Kursi Gaming Rexus RGC 103   gas lift Tips Merawat Gas Lift Kursi Gaming Agar Tidak Cepat Rusak RGC 103 03 300x300

Gamer, salah satu komponen paling vital yang ada di dalam kursi gaming adalah gas lift. Gas lift dalam sebuah kursi gaming merupakan tongkat hidrolis yang menjadi tumpuan utama semua beban yang ada di atas kursi gaming. Karenanya, kita setuju bahwa komponen kecil ini berperan penting dalam fungsi dan keamanan pengguna kursi gaming.

Penggunaan satu tiang as besi berupa gas lift pada kursi gaming atau kursi kerja memang mengacu pada keseimbangan dan kepraktisan. Dengan satu tiang penyangga, maka tekanan akan mengalir pada satu titik untuk kemudian disebar ke lima titik roda yang ada di bawahnya. Ini membuat keseimbangan menjadi sempurna.

Dari segi kepraktisan, tentu penggunaan satu as besi tersebut akan lebih menghemat tempat daripada menggunakan empat tiang penyangga sekaligus. Kursi gaming pun akan lebih mudah dipindahkan karena mengunakan sistem ini.

Prinsip Kerja Gas Lift Kursi Gaming

Banyak produsen kursi gaming dan kursi kantor yang menggunakan as besi berteknologi gas lift sebagai tiang penyangga. Tiang  penyangga tersebut dapat diatur ketinggiannya dengan mengatur volume gas yang ada di dalamnya.  Biasanya, gas lift berisi nitrogen.

Kedua jenis sistem tersebut sama-sama menggunakan selongsong silinder yang di dalamnya diisi metal piston untuk menekan udara atau cairan dan kemudian memampatkannya. Pada gas lift, tekanan angin hanya sebatas berfungsi untuk mengatur ketinggian, bukan meredam hentakan seperti halnya pada shock breaker.

Di ujung gas lift, ada tombol atau knop berwarna biru (biasanya) yang berfungsi untuk membuka atau menutup katup. Saat knop ditekan sambil silinder ditekan turun, maka kompresi gas nitrogen akan keluar dan silinder akan turun. Sebaliknya, jika knop ditekan sambil silinder dilepas naik, maka silinder akan naik. Sistem inilah yang digunakan untuk menaik dan menurunkan kursi.

Saat ini, kebanyakan kursi gaming menggunakan gas lift class 4. Kelas ini mempunyai rata-rata diameter silinder sekitar 8mm, dengan kapasitas sangga 150kg – 180kg.

Penggunaan gas lift class 4 ini mayoritas ada pada kursi kerja dan gaming karena dinilai ideal untuk menyangga rata-rata beban pengguna dan silindernya tidak terlalu besar sehingga kursi pun tetap ringan. Kamu bisa menemukannya pada semua kursi gaming seri RGC dari Rexus.

gas lift kursi gaming gas lift Tips Merawat Gas Lift Kursi Gaming Agar Tidak Cepat Rusak gaslift

Tak Luput dari Kerusakan

Karena menjadi salah satu komponen yang digunakan secara periodik, apalagi mendapat tekanan yang berat, ada kemungkinan gas lift mengalami kerusakan. Jika benar rusak, maka kursi gaming tidak bisa digunakan secara optimal.

Kendala atau kerusakan yang sering terjadi kursi gaming, khususnya pada bagian gas lift adalah kerusakan karena kesalahan pemasangan. Biasanya hal ini karena pemasangan miring sehingga membuat gas lift menjadi bengkok.

Kendala lain adalah gas lift tidak bisa diatur lagi ketinggiannya atau sering disebut “dol/los”. Kondisi ini bisa terjadi karena knop penutup gas tidak bisa mengunci secara sempurna. Hal lain yang menyebabkan kerusakan ini adalah karena ada goresan atau baret pada besi piston atau batang gas lift sehingga gas yang dimampatkan keluar melalui sela-sela baret tersebut.

gaming chair pink gas lift Tips Merawat Gas Lift Kursi Gaming Agar Tidak Cepat Rusak RGC 101 pink 600x600

Foto: Kursi gaming Rexus RGC101 Pink Edition

Cara Merawat Gas Lift Kursi Gaming

Agar gas liftkursi gaming awet dan dapat berfungsi normal untuk waktu yang lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Perhatikan soal pemasangan

Pemasangan gas lift pada dudukan yang sudah tersedia haruslah benar-benar diperhatikan. Tidak boleh miring ataupun terbalik. Untuk itu, sebaiknya kamu membaca dan memahami panduan pemasangan yang ada di dalam kardus kursi gaming.

2. Pastikan knop masuk secara pas

Kasus yang sering terjadi adalah pemasangan knop tidak pas mengenai pelatuk handle pengatur ketinggian kursi gaming. Hal itu menyebabkan pengaturan ketinggian kursi gaming susah atau bahkan tidak bisa dilakukan.

3. Jaga agar batang gas lift tetap bersih

Tujuannya adalah agar tidak ada partikel yang menempel pada gas lift yang berpotensi menggores batang gas lift ataupun merusak sil komponen ini. Sebaiknya, secara teratur, kamu mengelap bagian batang gas lift dengan kain lembut dan bersih.

4. Perhatikan soal beban maksimal

Seperti disebut di atas, gas lift class 4 yang biasa digunakan di kursi gaming mampu menahan beban maksimal hingga 150 kilogram. Itu artinya, kursi ini hanya mampu didukungi oleh satu orang dewasa dengan berat badan normal. Jadi, kalau kamu berniatmain game sambil memangku teman kamu, sebaiknya segera urungkan niat itu. Lebih baik anjurkan dia untuk membeli kursi gaming Rexus sendiri.

5. Gunakan sewajarnya

Meski beban kamu masih di angka tolerasnsi beban maksimal, sebaiknya kamu tetap menggunakan kursi gaming secara wajar. Fungsi kursi gaming digunakan untuk duduk, bukan untuk tempat loncat-loncatan, Sob.

Dengan menggunakan secara wajar dan merawat gas lift kursi gaming, kamu bisa menikmati duduk di atas kursi gaming lebih lama. Kamu pun bisa bekerja dan bermain game secara nyaman di atasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *