer ramah lingkungan

Caranya adalah dengan mengganti perangkatmudengan perangkat yang lebih baik dalam urusan daya. Sebagai contoh, PSU biasa dengan PSU yang memiliki sertifikat 80+, maka lebih baik pergi dengan PSU 80+.

Meski dari harga agak mahal, tapi komponen ini lebih efisien dalam penggunaan listrik hingga 80% dan mempunyai kinerja lebih baik dalam menjaga stabilitas listrik untuk komponen komputer.

4. Matikan perangkat aksesoris penyedot listrik

Bermain game dengan menyalakan semua LED yang ada di CPU komputer, alat gaming, dan perangkat lain tentunya akan menambah semangat. Tetapi, dalam rangka penghematan saat kondisi seperti sekarang, kebiasaan tersebut bisa mulai dikurangi.

K9RGB

Meski menggunakan LED yang konsumsi listriknya sangat kecil, tetapi perangkat tersebut tetap menyedot listrik dari power supply komputer untuk menyalakannya. Meski kecil tapi kalau banyak dan beragam, tentu saja listrik yang dibutuhkan juga besar.

5. Pilih pakai laptop ketimbang desktop

Saat ini banyak loh laptop canggih yang sudah mempunyai spesifikasi untuk bermain game secara mumpuni. Dari segi efisiensi listrik, penggunaan laptop gaming tentu lebih irit daya dibanding kamu harus menyalakan satu instalasi komputer gaming.

Selain itu, biasakan untuk mengunakan desktop untuk-tugas-tugas berat yang memang membutuhkan spesifikasi komputer kelas dewa. Jika hanya untuk menulis di Words ataupun chat, laptop atau bahkan smartphone pun jauh lebih ramah lingkungan dan tagihan PLN bulanan.

Irit demi seirit, hidup takkan makin sulit…

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *