keyboard mini Daxa M71 Pro keyboard 10 Panduan Memilih Keyboard Gaming Ukuran Mini DaxaM71pro 600x338

Gamer, gaming keyboard atau keyboard gaming ukuran mini alias kecil sedang menjadi tren dunia game saat ini. Ukurannya yang kecil dengan jumlah tombol yang dipangkas menjadi pilihan menarik buat para gamer yang membutuhkan keyboard kompak, praktis, efisien, dan ergonomis.

Karenanya, dari waktu ke ke waktu, produsen keyboard gaming terus berupaya menyediakan keyboard dengan ukuran yang mini namun tetap fungsional.

Dengan memangkas jumlah tombol yang ada di dalamnya bukan berarti menghilangkan fungsi tombol yang dihilangkannya, melainkan membuat satu tombol dapat berfungsi beberapa macam. Itu dilakukan dengan kombinasi pencetan tombol sehingga fungsinya tetap sama dengan tombol sebelumnya.

Gaming Keyboard Rexus Legionare MX5.1 Tilt keyboard 10 Panduan Memilih Keyboard Gaming Ukuran Mini Legionare MX5

Foto: keyboard Rexus MX5.1 TKL

Beragam Keyboard Ukuran Mini

Saat ini, secara garis besar, keyboard dengan ukuran mini digolongkan dalam empat bentuk berdasarkan persentase jumlah tombolnya. Pertama, keyboard TKL atau Ten Keyless.

Disebut Ten Key Less karena keyboard ini menghilangkan semua tombol numerik yang berjumlah sepuluh. Istilah ini kemudian jadi lebih banyak digunakan pada keyboard dengan jumlah tombol 87 buah ini.

Kedua, keyboard 75 persen. Ukuran keyboard ini sebenarnya hanyalah pengurangan beberapa tombol dari keyboard TKL. Ada beberapa tombol yang dihilangkan, seperti tombol panah, tombol naik dan turun, hingga tombol PS/PB/PL.

Ketiga, keyboard 60 persen. Keyboard 60%  mulai sangat populer di kalangan penggemar keyboard mekanikal yang membutuhkan keyboard gaming yang lebih ringkas ukurannya, tetapi tetap mempunyai tombol fungsional yang lengkap.

Keempat, yang lebih kecil lagi, keyboard 40 persen. Keyboard 40 persen ini hanya menyisakan tombol semua huruf dengan ditambah beberapa tombol pendukung, seperti Backspace, Control, Enter, dan sebagainya.

Ukuran tersebut tidak baku. Beberapa produsen bisa menambah dan mengurangi tombol keyboard berdasarkan kebutuhan sebagian besar penggunanya.

Meski tidak baku, produsen harus tetap memenuhi standar keyboard yang berlaku secara internasional, yaitu Amerika National Standard Institute (ANSI) dan International Standard Organization (ISO). ISO diterapkan pada banyak negara di daratan Inggris dan Eropa.

keyboard mini Daxa M71 Pro keyboard 10 Panduan Memilih Keyboard Gaming Ukuran Mini Daxam71pro1 600x338

Cara Memilih Keyboard Mini

Buat kamu yang ingin memiliki keyboard mini yang tidak memakan tempat saat bermain game, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Ukuran keyboard

Semakin kecil ukurannya, tentu semakin sedikit fungsi tombol yang dipangkas. Karenanya, pastikan bahwa keyboard mini yang hendak dibeli tetap reprentatif agar kamu bisa menggunakannya untuk bermain beragam game dan aktivitas kerja lainnya. Sebagai saran, ukuran keyboard dengan 71 tombol, seperti Daxa M71, dapat diandalkan untuk beragam aktivitasmu.

  1. Desain dan warna

Siapa yang tidak ingin tampil menarik? Semua pasti ingin. Desain keyboard mini juga perlu kamu perhatikan. Saat ini, desain keyboard mini banyak yang tampil stylish, dengan aksen warna-warna tombol yang moderen, seperti putih, biru, bahkan oranye.

  1. Teknologi konektivitas

Sebagai keyboard yang bisa dibawa ke mana-mana, keyboard mini idealnya mempunyai beberapa mode konektivitas. Beberapa keyboard mini menawarkan kombinasi pilihan konektivitas kabel dan nirkabel dalam satu keyboard. Bahkan, keyboard Daxa M71 sudah membenamkan teknologi Bluetooth versi 5.0 agar bisa dikoneksikan dengan semakin banyak perangkat multimedia.

  1. Switch tombol

Tombol berperan vital dalam sebuah keyboard. Tombol di sini mengacu pada switch. Ada banyak pilihan merek dan tipe switch keyboard saat ini. Di antara banyak merek switch ternama, Outemu dan Gateron menjadi dua merek yang reputasinya sudah dikenal khalayak. Tinggal sesuaikan tipe switch dengan selera kamu, ada Red Switch, Blue Switch, Brown Switch, dan banyak lagi. Pilih keyboard yang menggunakan switch dengan durabilitas tinggi. Itu biasa ditunjukkan dalam ukuran M (million) lifespan, seperti 50M, 100M, dan sebagainya.

  1. Teknologi Switch Hot Swappable

Masih soal switch, kamu juga bisa melirik keyboard mini yang sudah dilengkapi dengan teknologi hot swappable. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk mengganti sendiri atau mengombinasikan switch-nya dengan switch tipe lain, bahkan dari merek switch lain.

keyboard mini Daxa M71 Classic keyboard 10 Panduan Memilih Keyboard Gaming Ukuran Mini Daxaclassic 600x302

  1. Material keycaps

Keycaps atau kepala tombol adalah bagian sering terkena ketukan dan gesekan jari. Karenanya, pilih keyboard yang menggunakan material plastik keycaps yang berkualitas. ABS  (Acrylonitrile Butadiene Styrene) adalah jenis material plastik yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuat tombol keycap keyboard kini. Sedikit di atas kualitas ABS, ada jenis plastik PBT (Polybutylene Terephthalate) yang cenderung lebih keras dan tidak mudah mengkilap dibandingkan ABS.

  1. LED RGB yang bisa diatur

Penggunaan LED RGB sudah biasa di keyboard, tetapi penggunaan LED RGB yang bisa diatur dan disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan pengguna jadi pilihan terbaik. Jangan sampai LED RGB justru membuat silau atau mengganggu kerja kamu.

  1. Perangkat lunak pendukung Macro

Pilih keyboard mini yang didukung dengan fitur Macro. Fitur ini memungkinkan pengaturan tombol secara personal. Selain itu, kamu bisa memaksimalkan pilihan Mode Game seperti yang ada di Daxa M71 yang  memudahkan kamu mengatur keyboard sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kompatibilitas dengan semua sistem operasi

Tak kalah penting dalam memilih keyboard mini adalah kompatibilitasnya dengan semua sistem operasi (OS) yang ada, seperti Windows  XP/VISTA/7/8/10, IOS, MacOS, Linux, Android. Kehadiran keyboard mini tentu ditujukan supaya bisa terkoneksi dengan semakin banyak perangkat sehingga sistem yang mendukung banyak OS sangat dibutuhkan.

  1. Harga

Terakhir, kamu juga harus memperhatikan soal ini. Meski menarik, harga sebuah keyboard mini haruslah tetap reasonable sehingga tetap sepadan dengan fungsinya. Untuk sebuah keyboard mini berkualitas, harga rata-rata 1 jutaan cukup masuk akal. Jika ada yang menawarkan harga di bawah satu juta dengan kualitas yang menarik, layaknya Daxa M71, segera masukkan dalam daftar belanja kamu.

Dengan panduan di atas, kamu tentu jadi makin tahu keyboard mini seperti apa yang layak kamu pilih. Sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang kamu miliki. Selamat memilih keyboard mini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.