ponsel gaming ponsel gaming Tahun 2021  Saatnya Ganti Ponsel Gaming Baru. Ini Panduannya! hp gaming

Foto: invisioncommunity.co.uk

Gamer, memasuki tahun 2021, saatnya kamu mulai memikirkan untuk ganti ponsel gaming baru yang makin nyaman untuk digunakan bermain game-game baru. Seperti kita ketahui, game-game mobile baru makin memanjakan mata kita dengan tampilan grafis yang detil sehingga butuh ponsel yang mumpuni untuk memainkannya.

Buat kamu yang memang sudah berencana untuk mengganti ponsel gaming kamu dengan versi yang lebih moderen, awal tahun ini mungkin bisa kamu realisasikan. Ada beberapa pilihan ponsel yang jadi flagship beberapa produsen ponsel terkenal, seperti Iphone 12, Samsung Galaxy Note 20, Xiaomi Mi 11, dan beberapa ponsel baru lain yang tentu saja spesifikasinya sudah dikategorikan sebagai ponsel gaming.

Jika pilihan ponsel di atas terasa sangat mewah, jangan kuatir. Ada kok pilihan ponsel lain yang terjangkau dan tetap handal digunakan untuk bermain game. Untuk memilih ponsel gaming yang nyaman digunakan untuk mengakses game baru, berikut beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat hendak membeli ponsel gaming baru.

antarmuka ponsel  ponsel gaming Tahun 2021  Saatnya Ganti Ponsel Gaming Baru. Ini Panduannya! hp 600x309

  1. Pakai pedoman skor AnTuTu ponsel gaming

Cara yang paling mudah untuk memilih ponsel gaming yang bagus adalah dengan melihat skor AnTuTu ponsel tersebut.  AnTuTu adalah perangkat lunak aplikasi benchmark yang dibuat oleh pengembang aplikasi dari China, Cheetah mobile.

Aplikasi tersebut akan akan memberi skor penilaian terhadap satu tipe ponsel yang ada di pasaran. Skor tersebut dapat jadi salah satu referensi yang menggambarkan kinerja spesifikasi ponsel tersebut secara keseluruhan.

Penilaian dari AnTuTu memang tidak bisa dijadikan satu-satunya standar, tetapi cukup memberi kita review terhadap sebuah ponsel. Untuk sebuah ponsel gaming model baru, sebaiknya skor AnTuTu yang dimiliki berada di atas angka 100.000.

  1. Perhatikan RAM ponsel

RAM atau Random Access Memory merupakan kemampuan ponsel untuk menjalankan aplikasi dan mengelola informasi di  dalamnya. Semakin besar lapasitas RAM sebuah ponsel, semakin leluasa ponsel dalam menjalankan aplikasi.

Untuk tahun 2021, kami rekomendasikan untuk membeli ponsel gaming dengan kapasitas RAM minimal 4GB untuk Android dan 3GB untuk iOS. Untuk ukuran RAM minimal tersebut, kamu masih bisa memainkan game dengan baik, tetap sebaiknya tidak sambil membuka aplikasi lain saat bermain.

chipset ponsel ponsel gaming Tahun 2021  Saatnya Ganti Ponsel Gaming Baru. Ini Panduannya! chipset 600x465

  1. Perhatikan chipset ponsel

Chipset merupakan prosesor yang berfungsi untuk mengoordinasi semua aktivitas ponsel. Untuk menjalankan game berat dan aplikasi lain, tentunya dibutuhkan dukungan chipset yang kencang dan stabil.

Pilihan chipset terbaik saat ini ada 5, yaitu: Snapdragon, MediaTek, Exynos, Kirin, dan Apple Chip yang hanya ada di iPhone. Di antara lima pilihan chipset tersebut, Snapdragon paling banyak digunakan di ponsel gaming Android saat ini. Meski demikian, secara performa, justru Kirin yang lebih mumpuni.

Untuk memilih chipset ponsel ideal, kamu bisa mengetahuinya dengan melihat nomor serinya. Semakin tinggi nomornya, semakin baru versi chipset tersebut.

Berikut chipset yang direkomendasikan dalam sebuah ponsel gaming saat ini. Rekomendasi ini berdasarkan mayoritas penggunaan pada ponsel gaming.

Snapdragon Seri 6: Snapdragon 660 dan 675

Snapdragon Seri 7: Snapdragon 710, 712, dan 730

Snapdragon Seri 8: Snapdragon 845 dan 855

Mediatek Helio P: Helio P90, Helio P70, Helio P65, dan Helio P60

Samsung Exynos: Exynos 7904, Exynos 9610, Exynos 9820, dan Exynos 9825

HiSilicon Kirin: Kirin 710, Kirin 970, dan Kirin 980

Apple Chip: Fusion A10, Apple A11 Bionic, Apple A12 Bionic.

  1. Perhatikan internal memory ponsel gaming

Memory ponsel adalah ruang dalam perangkat ponsel untuk menyimpan memori digital. Saat ini, kebanyakan ponsel dilengkapi dengan memori internal dan eksternal.

Untuk bermain game yang data aplikasinya hanya bisa disimpan di memori internal, diperlukan ponsel dengan memori internal yang cukup lapang.

Kapasitas yang disarankan untuk ponsel gaming baru adalah minimal 64 GB. Kapasitas sebesar itu sudah cukup untuk instal beberapa game dengan grafis terbaik dengan memori besar.

  1. Kapasitas baterai

Bermain game membutuhkan suplai daya baterai yang sangat besar karena melibatkan sistem audio visual, jaringan internet, dan pemrosesan data. Karenanya, kamu perlu memikirkan untuk memiliki ponsel dengan kapasitas baterai yang besar.

Untuk ponsel gaming masa kini, direkomendasikan yang punya kapasitas baterai minimal 4000 mAh. Karena mempunyai baterai yang besar, biasanya bobot ponsel pun akan terasa lebih berat dari ponsel baterai berkapasitas kecil.

gamepad untuk ponsel ponsel gaming Tahun 2021  Saatnya Ganti Ponsel Gaming Baru. Ini Panduannya! gamepad2 1067x630

Lima hal tersebut menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ponsel di tahun yang baru ini. Sebenarnya, masih ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan juga, seperti ukuran layar ataupun ketebalan ponsel. Tetapi, hal itu bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing pengguna.

Kamu juga tidak bisa melupakan perangkat tambahan ponsel yang bisa ditambahkan pada ponsel gaming, seperti gamepad, headset, maupun earphone gaming. Untuk perangkat tambahan tersebut, kamu bisa menggunakan produk Rexus, seperti gamepad Rexus GX200, headset M1, maupun earphone EZ1.

Tambahan perangkat tersebut tentu akan membuat pengalaman bermain game di ponsel gaming jadi makin menarik. Selamat berburu ponsel gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet kamu ya, Gaess.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.