Gamers, sebagian dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa keyboard mekanikal bukan satu-satunya keyboard yang bisa digunakan untuk bermain gim. Saat ini, ada pula jenis keyboard yang menggunakan teknologi keyboard bersensor optik atau keyboard infra-merah.

Dengan sistem mekanikal yang mengandalkan sensor optik untuk menggerakkan sinyal ke komputer, keyboard mekanikal infra-merah mempunyai sensasi yang kurang lebih sama dengan keyboard. Saat ini,  banyak produsen switch lain yang tertarik untuk memproduksi switch mekanikal serupa. Sebut saja Kaihl dan Outemu, merek asal China ini mulai mengenalkan switch berteknologi infra-merah tersebut.

Sebenarnya, apa saja kelebihan keyboard dengan menggunakan sensor optik dibandingkan keyboard mekanikal biasa?


1. Komponennya tahan karat.

Produsen switch mekanikal infra-merah mengklaim bahwa komponen mekanikal yang digunakan pada switch infra-merah lebih awet karena sangat minim mengalami oksidasi yang berpotensi menjadikan komponen berkarat, layaknya pada switch mekanikal konvensional.


2. Ketukan lebih lembut.

Dengan menggunakan sistem infra-merah, gesekan antara tuas dengan papan PCB dapat dihindarkan. Tanpa gesekan, ketukan jadi terasa lebih lembut dan terhindar dari keausan. Itulah alasan mengapa produsen keyboard yang menggunakan switch infra-merah berani mengklaim bahwa produk mereka bisa tahan sekitar 50  – 80 juta klik.


3. Kecepatan transmisi sinyal lebih cepat.
Biasanya, pada switch mekanikal konvensional, jarak aktuasi atau jarak pertemuan antara tuas dengan papan Printed Circuid Board (PCB) adalah 2 – 2,2mm. Nah, di switch infra-merah, jarak aktuasi itu kurang dari 1,5 mm sehingga berpengaruh pada kecepatan transmisi sinyal.

Produsen switch infra-merah mengklaim jika kecepatan transmisi sinyal switch produksinya lebih cepat sekitar 0,2 mikro detik dibanding kecepatan switch mekanikal konvensional.


4. Anti air.

Ini juga merupakan kelebihan switch infra-merah. Karena tidak menggunakan PCB konvensional yang saling terkait dengan menggunakan elemen konduktor, maka kelistrikan switch infra-merah takkan mengalami arus pendek atau konsleting saat terkena air. Bahkan, keyboard ini dapat dimainkan sambil dicelup di dalam air.

Kemampuan itu juga dimungkinkan karena switch keyboard jenis ini tidak menggunakan sistem solder untuk menyambung satu komponen dengan komponen lain.


5. Harga tetap terjangkau.

Meski menggunakan switch berteknologi baru, keyboard mekanikal bersensor infra-merah tetap berada dalam kisaran yang terjangkau. Produsen mengatakan bahwa komponen termahal dalam keyboard ini adalah PCB-nya, namun itu bisa ditekan berkat switch yang harganya bisa bersaing dengan switch keyboard mekanikal konvensional.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *