Gamer, selain tombol, salah satu komponen atau bagian mouse yang bekerja keras adalah mouse feet. Alas atau sepatu mouse ini tiap saat harus bergesekan dengan alas permukaan sehingga berpotensi mengalami keausan, apalagi jika kita sering mengunakan mouse dalam kecepatan dan akselerasi tinggi.

Tidak hanya membuat pergerakan mouse jadi lancar, mousefeet juga berfungsi untuk menjaga jarak LOD (Lift of Distance) antara sensor mouse dengan permukaan. Itu membuat pemetaan sensor tetap stabil dan akurat.

mouse feet mouse gaming mouse feet Tips Sederhana Memilih dan Mengganti Mouse Feet Mouse Kesayangan mousefeet 600x600

Tanda Mouse Feet Sudah Rusak

Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, proses keausan mouse feet tak bisa dihidarkan. Meski menggunakan bahan yang berkualitas, daya tahan atau durasi mouse feet ada batasnya.

Durasi ketahanan mouse feet tentu berbeda-beda. Faktor yang menentukan adalah jenis mouse feet, jenis alas permukaan, tipikal permainan, kondisi sekitar mouse bekerja, dan tentu, faktor perawatan.

Tanda utama mouse feet sebaiknya diganti adalah munculnya pergerakan yang tidak mulus lagi. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang kiranya menjadi indikator mouse feet harus diganti, yaitu:

  • Permukan bagian bawah mouse mulai tergores. Ini menandakan bahwa mouse feet sudah menipis sehingga gesekan sudah mengenai bagian bodi bawah mouse.
  • Terasa ada gesekan. Bisa jadi hal ini terjadi karena ada sedikit lapisan mouse feet yang terkelupas sehingga menyebabkan timbulnya gesekan yang tidak nyaman.
Mouse gaming X15  mouse feet Tips Sederhana Memilih dan Mengganti Mouse Feet Mouse Kesayangan x15 white 600x385

Foto: Mouse gaming X15

Memilih mouse feet yang Baik

Jika mouse kalian sudah mengalami hal di atas, maka sebaiknya mouse feet segera diganti. Sebelum menggantinya tentu saja kamu harus mengetahui cara memilih mouse feet yang baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mouse feet.

  • Cari mouse feet yang berbentuk oval  dan tidak bersudut lancip.Mouse feet dengan bentuk oval atau tidak bersudut lebih maksimal pergerakannya karena tidak ada sudut yang berpotensi tersangkut pada mousepad. Selain itu, bentuk seperti itu juga tidak mudah terkelupas.
  • Pilih mouse feet yang mempunyai stiker dengan daya lekat yang tinggi.
  • Gunakan mouse feet dengan bahan PTFE atau Polytetrafluoroethylene (PTFE) . PTFE adalah polimer sintetis yang dikenal memiliki koefisien gesekan yang sangat rendah. Bahan ini dapat kamu temukan pada mouse feet mouse Rexus X13, Arsa, Daxa Pro Wireless, dan Daxa Air. Saat ini, banyak produsen yang mencampurkan PTFE dengan plastik agar tampilannya sesuai dengan tampilan mouse itu. Kemurnian PTFE dapat diketahui dengan memengang mouse feet tersebut, semakin licin permukaannya, keras, dan punya sifat getas, maka dapat dipastikan kandungan PTFE pada mouse feet tersebut lebih tinggi.
  • Pilih paket mouse feet yang lengkap. Lengkap di sini berarti dalam paket penjualan mouse feet tersebut tersedia beberapa bagian bentuk kaki mouse sehingga kamu tinggal memasangnya di mouse kesayangan. Dan, jikalau harus menyesuaikan, kamu tinggal menyesuaikan dengan mengguntingnya sedikit.
s5 white back mouse feet Tips Sederhana Memilih dan Mengganti Mouse Feet Mouse Kesayangan S5 005 600x600

Foto: Mouse wireless S5 Aviator

Cara Mengganti Mouse Feet Mouse Gaming

Sebagai informsi, kamu bisa membeli mouse feet secara terpisah. Banyak marketplace yang menjual komponen tersebut.

Setelah memilih mouse feet yang sesuai dengan mouse kamu, saatnya mengganti sepatu mouse yang lama. Bagaimana cara gantinya? Gampang kok.

1. Siapkan mouse feet cadangan yang sesuai dengan tipe mouse.

2. Jika tidak ada mouse feet sesuai pola alas mouse kamu, maka kamu harus membeli mouse feet berukuran bebas dan membentuknya sesuai pola alas mouse.

3. Agar tempat saat membentuknya, sebaiknya kamu membuat pola terlebih dulu di kertas. Caranya, warnai dulu pola alas mouse dengan spidol, kemudian tempelkan di kertas putih. Saat diangkat, warna spidol akan menempel di kertas putih.

4. Gunting mouse feet baru sesuai pola pada kertas putih itu. Pastikan pola mengguntingnya sesuai pola garisnya ya. Hindari guntingan yang geradakan karena bisa membuat mouse feet mudah terlepas.

5, Kelupas mouse feet lama dengan menggunakan bantuan cutter.

6. Bersihkan bekas lem mouse feet lama hingga benar-benar bersih. Kamu bisa menggunakan sedikit minyak kayu putih untuk membersihkannya. Jika sudah bersih, lap kembali bekas minyak kayu putih tadi hingga benar-benar bersih dan kering.

7. Kelupas lapisan double tape pada mouse feet yang sudah dibentuk dan tempelkan secara tepat. Pastikan seluruh permukaan pola mouse feet menempel erat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

8. Tekan mouse feet dan diamkan beberapa saat agar benar-benar menempel.

9. Gerakkan mouse selama beberapa waktu agar lapisan mouse feet licin dan siap digunakan.

Demikian beberapa cara memilih dan mengganti mouse feet mouse kesayangan. Dengan mouse feet baru, tentunya pergerakan mouse jadi lebih lancar dan mudah dikendalikan.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *