puasa Tetap Sehat A la Gamer Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19 gamers 02 180x180
puasa Tetap Sehat A la Gamer Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19 gamers 02 300x169

Foto: gamer bermain game sebelum wabah covid-19

Gamer, meski kondisi saat ini tidak mendukung karena adanya pandemi Covid-19, kita tentu tetap ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan tetap sehat. Untuk menjalankan puasa sebulan penuh, selain dibutuhkan niat yang kuat, juga diperlukan strategi yang tepat agar stamina tubuh tetap kuat saat menjalankan puasa dari hari ke hari.

Berikut kami berikan beberapa tips yang bisa dilakukan, terutama oleh para gamer, di tengah wabah Covid-19.

  1. Persiapkan makanan sahur dan buka di rumah
    Prinsipnya, persiapkan menu sahur dan buka puasa di rumah. Kita tidak bisa lagi mengandalkan makanan beli di warung Tegal seperti biasa ataupun pesan layanan antar oleh driver ojol karena butuh waktu lama. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkannya dari rumah.Kamu bisa belanja untuk seminggu sekalian dan menyimpannya di lemari pendingin. Setelahnya, buat menu siap goreng yang bisa disimpan untuk waktu yang lama, seperti ungkep ayam goreng, bacem tempe, dan lain sebagainya.
    puasa Tetap Sehat A la Gamer Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19 eat 3236971 640 300x150
  1. Jangan lupa sahur
    Menurut beberapa ahli, sahur merupakan saat yang paling menentukan dalam keberhasilan berpuasa. Tanpa sahur, tubuh takkan mempunyai sumber energi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Sayangnya, sahur sering terlupakan karena bukan hal yang mudah untuk mengonsumsi makanan pada pagi hari, saat lambung masih dalam keadaan “tidur”.Agar tetap bisa sahur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu jangan biasakan bermain game hingga larut pagi alias begadang. Dalam kondisi belajar di rumah seperti saat ini, lebih baik kamu justru tidur cepat dan bangun dini hari untuk bermain game sekaligus makan sahur. Akhiri sahur dengan minum air putih yang banyak ya biar tidak dehidrasi.
  1. Sahur dengan menu tinggi protein dan serat.
    Sahur bukanlah waktu untuk makan sebanyak-banyaknya. Daripada makan dengan porsi jumbo, lebih baik kalian mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan.Protein berguna agar Anda merasa kenyang lebih lama dibanding dengan mengonsumsi karbohidrat. Selain protein, perbanyaklah mengonsumsi serat. Selain membuat rasa keyang lebih lama, serat juga berfungsi untuk mencegah kecenderungan mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi saat buka puasa nanti.
  1. Efisien menggunakan energi
    Meski terbatas tinggal di rumah saat puasa kali ini, kalian harus tetap menjaga agar pengeluaran energi tidak berlebih. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah. Selanjutnya, bekerja atau belajar dengan cara duduk di rumah adalah pilihan yang tepat untuk menjaga agar energi tidak mudah habis.puasa Tetap Sehat A la Gamer Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19 puasa
  1. Manfaatkan waktu ngabuburit
    Nah, ini waktu yang nikmat tapi penuh godaan. Nikmat karena sebentar lagi kita akan berbuka, tetapi juga penuh godaan karena tubuh sedang di tengah puncak kehausan dan kelaparan. Kalian bisa menghabiskan waktu ini dengan bermain game kembali.Banyak kok influencer yang mengajak kalian buat mabar atau main bareng di kanal mereka, seperti Youtube Nona Berlian, Ilham Smash, ataupun Timor Dalimunte. Dapatkan pula banyak hadiah dari sponsor di acara tersebut.
  1. Makanlah secara pelan dan bertahap.
    Cara ini mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang yang berpuasa. Saat berbuka, awali dengan minum dan makanan cair yang mudah dicerna oleh lambung. Setelahnya, beri jeda beberapa saat sebelum makan makanan utama.Saat menyantap makanan utama, lakukan secara pelan. Makan secara pelan akan membiasakan lambung dan organ pencernaan lain untuk mengolah makanan kembali setelah seharian tidak aktif. Jika sudah dirasa cukup kenyang, berhentilah makan. Konsumsi kembali makanan sekitar 2 jam setelahnya. Cara ini akan membuat asupan energi tubuh tetap stabil.
  1. Kurangi minum kopi
    Ini penting buat para gamer yang suka mengonsumsi kopi atau minuman berenergi yang tinggi kafein agar tetap melek. Jika kalian terbiasa melakukan cara itu, sebaiknya mulai kurangi. Kafein membuat kamu lebih sering buang air kecil sehingga tubuh akan cepat kehilangan cairan.
  1. Saatnya perbanyak ibadah
    Dalam kondisi seperti saat ini, berdoa atau beribadah adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stress. Stres dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun sehingga lebih mudah terserang virus Corona. Puasa jadi saat yang tepat bagi kita untuk memperbanyak doa dan berpasrah.

Selamat berpuasa. Selalu jaga kesehatan!

 

 

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] saat ini, bukan? Tapi, apa boleh buat, keadaan tidak mendukung buat aktivitas ke luar rumah akibat wabah Covid-19. Ada cara kok buat ngelampiasin kerinduan buat ke berwisata atau jalan-jalan ke tempat-tempat yang […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *