main gamepad gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC gamepad 600x378

Foto: freepik.com

Gamer, gamepad tetap menjadi salah satu perangkat gaming favorit sejak tahun 70an hingga kini, baik untuk bermain game di HP maupun PC. Kelebihan gamepad dibanding pengontrol game yang lain adalah soal kenyamanan dalam pengendalia

Dengan cara digenggam, gamepad memungkinkan jempol dan jari bergerak leluasa mengatur irama permainan. Tak jarang, tubuh pun bisa bergerak dengan leluasa ke kiri ataupun ke kanan mengikuti reflek tubuh.

gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC gamepad2 600x428

Kelebihan Gamepad

Tak hanya menawarkan kenyamanan saat mengendalikan game, gamepad dapat digunakan untuk segala permainan, baik di ponsel Android maupun di  Di antara banyak permainan, game sepakbola, fighting, ataupun game balapan adalah jenis game yang paling banyak menggunakan pengontrol ini.

Produsen gamepad yang hadir dengan harga bevariatif membuat gamepad laris manis. Sebagai contoh, untuk sebuah gamepad merek Playstation, di pasaran terdapat berbagai pilihan harga tergantung dari kualitasnya.

Kelebihan lain gamepad dibandingkan dengan perangkat pengontrol game lainnya adalah teknologi penambah sensasi bermain game yang terus berkembanga, seperti teknologi efek getar yang sudah ada sejak lama di beragam merek gamepad.

gx200 mobile gaming gamepad gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC gx200 mobile gaming gamepad 600x600

Memilih Gamepad Berkualitas

Seperti diungkapkan di atas, saat ini banyak sekali pilihan gamepad yang ditawarkan di pasaran. Banyak istilah yang biasa dipakai untuk meyakinkan konsumen atas kualitas gamepad tersebut, seperti “Ori”, “Ori pabrik”, “KW Super”, dan lain sebagainya.

Lepas dari klaim para penjual yang belum tentu sesuai dengan faktanya, ada beberapa hal yang perlu kita jadikan pedoman saat memilih gamepad yang berkualitas.

1. Keasliannya

Tidak bisa dipungkiri, gamepad bawaan perangkat konsol tertentu mempunyai kualitas yang baik. Karenanya, sebisa mungkin pilih gamepad yang merupakan bawaan perangkat asli.

Jika tidak yakin dengan keaslian gamepad tersebut, cara lain adalah dengan memilih gamepad pengganti yang mempunyai kualitas tak kalah dari gamepad bawaan.

2. Desain

Faktor desain menentukan kenyamanan kamu saat bermain game. Jangan tergiur dengan desain futuristik, melainkan lebih perhatikan desain yang menonjolkan ergonomisitas.

Pastikan desain gamepad pas dengan ukuran genggaman tangan kita. Hindari ukuran gamepad yang terlalu kecil atau malah terlalu besar.

3. Berat ideal

Banyak gamer yang lebih cenderun memilih gamepad yang lebih berbobot daripada yang ringan dan terasa “kopong”. Berat ideal gamepad adalah sekitar 200 gram.

Dengan menakar berat sebuah gamepad, kita juga bisa mengira-ira komponen apa yang ada di dalamnya. Biasanya, gamepad yang dilengkapi analog dan dinamo getar asli akan mempunyai bobot yang lebih mantap, daripada yang hanya diberi pemberat.

4. Konektivitas

Agar kompatibel dengan beragam perangkat game saat ini, termasuk ponsel, gamepad dilengkapi dengan berbagai pilihan konektivitas, baik kabel maupun nirkabel.

Buat kamu yang mementingkan stabilitas, gamepad dengan teknologi kabel tentu tetap menjadi pilihan pertama. Tetapi, buat kamu yang lebih casual dan ingin bermain game tanpa ribet dengan kabel, pilihan gamepad dengan konektivitas nirkabel berupa teknologi Radio Frequency (RF) ataupun Bluetooth bisa jadi pilihan.

5. Kelengkapan fitur

Makin banyak fitur yang dibenamkan dalam sebuah gamepad masa kini. Di antara semua itu, tentu saja fitur Turbo dan getar tetaplah jadi fitur wajib yang harus kamu dapatkan dalam sebuah gamepad.

