ponsel gaming ponsel Tips Cerdas Menghemat Baterai Ponsel Gaming hp 960x430

Gamer, bermain game di ponsel gaming tentu membutuhkan daya baterai yang tak sedikit. Tidak saja karena aplikasi game dengan kualitas video beresolusi tinggi yang haus daya, tetapi juga kecenderungan kita bermain game dalam waktu lama membuat baterai cepat habis.

Meskipun saat ini banyak ponsel gaming hadir dalam kapasitas baterai yang besar, tetapi kebutuhan bermain game tetap membuat baterai cepat terkikis. Terdapat beberapa penyebab baterai hp cepat habis, utamanya disebabkan oleh beberapa fitur atau aplikasi hp yang terus berjalan di belakang layar atau tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Agar kamu bisa bermain game di ponsel lebih lama, maka perlu ada langkah cerdas untuk mengefektifkan penggunaan baterai ponsel. Berikut cara cerdas menggunakan ponsel gaming agar baterainya efisien dan efektif.

  1. Atur intensitas cahaya ponsel gaming

Salah satu pos yang membuat daya baterai cepat habis adalah pencahayaan layar ponsel – selain untuk menjalankan aplikasi. Karenanya, hindari menggunakan layar dengan intensitas cahaya yang tinggi.

Sebaiknya kamu menggunakan pengaturan cahaya layar secara manual daripada otomatis. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pengaturan pematian cahaya latar secara otomatis jika ponsel tidak digunakan.

  1. Matikan fitur konektivitas nirkabel jika tidak digunakan

Koneksi nirkabel pada ponsel seperti Wifi dan Bluetooth akan menyedot daya baterai secara signifikan. Karenanya, matikan fitur konektivitas ini jika sedang tidak digunakan.

Jika kamu bermain game dengan menggunakan Wifi, maka pastikan koneksi lain seperti Bluetooth berada dalam keadaan non aktif. Selain itu, segera matikan pemindai WiFi jika kita tidak menemukan sinyal WiFi yang bisa digunakan.

konektivitas wifi ponsel Tips Cerdas Menghemat Baterai Ponsel Gaming wifi 300x199

  1. Non-aktifkan GPS

GPS yang terus-terusan aktif juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai ponsel gaming cepat habis.  Beberapa aplikasi membutuhkan GPS untuk dapat bekerja, seperti Google Maps saat kita hendak mencari sebuah lokasi. Jika hal ini sedang tidak dibutuhkan, pastikan untuk mematikan GPS dan menutup aplikasi tersebut.

  1. Tutup aplikasi yang tidak digunakan saat bermain game

Penyebab baterai ponsel cepat habis lainnya adalah adanya aplikasi-aplikasi yang terus berjalan di belakang layar tanpa sepengetahuan kita. Karenanya, saat bermain game, pastikan aplikasi lain sedang tidak dibuka.

Dengan menonaktifkan aplikasi lain saat bermain game, kerja ponsel akan lebih ringan memproses game. Cara ini juga dapat meminimalisir adanya latensi atau delay suara pada game.

  1. Sesuaikan dengan kapasitas game

Bermain game-game bergrafis tentu akan membebani penggunaan baterai ponsel. Itu wajar karena ponsel bekerja keras memproses grafis game tersebut.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan dengan memvariasikan jenis game yang kamu mainkan. Tidak melulu harus bermain game berat, kamu juga bisa memainkan game ringan nan santuy yang tak kalah menghibur.

  1. Cari lokasi dengan sinyal optimal

Ponsel akan menggunakan lebih banyak daya saat mencoba terhubung di area dengan sinyal rendah. Karenanya jika berada di area dengan sinyal seluler rendah, sebaiknya gunakan layanan Wifi yang ada atau mengurungkan niat untuk bermain game sementara waktu. Itu lebih baik.

aplikasi ponsel ponsel Tips Cerdas Menghemat Baterai Ponsel Gaming maxresdefault

  1. Update aplikasi dan fitur game

Masalah baterai ponsel cepat habis juga dapat disebabkan oleh software yang sudah usang atau tidak up-to-date. Software yang diperbarui biasanya membawa perbaikan untuk bug-bug tertentu yang berpotensi menggunakan daya baterai ponsel secara ektstra.

Jika memang demikian, sebaiknya segera perbarui software ke versi yang lebih baru. Perbaruan software baru pada ponsel bisa dicek manual melalui opsi perbaruan di menu pengaturan.

  1. Waspadai kerusakan pada baterai

Masalah pada hardware utamanya disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah buruk dan pengisi daya yang rusak. Jika masa pakai baterai ponsel kita sudah melebihi ketentuannya, maka bukan tidak mungkin masalah baterai cepat habis akan terus terjadi sepanjang hari.

Solusinya? Ganti dengan baterai baru. Sebaiknya gunakan baterai yang orisinil karena lebih terjamin kualitas dan keawetannya.

Rexus PA81 Power Adaptor ponsel Tips Cerdas Menghemat Baterai Ponsel Gaming PA81 02 1080x630

Foto: Charger Rexus PA81

  1. Gunakan pengisi daya berkualitas

Pengisi daya atau charger yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai yang akhirnya berpengaruh pada daya tahannya. Karenanya, pilih charger yang berkualitas seperti Rexus PA81.

Charger dinding Rexus PA81 sudah didukung teknologi smart fast charging dari Qualcomm. Selain cepat pengisiannya, juga dapat menjaga keawetan baterai karena arus yang masuk disesuaikan secar otomatis dengan kapasitas baterai ponsel gaming kamu.

  1. Manfaatkan powerbank

Tak bisa dipungkiri, bermain game tentu membutuhkan waktu berjam-jam. Jika memang kapasitas baterai ponsel gaming kamu terbatas, maka cara lain untuk menjamin ketersediaan daya baterai adalah dengan menggunakan powerbank.

Sebaiknya gunakan powerbank yang mempunyai kapasitas minimal 1000mAh. Cara ini lebih aman dan praktis daripada kamu bermain sambil mengoneksikan ponsel ke charger dinding.

headset gaming rexus vonix f65 ponsel Tips Cerdas Menghemat Baterai Ponsel Gaming Rexus F65 08 1080x630

Foto: Headset gaming Rexus Vonix f65

Selain cara di atas, buat kamu yang menggunakan headset gaming yang menggunakan LED, seperti headset Rexus Vonix F55 ataupun F65, LED tidak perlu dinyalakan. Jika tetap ingin menggunakan LED, maka kamu bisa mengoneksikan konektor USB headset tersebut ke powerbank.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.