Gamer, modifikasi keyboard gaming mekanikal menjadi tren yang makin banyak digemari saat ini di kalangan penghobi keyboard. Saat ini, banyak sekali dijual beragam aksesoris keyboard yang bisa diaplikasikan pada keyboard kamu agar tampilan dan performanya lebih baik dan nyaman.

Ada banyak metode modifikasi keyboard yang bisa dilakukan, mulai dari yang sederhana hingga yang terumit. Mulai dari yang murah hingga bujetnya justru lebih mahal lima kali lipat atau lebih dari harga keyboard tersebut. Apapun metode modifikasi yang kamu inginkan, semua sah dan bisa dlilakukan selama masih sesuai bujet dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Keyboard DAXA M84 Ultimate keyboard Tambahkan Peredam Casing Keyboard Mekanikal. Modifikasi Minim Hasil Maksimal M84 04 600x600

Foto: Keyboard DAXA M84 Ultimate

Modifkasi Sederhana dengan Memasang Peredam

Salah satu metode modifikasi sederhana dari sebuah keyboard adalah dengan memasang peredam pada bodi keyboard. Modifikasi ini termasuk lumayan rumit karena kamu harus membongkar casing keyboard mekanikal kamu.

Sebelum memulai modifkasi ini, sebaiknya kamu menyadari bahwa metode modifikasi ini berkonsekuensi menghilangkan hak garansi keyboard tersebut. Sebagain besar produsen keyboard tidak bisa menerima klaim garansi jika kamu sudah membongkar keyboard.

Hal tersebut harus disadari sebelumnya ya. Tapi, jika kamu akhirnya memutuskan  untuk mengambil risiko tersebut, maka mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai pemasangan peredam pada keyboard mekanikal.

Keyboard Rexus MX20 keyboard Tambahkan Peredam Casing Keyboard Mekanikal. Modifikasi Minim Hasil Maksimal MX20P 04 2 600x600

Foto: Keyboard Rexus MX20

Memasang Peredam: Membuat Keyboard Makin Mantap

Metode memasang peredam pada keyboard adalah dengan memasukkan lembaran busa,bisa eva foam ataupun malah lembaran glasswool pada bagian sela antara PCB keyboard dengan casing bagian bawah keyboard. Cara memasangnya tentu dengan membongkar casing dan memasang lembaran busa tadi di bagian bawah PCB.

Tujuan utama dari memasang peredam suara di (bottom) case adalah pertama, membuat suara keyboard jadi lebih kedap. Seperti kita ketahui, case keyboard  berbahan plastik yang mudah memantulkan getaran suara.

Dengan menambahkan lapisan yang lebih lembut, material tersebut dapat membantu meredam suara ketukan yang biasanya teresonansi dalam ruang kosong di antara PC dan casing bawah.

Kedua, agar keyboard terasa lebih berisi atau orang Jawa bilang, antep. Dengan mengisi ruang antara tersebut, maka keyboard akan terasa lebih tebal. Itu juga akan berefek pada saat keyboard terantuk suatu maka efek suaranya akan lebih pelan.

Keyboard Mekanikal Rexus MX9 keyboard Tambahkan Peredam Casing Keyboard Mekanikal. Modifikasi Minim Hasil Maksimal MX9 07 600x600

Foto: Keyboard Mekanikal Rexus MX9

Perhatikan Kualitas Bahan dan Ketebalan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menambahkan peredam suara untuk keyboard kamu. Pertama adalah soal bahan.

Peredam suara yang paling mudah didapat adalah lapisan busa tipis. Kamu juga bisa menggunakan EVA foam yang murah. Jika tidak tersedia, kamu bisa menggunakan busa lain.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa menggunakan lapisan glasswool atau sejenis serat fiber glass. Lapisan ini banyak digunakan untuk melapisi salon atau speaker.

Yang penting, lapisan tersebut tidak mudah rusak atau hancur karena justru akan mengotori komponen lain jika hancur.

Hal kedua yang penting diperhatikan adalah ketebalan dari lapisan peredam tadi. Ruang sela antara PCB dengan casing bawah itu tidak terlalu longgar sebenarnya, hanya berjarak sekitar setengah sentimeter atau kurang.

Dengan jarang yang tidak terlalu longgar itu, pilih busa dengan ketebalan yang pas. Tujuannya tentu agar tidak merusak dudukan saat merakit casingnya kembali.

Demikian salah satu metode modifikasi keyboard yang tergolong paling murah di antara metode modifikasi lainnya, seperti mengganti keycap ataupun cara lainnya. Tapi, kembali perlu dipertimhbangkan mengenai hal hilangnya hak garansi keyboard jika sudah melakukan modifikasi tersebut ya.

Selamat mencoba.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.