Fitur Turbo memungkinkan kamu melakukan beberapa aksi dalam hanya menekan satu tombol. Fitur getar dalam gamepad berfungsi agar gamer bisa “makin merasakan” suasana permainan dengan efek getar yang terasa saat aksi dalam permainan berjalan.

Setidaknya, lima hal tersebut dapat jadi referensi dasar untuk memilih gamepad berkualitas. Perhatikan pula soal bujet ya. Banyak kok pilihan gamepad berkualitas dengan harga yang tetap terjangkau.

Gamepad Rexus, Salah Satu Pilihan Merek

Kini, banyak merek gamepad yang tidak terhubung dengan merek salah satu mesin konsolnya. Salah satunya adalah Rexus. Meski tidak mempunyai mesin game konsol, seperti Playstation atau Nintendo, tetapi Rexus mempunyai gamepad yang bisa dikoneksikan dengan mesin gaming konsol, PC, ataupun Andoid.

Rexus memang mempunyai basis produksi peralatan gaming PC, tetapi saat ini merek ini berekspansi untuk mengembangkan berbagai peralatan gaming di beragam platform. Salah satunya adalah dengan menyediakan gamepad dengan nama seri Gladius ini.

Berikut beberapa tipe gamepad Rexus yang ada di pasaran saat ini.

Gamepad Wireless Rexus Gladius X100 Top View gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC GX100 01 1080x630
Gladius Wireless Gamepad GX100

Mode Integrasi: X-input dan Direct-input yang kompatibel untuk semua game.

Koneksi: wireless dengan nano USB receiver frekuensi 2.4GHzjangkauan frekuensi hingga 8 meter.

Kompatibel: Perangkat Android (Max Android 8) / PC / PS3

Baterai: Lithium Polymer 600mAh dengan durasi pemakaian hingga 12 jam.

Dual motor vibrator untuk mengoptimalkan sensasi permainan.

Lampu LED indikator (saat pengisian ulang daya, pemutusan daya, dan lain sebagainya).

Panjang kabel pengisi ulang daya: 1m ± 5cm

Dimensi: 158mm x 103mm x 69mm

Berat: 190gram ± 10gram

gamepad gx 2 gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC Rexus GX1 02 1080x630

Gladius GX1

Mode  Terintergrasi: X-input dan Direct-input

Koneksi: Kabel, dengan tambahan kabel ekstensi untuk dikoneksikan ke PC

Kompatibel: PlayStation 3, Android (Max Android 8 Oreo) , dan PC (Windows XP ke atas)

Mendukung koneksi USB On The Go (OTG)

Dilengkapi dengan fitur vibrasi yang akan menambah sensasi permainan.

Software: Ya, terdapat di CD atau diunduh di www.rexus.id/dukungan/peranti-lunak

Gamepad Rexus Gladius GX2 with phone holder gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC Gladius GX2 01 300x300

Rexus Gladius GX2

Mode integrasi: Dinput – Xinput

Koneksi: kabel, dengan tambahan kabel ekstensi untuk dikoneksikan ke PC

Kompatibel: Perangkat Android (Max Android 8) / PC / PS3, tetapi tidak support utk HP merk Redmi

Mendukung koneksi USB On The Go (OTG)

Dilengkapi dengan fitur vibrasi yang akan menambah sensasi permainan.

Software: Ya, terdapat di CD atau diunduh di www.rexus.id/dukungan/peranti-lunak

gamepad Tips Memilih Gamepad Berkualitas untuk HP dan PC gx200

Rexus Gladius GX200

Versi Bluetooth: V4.0
Jangkauan Bluetooth: Sampai 8m
Kapasitas Baterai: 600mAh
Durasi Pengoperasian: Hingga 14 jam
Waktu Siaga: Hingga 35 hari
Arus / Daya Masukan: DC 4.5~5.5V/400mA
Mode Instant Play: Ya
Sensor gerak: Ya
Kompatibilitas: Android, IOS
Dimensi gamepad : 155 x 102 x 30mm
Berat: 211gram

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *